Ini yang Jadi Tren Pendidikan di Tahun 2020

Pendidikan

Ini yang Jadi Tren Pendidikan di Tahun 2020

Teknologi semakin berkembang hampir tiap tahunnya. Di segala bidang pun, tidak pernah lepas dari teknologi. Bahkan dalam pendidikan pun teknologi pun masuk di dalamnya untuk memudahkan para pendidik serta pelajar menerima materi ilmu.

Maka, antara para pengajar dan pelajar harus selaras untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Yang juga mampu membuat perubahan dan membawa manfaat bagi bangsa Indonesia. Dengan canggihnya beberapa teknologi saat ini masih menjadi tren untuk tahun 2020 dalam dunia pendidikan. Berikut beberapa prediksi tren pendidikan di tahun 2020.

[Baca Juga: Garena Free Fire Tingkatkan Mutu Pendidikan Ekonomi Digital Indonesia]

  • Sistem Pembelajaran Terintegrasi

Seperti dilansir laman primaindosoft.com (17/12/2019). Sistem pembelajaran yang terintegrasi ini disebut dengan Learning Management System (LMS) atau Virtual Learning Environment (VLE). Seorang pengajar dapat berbagi materi belajar, lembar tugas untuk dikerjakan pelajar, yang diberikan penilaian di dalamnya. Sistem ini dapat terhubung dengan orang tua sehingga mereka dengan mudah memantau perkembangan belajar anak-anaknya.

Ini yang Jadi Tren Pendidikan di Tahun 2020

  • Menggunakan Metode STEAM

Metode Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic (STEAM) merupakan suatu kurikulum pembelajaran interdisipliner yang baru. Melalui pendekatan metode ini dalam dunia pendidikan memberikan pembelajaran bagi para pelajar untuk memecahkan suatu masalah, meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, dan mendorong untuk menghasilkan suatu inovasi. Dengan menggunakan metode STEAM, para pelajar dapat bereksplorasi dengan konsep-konsep yang terkait dengan STEAM yang bisa diterapkan dalam kehidupan.

  • Smart Board atau Komputer tablet

Dengan belajar menggunakan smart board atau komputer tablet membuat belajar di sekolah jadi hal yang menyenangkan. Para pengajar pun juga akan dimudahkan untuk memberikan materi pengajaran yang interaktif dan berbasis multimedia. Para pengajar akan mudah menyerap ilmu secara lebih maksimal.

Ini yang Jadi Tren Pendidikan di Tahun 2020

  • Online Digital

Hadirnya perangkat online digital seperti video, ebook, audio, dan sebagainya merupakan solusi belajar online yang menyenangkan bagi para pelajar. Selain itu, para pengajar pun dapat dengan mudah memberikan materi untuk dipelajari para pelajar di sekolah maupun di rumah.

[Baca Juga: Sudin Pendidikan Jakut Telah Membuka Sistem Online PPDB 2019/2020]

Tren dalam dunia pendidikan tersebut di atas diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Membuat para pelajar bisa membawa manfaat untuk bangsa Indonesia. Dengan begitu, dunia Indonesia akan menjadi lebih maju..


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.