Inilah 4 Bahaya Jika Tidur Dekat Ponsel

Kesehatan

Inilah 4 Bahaya Jika Tidur Dekat Ponsel

Ponsel yang banyak orang miliki sudah menjadi suatu kebutuhan. Bahkan, banyak orang yang sulit sekali melepas ponselnya ketika ingin tidur. Banyak orang juga yang langsung memegang ponsel ketika bangun tidur. Selain untuk kebutuhan komunikasi, ponsel juga sudah menjadi rutinitas banyak orang untuk mengunggah sesuatu di sosial media.

Kondisi ketergantungan dengan perangkat elektronik yang satu ini seringkali membuat orang-orang menaruh ponsel di samping kepala atau bahkan di bawah bantal ketika ingin tidur. Mengutip hellosehat.com (26/3/2019), sebanyak 63 persen dari pemilik ponsel tidur dekat ponselnya yang ditaruh tepat di samping bantal atau di bawah bantal. Namun, kebiasaan tersebut ternyata berbahaya bagi kesehatan.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]

Berikut empat bahaya yang bisa berdampak ketika Anda tidur dekat dengan telepon seluler yang dirangkum dari berbagai sumber (26/3/2019).

1. Kemampuan Konsentrasi Berkurang

Menurut penelitian, radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan ponsel jenis apapun mampu mempengaruhi kualitas tidur. Alirah darah yang diarahkan ke otot-otot menjadi tidak maksimal karena efek dari radiasi telepon seluler yang memengaruhi kualitas tidur. Sehingga, di pagi hari mungkin Anda bisa kurang konsentrasi dan kehilangan fokus.

2. Kesulitan Tidur

Smartphone, tablet, televisi dan gadget lainnya akan memancarkan cahaya biru. Menurut penelitian, cahaya biru yang dipancarkan perangkat elektronik tersebut bisa menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi mengatur tidur dan mengganggu jam biologis tubuh (ritme sirkadian). Cahaya biru memancarkan gelombang panjang sehingga bisa menghambat produksi hormon melatonin.

[Baca Juga: Ajarkan Etika Bermedia Sosial Untuk Anak? Ikuti 6 Langkah Ini]

3. Gangguan Sel Otak

Menurut World Health Organization (WHO), radiasi telepon seluler bisa memengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor, terutama pada anak-anak yang kulit kepala dan tengkoraknya lebih tipis dari orang dewasa dan lebih rentan terhadap radiasi.

Paparan radiasi dari ponsel dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak sebagaimana dikatakan seorang ilmuwan kesehatan lingkungan dari Amerika Dr. Devra Davis. Sel-sel otak yang rusak bisa menimbulkan berbagai penyakit karena otak merupakan pusat pengendalian tubuh.

4. Mengakibatkan Kebakaran

Kasus telepon seluler meledak atau terbakar sudah banyak terjadi dan tersebar di media massa. Namun, banyak orang masih saja ceroboh menaruh ponsel di bawah bantal, terlebih saat sedang mengisi baterai dan dibiarkan semalaman. Menaruh ponsel di bawah bantal saat ingin tidur sangat tidak disarankan karena bisa berisiko memicu kebakaran dengan ledakan yang kemungkinan terjadi pada ponsel.

[Baca Juga: Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak, Benarkah?]

Jadi, apakah Anda masih ingin membiasakan diri menaruh ponsel di dekat Anda saat ingin tidur? Jika tidak, pastikan matikan ponsel Anda dua jam sebelum tidur dan simpan ponsel Anda jauh dari area tidur.


Read More

Artikel Lainnya

tatiloOK2.jpg

Kecantikan dan Fashion

Cakep! Perusahaan Siswa SMAN 3 Semarang Produksi Tas “Tatilo”

29 July 2021, 17:35

Para siswa tersebut tak hanya memproduksi tas saja, sebagai bentuk komitmen dan keseriusan untuk menjalankan usaha ini, siswa-siswi SMA 3 Semarang membentuk sebuah perusahaan yang diberi nama “Wignesa”.

cov.jpg

Bisnis

Ngopi Sambil Bermain Billiard di Kriwul Coffee and Pool

29 July 2021, 17:05

Lantai satu digunakan sebagai bar sekaligus kedai kopi. Sedangkan lantai dua digunakan sebagai bar dan juga tempat untuk bermain billiard.

Slide2.PNG

Kuliner

Nongkrong Asik dan Murah di Pancong99 Depok

29 July 2021, 16:04

Pancong 99 merupakan warung makan yang menyediakan berbagai macam hidangan dengan menu utamanya adalah pancong.

FAGTS 1.jpg

Pendidikan

DPAPMK Depok dan Forum Anak Depok Gelar Kegiatan Virtual FAGTS

29 July 2021, 13:01

FAD menggelar acara atau kegiatan virtual Forum Anak Goes to School (FAGTS) dalam rangka memperingati HAN dan tahun ajaran baru 2021/2022.


Comments


Please Login to leave a comment.