Inilah 8 Alasan Penyebab Mata Panda

Kecantikan dan Fashion

Inilah 8 Alasan Penyebab Mata Panda

Apakah Anda memiliki lingkaran hitam dibawah mata atau yang bisa dikenal mata panda? Mata panda bisa dialami siapa pun, baik pria maupun wanita. Ciri-ciri mengalami mata panda adalah bagian kantung mata berwarna lebih gelap dari warna kulit wajah. Dengan adanya lingkarang hitam pada mata, juga berdampak memberi kesan lebih tua dari usia sebenarnya.

[Baca Juga: Manfaat Ampas Kantung Teh untuk Perawatan Mata]

Lingkaran hitam pada mata seringkali diidentikkan dengan kurang tidur. Namun, faktor penyebab terbentuknya mata panda tidak hanya dari satu faktor tersebut. Berikut adalah beberapa alasan yang biasanya membentuk lingkaran hitam pada mata yang dirangkum PingPoint.co.id dari beberapa sumber (2/4/2019).

  • Faktor Usia

Bertambahnya usia, berpengaruh pada kulit yang menjadi lebih tipis termasuk pada area mata yang memang sudah tipis. Perubahan kulit berdasarkan faktor usia karena perlahan-lahan kuit mulai kehilangan elestasitasnya. Sehingga saat kulit mulai menipis, pembuluh darah di bawah mata semakin terlihat jelas dan itulah mengapa lingkaran hitam bisa muncul di bawah mata.

  • Genetik

Mata panda juga bisa diturunkan dari faktor genetik karena beberapa orang memiliki pigmentasi yang lebih gelap pada area kulit di bawah mata yang mengarah pada mata panda.

[Baca Juga: 3 Cara Mengoptimalkan Sheet Mask untuk Kulit Kering]

  • Dehidrasi

Dehidrasi juga bisa menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Karena ketika tubuh kekurangan air, kulit di bawah mata akan terlihat cekung dan sayu.

  • Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari bisa memicu tubuh memproduksi lebih banyak igmen yang menggelapkan kulit. Sehingga pigmen di kulit sekitar mata bisa berubah warna menjadi lebih gelap jika paparan sinar matahari mengenai mata.

  • Terlalu Sering Menggosok Mata

Kulit akan menjadi sedikit lebih tebal dan gelap jika terlalu sering menggosok mata. Kulit memiliki sistem pertahanan yang bisa membuat pembuluh darah di bawah kulit juga bisa rusak bila menggosok mata secara berlebihan, sehingga menyebabkan munculnya mata panda.

[Baca Juga: Kenali 4 Bahaya Es Batu Bagi Tubuh]

  • Kebiasaan Menatap Layar

Menatap layar telepon genggam, laptop, komputer atau televisi dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan ketegangan pada mata. Bila hal ini terjadi, maka pembuluh darah di sekitar mata membesar sehingga kulit pada area mata menjadi gelap.

Nah, itulah enam alasan yang biasanya menimbulkan lingkaran hitam pada mata. Jika Anda tidak ingin mendapatkan mata panda, sebaiknya hindari keenam penyebab di atas.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.