Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Pendidikan

Inilah 11 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Daya ingat memiliki fungsi untuk mengolah dan juga menyimpan berbagai informasi yang akan diserap otak. Saat anak mulai sekolah, kemampuan daya ingatnya tentu dibutuhkan agar ia dapat dengan mudah mengikuti pelajaran di sekolahnya baik untuk menghafal huruf dan lain sebagainya. Selain itu, anak juga belajar mengingat tentang berbagai hal dalam kehidupan sehari-harinya. Hanya saja, setiap anak memiliki kemampuan daya ingat yang berbeda-beda. Namun, sebagai orangtua Anda jangan khawatir, karena daya ingat anak bisa ditingkatkan dengan memberikannya stimulasi atau latihan.

Dilansir dari bidanku.com (06/08/19), berikut beberapa cara untuk membantu meningkatkan daya ingat anak :

1. Belajar Sambil Bermain

Bermain tentunya menjadi kegiatan yang disukai oleh anak-anak. Selain itu, bermain juga dapat menjadi cara meningkatkan daya ingat yang mudah dan paling anak sukai. Untuk merangsang daya ingat anak, beberapa permainan yang bisa anda lakukan di antaranya yaitu mewarnai, puzzle, flash card, permainan dengan aneka warna dan bentuk, dan menempelkan huruf, gambar atau angka.

[Baca Juga: Tips Penerapan Metode Montessori untuk Anak di Rumah]

2. Melakukan Aktivitas Fisik

Anak yang melakukan aktivitas fisik akan mendapatkan banyak manfaat, beberapa di antaranya yaitu mengasah perkembangan otak, interaksi sosial, serta keterampilan geraknya.

3. Mendongengkan Cerita

Mendongengkan berbagai cerita sebelum tidur adalah hal yang menarik dan menyenangkan untuk si kecil. Setelah anda selesai mendongeng, Anda bisa mengajak si kecil untuk mengingat kembali cerita yang anda dongengkan tadi, seperti misalkan nama tempat, nama tokoh dan lain sebagainya.

4. Bernyanyi Bersama

Tidak hanya mengingat nyanyian saja, anak juga akan mengingat informasi yang terdapat dalam lagu. Anda juga bisa menambah gerakan seperti berjoget dan tepuk tangan.

[Baca Juga: Mactivation Mendobrak Sensori dan Rangsang Fungsi Otak]

5. Memancing Anak Agar Bertanya

Memerlukan trik untuk memancing anak supaya bertanya, terlebih lagi pertanyaan yang memiliki hubungan dengan pelajaran di sekolah. Menemukan jawaban ketika anak mendengarkan atau membaca akan membantu meningkatkan memori mereka. Pasalnya, saat membaca anak akan memiliki tujuan yang spesifik, yakni untuk mencari jawaban dari apa yang ditanyakannya.

6. Belajar Menggunakan Cara Yang Berbeda

Belajar pada sebuah subyek dengan cara yang berbeda akan membuat belajar anak menjadi lebih berkesan. Sehingga akan membangun rangkaian sel saraf yang dapat membantu untuk mengingat, maupun mengakses informasi. Contohnya, main tebak-tebakan.

7. Membuat Contoh

Buku maupun elemen pembelajaran sebagian besar dilengkapi dengan contoh agar anak-anak bisa lebih paham. Apabila ia kesulitan untuk menjelaskan kata demi katanya, biarkan si kecil menggunakan contoh untuk menjelaskannya pada anda.

8. Menggunakan Warna

Spidol warna warni pada buku pelajaran dapat membantu mengingat materi dengan mudah.

9. Belajar di Lingkungan Yang Berbeda

Agar proses belajar anak lebih menyenangkan anda bisa membiarkan anak untuk berinteraksi dengan berbagai aspek untuk mendapatkan pengalaman langsung.

10. Beri Kesempatan Pada Anak Menjadi Guru

Jika anda sudah mengajarkan tentang sesuatu pada anak, untuk melatih daya ingatnya anda bisa kembali meminta anak untuk mengajarkannya pada anda, teman atau saudaranya.

11. Berikan Kesempatan Pada Anak Untuk Beristirahat

Apabila anak merasa bosan atau tertekan dengan stimulasi yang anda berikan, maka sebaiknya anak diberikan kesempatan untuk beristirahat, serta membiarkannya melakukan kegiatan yang diinginkannya namun harus dengan pengawasan.

Selain cara-cara di atas, tentunya asupan gizi yang baik dan memberikan perhatian pada si kecil sangat berpengaruh bagi tumbuh kembangnya. Kesabaran sangat diperlukan agar mereka merasa nyaman saat belajar.

Read More

Artikel Lainnya

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus.jpg

Hobi dan Hiburan

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus

03 June 2020, 21:00

Dengan program terbarunya, JOOX ingin memanjakan para penggemar K-Pop di Tanah Air sekaligus berikan kesempatan berinteraksi dengan idola.

Di Antara Hewan Peliharaan, Kucing Disinyalir Paling Berpotensi Terkena COVID-19.jpg

Kesehatan

Kucing Disinyalir Hewan Peliharaan Paling Berpotensi Terkena COVID-19

03 June 2020, 20:00

Berdasarkan penelitian ahli, di antara semua hewan peliharaan yang dapat terinfeksi COVID-19, kucing berpotensi paling besar terkena.

sejarah KA semarang_1.jpg

Berita Kawasan

Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang

03 June 2020, 19:47

Stasiun Semarang Gudang merupakan stasiun yang dibangun kala penjajahan Belanda. Namun, stasiun tersebut bukanlah stasiun kereta api pertama di Semarang.

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

Kesehatan

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

03 June 2020, 19:30

Pengetesan kedua ini dilakukan karena ditemukan kasus positif sebelumnya, kini ditemukan 15 orang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.