Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Makan Daging

Kesehatan

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Makan Daging

Daging merah merupakan salah satu sumber protein dan lemak yang dibutuhkan tubuh. daging sumbernya beragam, namun yang paling sering dimakan di Indonesia adalah daging sapi, kambing, dan babi. Yang paling favorit di masyarakat tentu saja daging sapi.

Jika dikonsumsi dengan tepat, daging sapi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. namun, manfaat tersebut bisa didapatkan jika pengolahan dan konsumsinya tepat. Daging sapi dapat membantu mencegah anemia, menjaga massa otot, dan membuat tubuh tetap berstamina. Akan tetapi, tahukah Anda jika mengonsumsi daging dalam jumlah banyak akan menimbulkan kerugian bagi kesehatan tubuh?

[Baca Juga: Coba Cara Ini Untuk Hilangkan Bau Perengus Daging Kambing]

Melansir dari boldsky.com (1/11/2019) berikut beberapa hal yang akan terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi daging merah.

  • Kelelahan

Mengonsumsi daging dalam jumlah banyak memang mengeyangnkan namun makanan yang mengandung protein tinggi ini juga mengandung asam amino yang sering disebut triptofan. Senyawa tersebut digunakan tubuh untuk menghasilkan serotonin yang bisa menyebabkan rasa kantuk dan juga lelah.

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Makan Daging
  • Kembung

Jika setelah makan daging Anda merasa kembung, tak salah. Kejadian tersebut adalah sebuah tanda malabsorpsi dan indikasi makanan belum dicerna dengan baik dan benar. Jika Anda mengalami ketidaknyamanan setelah mengonsumsi daging, kurangi konsumsinya atau jangan mengonsumsi daging terlebih dahulu.

  • Mual

Sebuah penelitian menyebutkan, orang yang makan daging merah dalam jumlah yang cukup banyak memiliki peningkatan risiko kondisi peradangan usus yang biasa disebut diverticulitis. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit perut dan mual yang parah. Orang yang mengonsumsi banyak daging merah paling banyak sebesar 58 persen per minggu memiliki risiko divertikulitis lebih besar dibandingkan orang yang makan lebih sedikit daging merah.

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Makan Daging
  • Bau Mulut

Saat berpuasa, Anda tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi daging saat sahur karena makanan yang memiliki protein tinggi layaknya daging merah dapat menyebabkan bau mulut, apalagi jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah besar. Hal ini bisa terjadi karena tubuh mengalami keadaan metabolisme yang disebut ketosis. Kondisi ini dapat melepaskan bahan kimia yang mengeluarkan bau tidak menyenangkan.

  • Sembelit

Daging, terutama daging merah, mengandung sedikit serat. Hal ini berpotensi meningkatkan risiko sembelit. Bukan hanya itu, daging merah mengandung lebih banyak lemak, sedangkan makanan yang memiliki lemak tinggi membutuhkan waktu lama untuk dicerna, sehingga menyebabkan gangguan pencernaan dan sembelit.

[Baca Juga: Pencegah Stunting dengan Konsumsi Protein Hewani]

Itulah beberapa hal yang bisa Anda alami jika terlalu banyak mengonsumsi daging merah. Jangan biarkan kesukaan Anda terhadap daging mengganggu kesehatan, tetap konsumsi daging secukupnya.

Read More

Artikel Lainnya

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus.jpg

Hobi dan Hiburan

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus

03 June 2020, 21:00

Dengan program terbarunya, JOOX ingin memanjakan para penggemar K-Pop di Tanah Air sekaligus berikan kesempatan berinteraksi dengan idola.

Di Antara Hewan Peliharaan, Kucing Disinyalir Paling Berpotensi Terkena COVID-19.jpg

Kesehatan

Kucing Disinyalir Hewan Peliharaan Paling Berpotensi Terkena COVID-19

03 June 2020, 20:00

Berdasarkan penelitian ahli, di antara semua hewan peliharaan yang dapat terinfeksi COVID-19, kucing berpotensi paling besar terkena.

sejarah KA semarang_1.jpg

Berita Kawasan

Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang

03 June 2020, 19:47

Stasiun Semarang Gudang merupakan stasiun yang dibangun kala penjajahan Belanda. Namun, stasiun tersebut bukanlah stasiun kereta api pertama di Semarang.

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

Kesehatan

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

03 June 2020, 19:30

Pengetesan kedua ini dilakukan karena ditemukan kasus positif sebelumnya, kini ditemukan 15 orang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.