KEMAYORAN_KESEHATAN_INI YANG HARUS ANDA LAKUKAN SAAT LUPA NAMA SESEORANG_KIKI-01.jpg

Kesehatan

Ini yang Harus Anda Lakukan Saat Lupa Nama Seseorang

Anda tentu pernah beberapa kali lupa nama seseorang, padahal Anda mengenalnya dan ingat wajahnya bukan? Kalau Anda lupa nama seorang teman Anda mungkin keadaannya tak terlalu serius, bagaimana jika yang Anda lupa nama rekan bisnis atau justru bos Anda? Tentunya Anda akan merasa tidak enak dengan rekan Anda.

Kerap kali, untuk menghindari suasana ini Anda memilih untuk menghindari sebisa mungkin, namun terkadang, Anda juga tidak bisa menghindari suasana canggung tersebut. Lupa nama seseorang dapat mengakibatkan beberapa hal seperti merusak relasi, karena orang yang Anda lupa namanya bisa saja tersinggung. Anda juga bisa saja malu, begitu juga orang tersebut.

Penyebab seseorang menjadi pelupa

Memangnya, apa saja yang menjadi penyebab utama Anda bisa lupa nama seseorang? Berikut penyebab ilmiah, mengapa Anda bisa melupakan nama seseorang:

1. Otak manusia sulit menghafal kata

Dilansir dari Hipwee, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa otak manusia lebih mudah mengingat gambar dibanding kata. Ditambah lagi, sejak lahir kita sudah mendengar banyak nama, maka akan semakin sulit diingat. Hal yang wajar jika Anda lebih mengingat wajah karena otak Anda akan lebih mudah mencari memori yang berupa gambar.

2. Anda tidak tertarik

Menurut Charan Ranganath, Direktur Memory and Plasticity Program di Universitas of California, Davis, Amerika Serikat, seperti yang ditulis di Beritatagar, Anda bisa dengan mudah lupa dengan nama orang karena sederhananya, Anda merasa tidak tertarik dan menganggap orang tersebut tidak penting. Hal ini juga bisa terjadi karena Anda lebih fokus ke teman-teman atau hal lain di sekitar orang tersebut dibanding orang yang Anda ajak bicara.

3. Ada hubungannya dengan 'Baker Effect'

Hal ini juga bisa terjadi karena Baker Effect, dimana otak tidak dapat menyimpan informasi hanya dari sebuah nama. Di dalam otak ada dua jenis memori, yaitu memori jangka pendek dan jangka panjang. Memori jangka pendek adalah memori yang digunakan saat Anda fokus menangkap informasi yang diberikan, misalnya ketika Anda menghafal naskah pidato. Sedangkan jika memori jangka panjang bisa muncul ketika Anda sering menghabiskan waktu dengan orang tersebut atau sering melakukannya sehingga ingatannya melekat.

Solusi

Setelah mengetahui penyebab Anda bisa melupakan nama seseorang secara tiba-tiba, Anda juga harus mengetahui solusi yang harus Anda lakukan sebelum hal tersebut kembali terjadi. Hal yang harus Anda lakukan adalah:

  • Meningkatkan rasa ingin tahu

Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah untuk mengingat sesuatu, seperti yang dikatakan Charan Ranganath, dirinya meyebutkan jika perangkat menumonik dapat membantu daya ingat Anda. Perangkat tersebut merupakan suatu teknik yang dapat digunakan untuk membantu kemampuan Anda mengingat. Teknik ini membantu otak membuat kode atau ciri-ciri tertentu agar mudah diingat.

  • Mengulangi nama seseorang

Ketika Anda baru pertama kali berkenalan, coba ulangi nama orang tersebut sebanyak 30 kali. Cara ini dinilai ampuh untuk mengingat nama orang karena kita aktif mengucapkan dan memberikan sinyal ke otak.

  • Coba ingat tempat Anda berkenalan

Manusia memiliki memori luar biasa untuk tempat. Maka dari itu, opsi ini bisa Anda lakukan ketika lupa nama seseorang. Apalagi jika tempatnya memiliki arti atau kenangan tersendiri untuk Anda. Namun jika Anda tak kunjung mengingat, tenangkan pikiran Anda dengan cara mengalihkan perhatian sejenak.

  • Buat nama julukan

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa juga memberi lama kecil atau julukan untuk orang yang namanya sulit diingat atau terlalu pasaran. Yang perlu Anda ketahui, nama julukan yang Anda buat harus di keep untuk Anda sendiri, apalagi jika nama julukan yang Anda buat untuk rekan bisnis Anda. Tentu Anda tidak ingin membuatnya tersinggung kan?

  • Jangan mendengarkan lagu terlalu lama

Dikutip dari Hipwee, sebuah penelitian di Georgia Institute Technology menunjukkan bahwa musik bisa menganggu proses mengingat nama orang, ditambah lagi dengan bertambahnya usia. Daya konsentrasi ditambah dengan distraksi suara, ternyata bisa mencegah ingatanmu untuk mengingat nama.

  • Gunakan panggilan umum

Saat pembicaraan berlangsung, Agar tak tersinggung Anda bisa gunakan panggilan umum seperti Pak, Bu, Mbak atau Mas. Tentunya obrolan Anda tak terganggu dan tetap sopan. Anda juga tidak menyinggung perasaan orang lain karena orang yang Anda ajak bicara tetap nyaman. Itulah penyebab dan solusi untuk Anda yang kerap kali lupa nama seseorang apalagi relasi bisnis atau rekan kerja, bisa melakukan solusi tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Read More

Artikel Lainnya

Sambut Perayaan Hari Kemerdekaan, Fit Gourmet Hadirkan Jajanan Khas Indonesia .jpg

Kuliner

Sambut Perayaan Hari Kemerdekaan, Fit Gourmet Hadirkan Jajanan Khas Indonesia

05 August 2020, 20:00

Fit Gourmet menghadirkan menu khusus di momen perayaan 17 Agustus ini dengan jajanan khas Indonesia yang sehat.

Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan.jpg

Kesehatan

Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan

05 August 2020, 19:00

Kang Emil mengumumkan siap membantu usaha uji klinis vaksin COVID-19 yang dilakukan PT Bio Farma dan Unpad.

Sisca Soewitomo Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

Kuliner

Sisca Soewitomo: Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

05 August 2020, 15:00

Perempuan kelahiran Surabaya, 8 April 1949 ini legendaris kerap disebut sebagai Ratu Boga Indonesia akibat penampilannya yang lincah kala memasak di program televisi Aroma.

Ledakan di Beirut dan Efek Amonium Nitrat pada Kesehatan

Kesehatan

Ledakan di Beirut dan Efek Amonium Nitrat pada Kesehatan

05 August 2020, 14:00

Apabila terhirup, amonium nitrat dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dengan gejala batuk, sakit tenggorokan dan napas yang pendek.


Comments


Please Login to leave a comment.