Ini Trik Agar Anak Tak Kecanduan Gawai

Pendidikan

Ini Trik Agar Anak Tak Kecanduan Gawai

Gawai saat ini sudah jadi benda yang tidak bisa terpisahkan dari aktivitas sehari-hari. Tak hanya bagi orang dewasa, tetapi anak-anak juga banyak yang sulit terpisahkan dari gawai seperti ponsel pintar. Baik itu gawai orangtuanya maupun memang sengaja diberikan dari orangtuanya. Sehingga, anak-anak pun tak sedikit yang sudah kecanduan menggunakan gawai untuk berbagai keperluan mereka.

Memang pada dasarnya anak boleh diperkenalkan dengan gawai, namun tentu saja dengan tidak terlalu jauh mengenalnya. Karena, sangat tidak baik bagi perkembangan anak ke depannya jika sudah kecanduan gawai.

[Baca Juga: Trik Atasi Sindrom Gangguan Mata Pada Anak Kecanduan Gadget]

Untuk itu, ada trik yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua agar sang anak tidak kecanduan gawai. Berikut triknya yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

Tawarkan Altenatif

Cobalah untuk mengidentifikasi apa yang diminati anak Anda, misalnya menggambar, bernyanyi, atau menari. Gunakan minatnya untuk mengembangkan kreativitasnya saat anak merasa bosan. Atau, Anda bisa memberikan mainan alternatif, seperti boneka, mobil-mobilan, permainan ular tangga, monopoli atau yang lainnya. Selain itu, jika lingkungan rumah Anda memang ada banyak anak-anak seumuran dengan anak Anda, biarkanlah dia bermain atau beraktivitas di luar rumah bersama teman-temannya. Namun, dengan catatan tetap harus diawasi saat bermain di luar rumah.

Luangkan Waktu untuk Anak

Apabila Anda menginginkan sang anak tidak kecanduan gawai, sebaiknya luangkan waktu Anda untuk bermain bersama anak. Perlu Anda ketahui, salah satu alasan anak-anak memilih bermain gawai adalah karena merasa kesepian dan kurang perhatian dari orangtuanya. Oleh karena itu, jika memang Anda bekerja, jangan sibuk bekerja terus ya.

[Baca Juga: Jauhkan Anak dari Gawai Bersama Klub Buku Nyala Matahari]

Jangan Sering Pakai Gawai Depan Anak

Anak adalah cerminan dari orangtua. Jangan salahkan anak sering bermain gawai jika Anda sendiri sebagai orangtua selalu menggunakan gawai di depan anak Anda. Atau bahkan, Anda justru selalu dikelilingi gawai setiap waktu. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering sibuk dengan ponsel Anda sendiri ketimbang mengajak anak berbincang, bermain, dan belajar.

Tentukan Batas Waktu dan Tempat Penggunaan Gawai

Jika anak Anda sudah mengenal gawai, ada baiknya batasi waktu dan tempat saat anak Anda boleh menggunakan gawai. Misalnya, perbolehkan anak hanya menggunakan gawai selama satu jam dan hanya untuk di ruang keluarga saat Anda mendampingi sembari memperhatikan konten yang dilihat sang anak.

Itulah empat trik yang bisa Anda praktikkan kepada anak agar dia tidak kecanduan gawai. Jangan pernah bosan untuk berikan pengertian secara halus ketika anak Anda sangat ingin menggunakan gawai.

Read More

Artikel Lainnya

Ini Cara Seimbangkan Kerja dan Keluarga ala Presiden IWFCI Indonesia

Bisnis

Ini Cara Seimbangkan Kerja dan Keluarga ala Presiden IWFCI Indonesia

12 December 2019, 13:00

Sebagai presiden organisasi IWFCI Indonesia serta entrepreneur dan seorang ibu, Heera Syahir Karim menerapkan metode work life integration.

Dapatkan Cashback 100 Persen, Pesan Kopi Kenangan dengan GoPay

Kuliner

Dapatkan Cashback 100 Persen, Pesan Kopi Kenangan dengan GoPay!

12 December 2019, 12:00

Harbolnas pada 12 Desember 2019. Kopi kenangan secara eksklusif akan berkolaborasi dengan GoPay untuk memberikan diskon khusus.

Netflix Resmikan Paket Ponsel Seharga Rp49.000 di Indonesia

Berita Kawasan

Netflix Resmikan Paket Ponsel Seharga Rp49.000 di Indonesia

12 December 2019, 10:00

Kini Anda bisa nikmati tayangan lokal maupun internasional yang ada di Netflix di ponsel dengan harga yang lebih terjangkau per bulannya.

Hari Ibu Selain di Rumah, Sosok Ibu Juga Harus Mampu Berkarya

Berita Kawasan

Hari Ibu: Kisah dan Dilema Dua Ibu Bekerja

12 December 2019, 09:00

Inilah pandangan hari ibu serta perannya di rumah dan dunia karier berdasarkan pengalaman Anna Leonita dan Heera Syahir Karim Vasandani.


Comments


Please Login to leave a comment.