Ini Trik Agar Anak Tak Kecanduan Gawai

Pendidikan

Ini Trik Agar Anak Tak Kecanduan Gawai

Gawai saat ini sudah jadi benda yang tidak bisa terpisahkan dari aktivitas sehari-hari. Tak hanya bagi orang dewasa, tetapi anak-anak juga banyak yang sulit terpisahkan dari gawai seperti ponsel pintar. Baik itu gawai orangtuanya maupun memang sengaja diberikan dari orangtuanya. Sehingga, anak-anak pun tak sedikit yang sudah kecanduan menggunakan gawai untuk berbagai keperluan mereka.

Memang pada dasarnya anak boleh diperkenalkan dengan gawai, namun tentu saja dengan tidak terlalu jauh mengenalnya. Karena, sangat tidak baik bagi perkembangan anak ke depannya jika sudah kecanduan gawai.

[Baca Juga: Trik Atasi Sindrom Gangguan Mata Pada Anak Kecanduan Gadget]

Untuk itu, ada trik yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua agar sang anak tidak kecanduan gawai. Berikut triknya yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

Tawarkan Altenatif

Cobalah untuk mengidentifikasi apa yang diminati anak Anda, misalnya menggambar, bernyanyi, atau menari. Gunakan minatnya untuk mengembangkan kreativitasnya saat anak merasa bosan. Atau, Anda bisa memberikan mainan alternatif, seperti boneka, mobil-mobilan, permainan ular tangga, monopoli atau yang lainnya. Selain itu, jika lingkungan rumah Anda memang ada banyak anak-anak seumuran dengan anak Anda, biarkanlah dia bermain atau beraktivitas di luar rumah bersama teman-temannya. Namun, dengan catatan tetap harus diawasi saat bermain di luar rumah.

Luangkan Waktu untuk Anak

Apabila Anda menginginkan sang anak tidak kecanduan gawai, sebaiknya luangkan waktu Anda untuk bermain bersama anak. Perlu Anda ketahui, salah satu alasan anak-anak memilih bermain gawai adalah karena merasa kesepian dan kurang perhatian dari orangtuanya. Oleh karena itu, jika memang Anda bekerja, jangan sibuk bekerja terus ya.

[Baca Juga: Jauhkan Anak dari Gawai Bersama Klub Buku Nyala Matahari]

Jangan Sering Pakai Gawai Depan Anak

Anak adalah cerminan dari orangtua. Jangan salahkan anak sering bermain gawai jika Anda sendiri sebagai orangtua selalu menggunakan gawai di depan anak Anda. Atau bahkan, Anda justru selalu dikelilingi gawai setiap waktu. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering sibuk dengan ponsel Anda sendiri ketimbang mengajak anak berbincang, bermain, dan belajar.

Tentukan Batas Waktu dan Tempat Penggunaan Gawai

Jika anak Anda sudah mengenal gawai, ada baiknya batasi waktu dan tempat saat anak Anda boleh menggunakan gawai. Misalnya, perbolehkan anak hanya menggunakan gawai selama satu jam dan hanya untuk di ruang keluarga saat Anda mendampingi sembari memperhatikan konten yang dilihat sang anak.

Itulah empat trik yang bisa Anda praktikkan kepada anak agar dia tidak kecanduan gawai. Jangan pernah bosan untuk berikan pengertian secara halus ketika anak Anda sangat ingin menggunakan gawai.

Read More

Artikel Lainnya

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

Bisnis

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

21 August 2019, 17:00  |  4 Views

Seva.id menyuguhkan cara baru dalam proses membeli mobil bagi masyarakat Indonesia, layaknya berbelanja berbagai barang melalui layanan e-commerce.

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

Properti dan Solusi

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

21 August 2019, 16:00  |  4 Views

Pemadaman listrik tentu mengganggu aktivitas masyarakat, namun kini Kemenperin punya solusi berupa penyimpan energi listrik portabel.

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

21 August 2019, 15:00  |  3 Views

Masalah sampah di Indonesia semakin kompleks, maka dari itu Wakil Wali Kota mengimbau para guru dan siswa untuk turut aktif kurangi sampah plastik.

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

Kesehatan

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

21 August 2019, 14:00  |  3 Views

Selain rasanya yang tidak lagi getir, ternyata bawang hitam memiliki banyak khasiat yang baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.