Inilah Manfaat Berenang yang Jarang Orang Tahu

Kesehatan

Inilah 3 Manfaat Berenang yang Jarang Orang Tahu

Tahukah Anda bahwa berenang selama satu jam dapat membakar kalori yang hampir sama dengan berlari? Banyak manfaat yang Anda lakukan ketika melakukan olahraga yang satu ini. Anda bisa merasakan tubuh serta jiwa yang sehat. Apa saja manfaatnya? Berikut manfaat berenang seperti dilansir health.clevelandclinic.org (13/09/2019).

[Baca Juga: Jangan Lupa Pemanasan Untuk Menghindari Cedera Ketika Berenang]

1) Menguatkan Semua Otot Tubuh

Olahraga berenang adalah olahraga yang bagus untuk melemaskan semua otot-otot tubuh Anda. Karena saat Anda berenang hampir seluruh tubuh Anda ikut bergerak, mulai dari otot tangan, pinggul, punggung, serta perut.

Karena air lebih padat daripada udara, setiap Anda bergerak di dalam air dapat membangun membangun kekuatan dan otot otot. Selain itu, manfaat kesehatannya dapat memperkuat jantung dan paru-paru yang dapat mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Berenang gaya Kupu-kupu Bisa Menurunkan Berat Badan

2) Minimalisir Cedera

Kemungkinan Anda akan jarang mengalami cedera pada tubuh saat berenang daripada Anda melakukan olahraga di darat. Cidera bahu adalah yang paling umum terjadi saat berenang. Menurut Direktur Kedokteran Anak dan Remaja di Cleveland Clinic Paul M. Saluan, MD. tekanan yang signifikan pada bahu menyebabkan nyeri bahu.

Otot rotator cuff yang terlalu sering digunakan, otot skapular dan otot-otot punggung atas dan bawah dapat menyebabkan rasa sakit akibat kelelahan dan menyebabkan tendonitis atau radang kandung lendir. Dalam kasus yang lebih parah, dislokasi atau robekan rotator cuff adalah mungkin, meskipun tidak umum, kata Dr. Saluan.

Cidera lutut, yang dikenal sebagai lutut gaya dada juga dapat terjadi ketika kaki memanjang dan disatukan kembali selama fase push-off dari tendangan. Gerakan ini menempatkan ligamen bagian dalam lutut, yang disebut medial collateral ligament), di bawah tekanan, kata Dr. Saluan.

3) Baik untuk Kesehatan Mental Anda

Melansir laman swimming.org (13/09/2019) Menurut kepala aktivitas fisik untuk Mind Hayley Jarvis, mengatakan selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, berenang juga baik untuk kesehatan mental. Aktif secara fisik membuat kesehatan mental Anda menjadi baik. Berolahraga setidaknya tiga kali seminggu, dapat mengurangi risiko depresi hingga 30 persen.

[Baca Juga: Berenang Gaya Kupu-kupu, Olahraga Paling Efektif Turunkan Berat Badan]

Itulah manfaat berenang yang jarang orang lain tahu. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh ternyata berenang juga bermanfaat untuk kesehatan mental Anda.

Read More

Artikel Lainnya

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Berita Kawasan

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

26 February 2020, 14:30

BMKG mengeluarkan peringatan dini akan potensi beberapa wilayah di kawasan Jabotabek akan diguyur hujan. Warga diminta bersiap dan waspada.

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

Berita Kawasan

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

26 February 2020, 14:15

Akting memukau Elisabeth Moss membuat The Invisible Man tak hanya sukses membius penonton. Aktingnya menguatkan pesan dampak psikologis dari abusive relationship.


Comments


Please Login to leave a comment.