Mengintip Bisnis Restoran dan Pengobatan Alternatif Darah Ular Kobra

Bisnis

Ini yang Dorong Bisnis King Kobra Eksis Selama Puluhan Tahun

Restoran King Kobra yang berada di bilangan Jalan Mangga Besar, Jakarta Barat, menawarkan sajian makanan ekstrem serta pengobatan alternatif dengan darah dan empedu darah ular. Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun, bisnis ini dikelola secara turun temurun dan saat ini oleh generasi ketiga Erika Mayasari. Dengan berbagai rintangan yang harus dihadapi untuk membuat bisnis ini tetap eksis, menurut Erika ada satu hal yang selalu mendorong semangatnya untuk terus menekuni profesi unik ini.

Mengintip Bisnis Restoran dan Pengobatan Alternatif Darah Ular Kobra

King Kobra yang berlokasi di Jalan Mangga Besar Raya No93C, Taman Sari, Jakarta Barat, menawarkan sajian kuliner ekstrem serta pengobatan alternatif. Dengan sajian utamanya adalah darah serta empedu ular beracun yang dicampur ramuan arak. Selain itu, restoran ini juga menjual produk olahan dari reptil yang diklaim bermanfaat untuk kesehatan serta barang fashion yang juga terbuat dari kulit reptil.

Erika sendiri sudah mengelola King Kobra selama belasan tahun yang ia teruskan dari pamannya. Sehingga ia sudah tak asing lagi dalam meramu darah serta empedu ular untuk konsumen sekaligus menyembelihnya. Namun ia tak memungkiri bahwa terdapat tantangan tersendiri yang harus ia hadapi. Salah satunya adalah terkadang rasa ragu dari konsumennya.

[Baca Juga: Ini Seluk Beluk Seorang Praktisi Pawang Hujan]

Ketika konsumen datang ke King Kobra, Erika biasanya akan duduk bersama untuk mengetahui keluhannya mereka. Sebagai pengobatan alternatif, tentu saja rasa skeptis acap kali membayangi calon konsumennya ketika datang, apalagi dari sisi keimanan, ada agama yang melarang konsumsi darah hewan. Namun dari sinilah, Erika berusaha melakukan pendekatan untuk meyakinkan konsumennya dalam mencoba pengobatan alternatif itu, apalagi konsumennya datang pasti karena telah mendengar khasiatnya.

Mengintip Bisnis Restoran dan Pengobatan Alternatif Darah Ular Kobra

“Pasti ada pro-kontra, inikan pengobatan alternatif. Ada saja tamu yang datang dan masih tidak mengerti, jadi pandai-pandainya dari kita untuk menjelaskan mengenai efek samping atau apa. Karena banyak yang mereka takutkan sebenarnya adalah efek samping. Menurut penelitian katanya darah banyak bakteri, tapi dari kita bisa menghindarinya dengan menggunakan arak yang alkoholnya tinggi,” ujar Erika kepada PingPoint.co.id di restoran King Kobra (27/1/2020).

Erika melanjutkan, konsumennya yang baru datang pertama kali juga acap kali memberikan responsnya yang beragam, apalagi yang tak terbiasa dengan rasa darah. Ia bahkan pernah terkena semburan dari konsumennya yang terkejut dengan rasanya tapi menurutnya ini merupakan hal yang lumrah.

[Baca Juga: Dipandang Sebelah Mata Sering Bayangi Profesi Pawang Hujan]

Omzet dari restoran ini pun terbilang besar dengan mencapai angka puluhan juta per minggunya. Namun tantangan lainnya yang dirasakan dari aspek ini menurut Erika adalah persaingan serta menurunnya daya beli konsumen yang ia rasakan beberapa tahun terakhir. Oleh karena itulah, Erika jarang menjual king kobra yang harganya Rp800.000 per meternya dengan ular tersebut yang mayoritas memiliki panjang sekitar dua meteran. Namun dengan tantangan-tantangan itu, hal yang membuatnya tetap bersemangat dalam menjalani profesi unik ini adalah respons dari konsumennya, apalagi jika mereka sembuh total.

“Lihat orang-orang yang sembuh dan mereka cerita, kita ikut senang dan akhirnya mereka jadi seperti keluarga. Makanya sampai sekarang, kita masih tetap jalani (bisnis darah dan empedu ular),” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 8 months lalu
    kelly

    Pengalaman Baru Bermain Games, Langsung Bertemu Dengan Dealers Hot & Sexy. Yang Pasti Akan Membuat Anda Semakin Bergairah. Serta Dapatkan Penawaran TRIPLE BONUS dari (link: http://QQHarian.info) QQHarian,info Pelayanan cepat & aman!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Info Lanjut Hub CS di WA: +63 9954825268 | Line : qqharian | Kode Referal :8FE83FDE