Ini Tips Memilih Kopi Berkualitas ala Barista

Kuliner

Ini Tips Memilih Kopi Berkualitas ala Barista

Saat ini bagi mahasiswa dan pekerja kantoran, menikmati kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Sehingga tidak heran bila di jam-jam tertentu, Anda melihat banyak antrian orang di kafe atau coffee shop yang menanti pesanan mereka. Namun bagaimana bila Anda memiliki mesin kopi di rumah atau di kantor dan ingin menikmati kopi dengan kualitas layaknya yang disajikan di kafe?

Pingpoint.co.id menelusuri pertanyaan itu dengan berdialog bersama Store Manager Kopi Manyar pada 21 Juni 2019. Sekadar informasi, Kopi Manyar merupakan kafe yang berlokasi di Jalan Bintaro Tengah, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Kafe ini terkenal dengan suasananya yang tenang serta desain interiornya yang menarik.

Ini Tips Memilih Kopi Berkualitas ala Barista

Store Manager Kafe Manyar Ferdian Sugiarto sudah mendalami dunia kopi selama lima tahun terakhir. Sebelum menjadi store manager, ia merupakan seorang barista. Sehingga tak bisa dipungkiri bahwa pria yang tinggal di Jakarta Utara itu sudah akrab dengan berbagai jenis kopi dan menurutnya untuk membuat kopi berkualitas maka ada tiga hal yang perlu diperhatikan.

1. Biji Kopi

“Untuk melihat kopi berkualitas atau tidak itu bisa dilihat dari bentuk biji kopinya. Dari fisiknya bisa dilihat apakah bentuknya oval sempurna, setengah oval, atau baru dipencet sudah hancur. Bila bentuknya setengah oval atau dipencet hancur maka kualitasnya masuk yang menengah (bukan terbaik-red),” jelas Ferdian kepada Pingpoint.co.id di Kopi Manyar (21/6/2019).

[Baca Juga: Menikmati Secangkir Kopi di Kedai Kopi Bintaro]

2. Asalnya

Banyak kafe-kafe yang menyajikan kopi-kopi yang bijinya berasal dari luar negeri tapi bagi Ferdian, biji kopi favoritnya adalah yang berasal dari Indonesia. Karena menurutnya, setiap varian kopi di Indonesia memiliki ciri khas yang unik dan memberikan sensasi yang berbeda dalam setiap tegukannya.

“Favorit saya variety yang berasal dari daerah timur Indonesia, seperti daerah Papua, Flores. (Untuk contoh rasanya-red) Flores lebih fruity, Bali lebih citrusy, dan Papua lebih chocolatey,” ujarnya.

Ini Tips Memilih Kopi Berkualitas ala Barista

3. Rasanya

Selain aspek dari biji kopinya, menurut Ferdian terdapat aspek lainnya terkait kopi yang berkualitas. Di mana ini berhubungan dengan rasa saat meneguknya dan sesudahnya atau after taste-nya, apalagi jika kopi yang Anda nikmati sudah dicampur dengan gula atau susu.

“Saat kita meminum dan sesudahnya, rasa yang tertinggal di mulut tidak pahit. Jika dicampur, maka susu full cream akan membuat kopi dengan rasa susu yang densitas berat sedangkan susu segar lebih enteng dan gurih. Jadi susu segar cocok dicampur dengan kopi berkualitas (karena-red) menghasilkan rasa yang berbeda, ada satu rasa sendiri di luar manis, asin, pahit, asam. Kalau bisa mendapatkan rasa itu maka kopi yang diminum memang berkualitas,” tambahnya dalam tips memilih kopi.

[Baca Juga: Inspiratif! Melirik Perjalanan Bisnis Kopi Legendaris di Pasar Jatinegara]

Jadi jangan ragu untuk mencoba menggunakan mesin kopi yang Anda miliki atau ada di kantor. Jika tiga aspek di atas ada di kopi yang Anda buat maka dari pandangan seorang barista, kopi yang Anda nikmati telah masuk kategori kopi yang berkualitas serupa atau mendekati dengan yang disajikan di kafe atau coffee shop.

Read More

Artikel Lainnya

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus.jpg

Hobi dan Hiburan

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus

03 June 2020, 21:00

Dengan program terbarunya, JOOX ingin memanjakan para penggemar K-Pop di Tanah Air sekaligus berikan kesempatan berinteraksi dengan idola.

Di Antara Hewan Peliharaan, Kucing Disinyalir Paling Berpotensi Terkena COVID-19.jpg

Kesehatan

Kucing Disinyalir Hewan Peliharaan Paling Berpotensi Terkena COVID-19

03 June 2020, 20:00

Berdasarkan penelitian ahli, di antara semua hewan peliharaan yang dapat terinfeksi COVID-19, kucing berpotensi paling besar terkena.

sejarah KA semarang_1.jpg

Berita Kawasan

Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang

03 June 2020, 19:47

Stasiun Semarang Gudang merupakan stasiun yang dibangun kala penjajahan Belanda. Namun, stasiun tersebut bukanlah stasiun kereta api pertama di Semarang.

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

Kesehatan

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

03 June 2020, 19:30

Pengetesan kedua ini dilakukan karena ditemukan kasus positif sebelumnya, kini ditemukan 15 orang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.