Inilah 8 Alasan Penyebab Mata Panda

Kecantikan dan Fashion

Inilah 8 Alasan Penyebab Mata Panda

Apakah Anda memiliki lingkaran hitam dibawah mata atau yang bisa dikenal mata panda? Mata panda bisa dialami siapa pun, baik pria maupun wanita. Ciri-ciri mengalami mata panda adalah bagian kantung mata berwarna lebih gelap dari warna kulit wajah. Dengan adanya lingkarang hitam pada mata, juga berdampak memberi kesan lebih tua dari usia sebenarnya.

[Baca Juga: Manfaat Ampas Kantung Teh untuk Perawatan Mata]

Lingkaran hitam pada mata seringkali diidentikkan dengan kurang tidur. Namun, faktor penyebab terbentuknya mata panda tidak hanya dari satu faktor tersebut. Berikut adalah beberapa alasan yang biasanya membentuk lingkaran hitam pada mata yang dirangkum PingPoint.co.id dari beberapa sumber (2/4/2019).

  • Faktor Usia

Bertambahnya usia, berpengaruh pada kulit yang menjadi lebih tipis termasuk pada area mata yang memang sudah tipis. Perubahan kulit berdasarkan faktor usia karena perlahan-lahan kuit mulai kehilangan elestasitasnya. Sehingga saat kulit mulai menipis, pembuluh darah di bawah mata semakin terlihat jelas dan itulah mengapa lingkaran hitam bisa muncul di bawah mata.

  • Genetik

Mata panda juga bisa diturunkan dari faktor genetik karena beberapa orang memiliki pigmentasi yang lebih gelap pada area kulit di bawah mata yang mengarah pada mata panda.

[Baca Juga: 3 Cara Mengoptimalkan Sheet Mask untuk Kulit Kering]

  • Dehidrasi

Dehidrasi juga bisa menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Karena ketika tubuh kekurangan air, kulit di bawah mata akan terlihat cekung dan sayu.

  • Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari bisa memicu tubuh memproduksi lebih banyak igmen yang menggelapkan kulit. Sehingga pigmen di kulit sekitar mata bisa berubah warna menjadi lebih gelap jika paparan sinar matahari mengenai mata.

  • Terlalu Sering Menggosok Mata

Kulit akan menjadi sedikit lebih tebal dan gelap jika terlalu sering menggosok mata. Kulit memiliki sistem pertahanan yang bisa membuat pembuluh darah di bawah kulit juga bisa rusak bila menggosok mata secara berlebihan, sehingga menyebabkan munculnya mata panda.

[Baca Juga: Kenali 4 Bahaya Es Batu Bagi Tubuh]

  • Kebiasaan Menatap Layar

Menatap layar telepon genggam, laptop, komputer atau televisi dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan ketegangan pada mata. Bila hal ini terjadi, maka pembuluh darah di sekitar mata membesar sehingga kulit pada area mata menjadi gelap.

Nah, itulah enam alasan yang biasanya menimbulkan lingkaran hitam pada mata. Jika Anda tidak ingin mendapatkan mata panda, sebaiknya hindari keenam penyebab di atas.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.