ANCOL-KAWASAN-PEMKOT JAKARTA UTARA TAMBAH SARANA DAN PRASARAN PENYANDANG DISABILITAS-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Ini Yang Harus Dipahami Dari Istilah Difabel dan Disabilitas

Mungkin sebagian dari kalian sering mendengar atau membaca kata difabel dan disabilitas baik di sekitar maupun di beberapa media masa. Istilah difabel dan disabilitas memiliki maksud yang sama yakni sama-sama merupakan kata ganti dari kata ‘penyandang cacat’ yang dianggap terlalu kasar. Namun sebagian orang masih banyak yang mempertanyakan perbedaan itu. Manakah yang lebih tepat, penggunaan kata difabel atau disabilitas?

[Baca Juga: Aplikasi Ini Permudah Layanan Kesehatan Lansia dan Difabel]

Secara umum, difabel berasal dari akronim dari kata different ability yang berarti memiliki kemampuan yang berbeda. Dengan begitu, difabel bisa diartikan juga sebagai sekelompok orang yang memiliki kemampuan fisik atau mental yang berbeda daripada orang pada umumnya. Mereka biasanya memiliki cara lain yang tidak dilakukan orang kebanyakan ketika melakukan aktifitas. Seperti contoh, orang yang terlahir tanpa tangan mampu memainkan piano dengan menggunakan kakinya. Sama halnya dengan kemampuan orang yang tidak bisa melihat namun mampu beraktifitas seperti layaknya orang normal.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulihkan Kelainan pada Kaki?

Sedangkan istilah disabilitas diambil dari kata disability atau disabilities yang memiliki arti ketidakmampuan. Penyandang disabilitas juga dapat diartikan sebagai individu yang mempunyai keterbatasan fisik atau keterbatasan mental. Mereka dianggap sulit untuk berpartisipasi penuh dalam kehidupan bermasyarakat. Hal itu juga dikarenakan kurangnya kesadaran lingkungan terhadap kubutuhan para penyandang disabilitas.

Yang harus dipahami ketika membedakan arti dari keduanya adalah dilihat sudut cara pandang. Para Difabel melihat seseorang dari sudut pandang kemampuan yang berbeda sebagai manusia seutuhnya. Sedangkan penyandang disabilitas memandang seseorang dari sisi keterbatasan, hambatan dan partisipasi sosial. Maka dari itu, dalam menggunakan kata difabel maupun disabilitas harus memperhatikan situasi dan lingkungannya.

Alat Bantu Dengar Widex Evoke Tawarkan Ragam Keunggulan

Sementara itu, ahli bahasa dari Universitas Pendidikan Indonesia, Andhika Duta Baharimengatakan bahwa istilah disabilitas lebih tepat untuk digunakan. Hal itu mengacu pada kesepakatan dunia internasional yang menyarankan untuk menggunakan istilah disabilitas, bukan difabel.

Namun, Andhika juga tidak menyalahkan penggunaan kata difabel. Apalagi jika dilihat dari segi sosial, penyandang disabilitas lebih senang menggunakan istilah difabel. Hal itu karena mereka merasa lebih dihargai dan tidak dipandang aneh di masyarakat.

[Baca Juga: Kesempatan Penyandang Disabilitas Mengejar CPNS DKI Jakarta]

"Kalau dalam bahasa sehari-hari saya kira istilah difabel sudah jadi biasa dan dipahami secara lazim karena adanya pergeseran paradigma dari orientasi medis ke orientasi sosial. Tapi untuk komunikasi keilmuan, istilah difabel akan jadi masalah karena konvensinya adalah disability atau disabilitas," ucap Andhika dikutip dari Beritabaik.id.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.