Manfaat Olahraga untuk Otak Anda

Kesehatan

Inilah 6 Manfaat Olahraga untuk Otak Anda

Manfaat olahraga dapat Anda rasakan tidak hanya fisik saja, tapi kesehatan otak Anda juga akan terjaga. Dengan berolahraga, itu artinya otak Anda juga akan bekerja dengan baik, karena memperlancar aliran darah yang memiliki banyak manfaat dari kesehatan otak Anda. Apa sajakah itu? Seperti dilansir dari laman webmd.com (04/10/2019), berikut manfaat olahraga untuk kesehatan otak.

[Baca Juga: Kenali Pseudobulbar, Gangguan Otak yang Dialami Tokoh Joker]

1) Membantu Daya Ingat

Seiring bertambahnya usia, hippocampus pada otak Anda (bagian yang terkait dengan memori dan pembelajaran) juga ikut menyusut. Dan untuk memperlambatnya, Anda bisa olahraga seperti berjalan, joging, atau berkebun yang dapat memperlambat menyusutnya hippocampus otak Anda. Beberapa penelitian menunjukkan pertumbuhan hippocampus kembali lebih kuat jika Anda menyukai aktivitas yang Anda lakukan.

2) Mengurangi Depresi dan Kecemasan

Olahraga dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan dengan baik, dokter atau terapis Anda kemungkinan akan menyarankannya sebagai bentuk pengobatan. Karena apabila Anda berolahraga dapat memperlambat kerusakan sel-sel otak.

3) Membuat Otak Lebih Fleksibel

Neuroplastisitas adalah kemampuan otak Anda untuk berubah ketika Anda belajar dan menemukan hal-hal baru. Para ilmuwan percaya bahwa dengan Anda berolahraga dan latihan beban tampaknya membantu membuat otak lebih fleksibel sehingga mudah menyerap informasi.

Manfaat Olahraga untuk Otak Anda

4) Mencegah Demensia

Orang-orang yang jarang berolahraga besar kemungkinan terkena penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari demensia. Itu sebagian karena olahraga membantu mencegah banyak hal yang terkait dengan demensia, seperti:

  • Kegemukan;
  • Diabetes;
  • Tekanan darah tinggi;
  • Depresi.

5) Melancarkan Aliran Darah

Olahraga membantu darah masuk ke otak Anda. Dan, membuat jantung dan pembuluh darah Anda lebih kuat. Dari pembuluh yang lebih besar akan membawa darah ke kepala Anda yang masuk ke pembuluh mikro kecil di otak Anda.

6) Kualitas Tidur Membaik

Olahraga dapat membantu Anda menjaga suasana hati agar tetap tenang, tidur pun lebih nyenyak. Dan terjadi siklus tidur hingga bangun yang lebih sehat. Olahraga juga membantu merevitalisasi otak dan tubuh Anda sehingga kualitas tidur Anda jadi baik.

[Baca Juga: Mactivation Mendobrak Sensori dan Rangsang Fungsi Otak]

Berbagai manfaat tersebut bisa Anda dapatkan ketika rutin berolahraga. Lakukan olahraga dengan berbagai jenisnya minimal 15 menit hingga 45 menit saja sudah cukup. Karena olahraga baik untuk kesehatan fisik dan otak Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Ada Bioskop Gratis Untuk Rakyat di Jakarta Timur

Berita Kawasan

Bioskop Rakyat di Jakarta Timur Ini Gratis untuk Hiburan Warga

25 February 2020, 21:00

Bioskop rakyat ini berkomitmen memutarkan film-film Indonesia berkualitas untuk memberikan hiburan gratis untuk warga sekitar.

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

Berita Kawasan

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

25 February 2020, 20:00

Masyarakat diimbau selalu tetap waspada dan hati-hati akan dampak dari cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda beberapa wilayah di Indonesia

Banjir di Bekasi,  Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

Berita Kawasan

Banjir di Bekasi, Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

25 February 2020, 19:30

Sejak pukul 7.30 WIB Selasa pagi, pepadaman listrik terjadi di beberapa tempat di Perumnas III Bekasi Timur.

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

Kesehatan

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

25 February 2020, 19:00

Mandi pada dasarnya menyehatkan. Namun ketika mandi dalam keadaan berkeringat ternyata malah menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.