Ini Trik Agar Anak Tak Kecanduan Gawai

Pendidikan

Ini Trik Agar Anak Tak Kecanduan Gawai

Gawai saat ini sudah jadi benda yang tidak bisa terpisahkan dari aktivitas sehari-hari. Tak hanya bagi orang dewasa, tetapi anak-anak juga banyak yang sulit terpisahkan dari gawai seperti ponsel pintar. Baik itu gawai orangtuanya maupun memang sengaja diberikan dari orangtuanya. Sehingga, anak-anak pun tak sedikit yang sudah kecanduan menggunakan gawai untuk berbagai keperluan mereka.

Memang pada dasarnya anak boleh diperkenalkan dengan gawai, namun tentu saja dengan tidak terlalu jauh mengenalnya. Karena, sangat tidak baik bagi perkembangan anak ke depannya jika sudah kecanduan gawai.

[Baca Juga: Trik Atasi Sindrom Gangguan Mata Pada Anak Kecanduan Gadget]

Untuk itu, ada trik yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua agar sang anak tidak kecanduan gawai. Berikut triknya yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

Tawarkan Altenatif

Cobalah untuk mengidentifikasi apa yang diminati anak Anda, misalnya menggambar, bernyanyi, atau menari. Gunakan minatnya untuk mengembangkan kreativitasnya saat anak merasa bosan. Atau, Anda bisa memberikan mainan alternatif, seperti boneka, mobil-mobilan, permainan ular tangga, monopoli atau yang lainnya. Selain itu, jika lingkungan rumah Anda memang ada banyak anak-anak seumuran dengan anak Anda, biarkanlah dia bermain atau beraktivitas di luar rumah bersama teman-temannya. Namun, dengan catatan tetap harus diawasi saat bermain di luar rumah.

Luangkan Waktu untuk Anak

Apabila Anda menginginkan sang anak tidak kecanduan gawai, sebaiknya luangkan waktu Anda untuk bermain bersama anak. Perlu Anda ketahui, salah satu alasan anak-anak memilih bermain gawai adalah karena merasa kesepian dan kurang perhatian dari orangtuanya. Oleh karena itu, jika memang Anda bekerja, jangan sibuk bekerja terus ya.

[Baca Juga: Jauhkan Anak dari Gawai Bersama Klub Buku Nyala Matahari]

Jangan Sering Pakai Gawai Depan Anak

Anak adalah cerminan dari orangtua. Jangan salahkan anak sering bermain gawai jika Anda sendiri sebagai orangtua selalu menggunakan gawai di depan anak Anda. Atau bahkan, Anda justru selalu dikelilingi gawai setiap waktu. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering sibuk dengan ponsel Anda sendiri ketimbang mengajak anak berbincang, bermain, dan belajar.

Tentukan Batas Waktu dan Tempat Penggunaan Gawai

Jika anak Anda sudah mengenal gawai, ada baiknya batasi waktu dan tempat saat anak Anda boleh menggunakan gawai. Misalnya, perbolehkan anak hanya menggunakan gawai selama satu jam dan hanya untuk di ruang keluarga saat Anda mendampingi sembari memperhatikan konten yang dilihat sang anak.

Itulah empat trik yang bisa Anda praktikkan kepada anak agar dia tidak kecanduan gawai. Jangan pernah bosan untuk berikan pengertian secara halus ketika anak Anda sangat ingin menggunakan gawai.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.