Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Kesehatan

Inilah 9 Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Jeruk memiliki banyak jenis, salah satunya jeruk nipis. Berbeda dengan jeruk yang biasanya dijadikan makanan pencuci mulut, jeruk nipis tidak dimakan dengan cara seperti itu. Jeruk ini lebih sering dicampurkan pada makanan agar lebih sedap atau dibuat jadi minuman segar ketimbang dimakan langsung.

Jeruk yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia tidak hanya mengandung Vitamin C saja, tetapi mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasa asam. Berbagai manfaat jeruk nipis yang dirangkum PingPoint.co.id dari beberapa sumber adalah :

1. Meremajakan Kulit

Jeruk nipis bisa menjadi salah satu bahan alami andalan untuk merawat kecantikan kulit. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Itu sebabnya, manfaat minum air jeruk nipis dapat membantu menghidrasi dan meremajakan kulit Anda.

[Baca Juga: Inilah Manfaat Lemon yang Bagus untuk Kesehatan]

2. Melancarkan Pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

3. Meningkatkan Imun

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem imun tubuh Anda dan membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu, pilek, dan lain sebagainya.

4. Menurunkan Berat Badan

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Hal ini  dapat membantu Anda dalam membakar kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Selain itu, vitamin C dari jeruk ini juga berperan dalam pembakaran lemak dalam tubuh. Tentunya harus diimbangi dengan olahraga karena tidak bisa mengandalkan mengkonsumsi jeruk nipis saja.

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Vitamin C dalam jeruk sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Karena jeruk nipis kadar gulanya rendah.

[Baca Juga: 5 Tips Mempercantik Diri dengan Buah Lemon]

6. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung.

7. Mencegah Kanker

kandungan antioksidan dalam air jeruk nipis yang akan membantu menjaga fungsi sel, meningkatkan pertahanan sel-sel tubuh dari radikal bebas, dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

8. Mengatasi Peradangan

Vitamin C di dalamnya dapat meredakan gejala peradangan seperti radang sendi (arthritis), asam urat, dan penyakit sendi lainnya.

9. Mencegah Dehidrasi

Campuran air dan perasan sari buah ini memiliki manfaat untuk mencegah dehidrasi. Rasa asam dan segar dari minuman ini tentu membuat Anda minum lebih banyak ketimbang minum air putih biasa yang hambar.

Sebelum jeruk nipis digunakan, akan lebih baik jeruk nipis dicuci terlebih dahulu. Jika ingin minum air perasan jeruk nipis murni, akan lebih baik tanpa gula. Jika anda tidak kuat dengan rasa asamnya, Anda bisa tambahkan dengan madu untuk perasa manisnya. Mengkonsumsi jeruk nipis janganlah berlebihan karena menyebabkan asam lambung naik dan merusak gigi. Dan Anda juga harus tetap menjaga pola makan serta olahraga untuk menjaga stamina tubuh.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.