Inilah Akibatnya Bila Anda Jarang Olahraga

Kesehatan

Inilah Akibatnya Bila Anda Jarang Olahraga

Olahraga tidak semata membakar kalori sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun lebih dari itu, aktivitas olahraga memiliki dampak yang signifikan dengan segala yang terjadi pada tubuh sebagai suatu aset kesehatan Anda di masa depan. Jarang berolahraga juga berdampak pada gangguan kesehatan fisik dan mental Anda. Mau tahu apa saja akibatnya bila Anda jarang olahraga? Berikut ulasannya yang diambil dari berbagai sumber.

[Baca Juga: Kesehatan Mental Hingga Stunting: Mengulas Tren Kesehatan 2019]

Kenapa Sudah Tidur tapi Masih Merasa Masih Lelah

1) Mudah Lelah

Pada sebuah penelitian dari University of Georgia menunjukkan bahwa hanya dengan berjalan kaki selama 20 menit dan latihan aerobik dengan intensitas sedang sebanyak 3 kali dalam seminggu rutin, dapat meningkatkan energi hingga 20 persen. Energi inilah yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas harian Anda agar tidak mudah lelah. Bila Anda jarang melakukan olahraga, energi pun akan turun dan Anda lebih mudah lelah.

Inilah Penyebab Stres yang Jarang Disadari

2) Stres

Stres ditandai dengan peningkatan detak jantung dan ketegangan otot yang dikaitkan pula dengan tekanan darah tinggi. Gejala tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung. Peradangan dan stres oksidatif telah terbukti dalam pengembangan stres psikologis dan kecemasan. Olahraga teratur berfungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif ini, sehingga mengurangi stres psikologis. Dalam hal ini, rutin berolahraga sangat penting.

Inilah Akibatnya Bila Anda Jarang Olahraga Napas

3) Napas Pendek

Jika Anda tidak berolahraga secara teratur, Anda akan mengalami napas yang pendek saat menaiki tangga, mengejar angkutan umum, atau membersihkan rumah.

Tanpa olahraga teratur, tubuh Anda tidak seefisien menyerap oksigen dan kesulitan bernapas.

Inilah sebabnya mengapa ketika Anda kembali berolahraga setelah waktu istirahat, rasanya seperti Anda kembali ke titik awal, terengah-engah mati-matian untuk mengatur napas.

Dengan berolahraga yang cukup, Anda mempertahankan kemampuan tubuh secara efektif dan efisien mendapatkan oksigen dari paru-paru ke jantung.

Proses mendapatkan oksigen dari paru-paru ke jantung Anda juga menentukan berapa banyak oksigen yang masuk ke otak Anda dan organ vital lainnya.

Ikuti Tips Ini untuk Tidur Lebih Cepat

4) Susah Tidur

Olahraga teratur telah terbukti meningkatkan total waktu tidur dan membuat orang cukup istirahat sepanjang hari. Ini telah ditunjukkan saat mengendalikan Indeks Massa Tubuh (IMT), status kesehatan, status merokok, dan depresi. Olahraga yang teratur dapat bermanfaat untuk tidur, bahkan bagi penderita insomnia.

[Baca Juga: Manfaat Berpelukan Terhadap Kesehatan Mental dan Kebugaran]

Olahraga memiliki dampak yang positif untuk kesehatan. Namun, jarang berolahraga juga memiliki risiko kesehatan yang mengganggu aktivitas hidup. Beri jadwal olahraga Anda minimal dalam seminggu 3 kali dan komitmen dengan jadwal yang sudah Anda buat.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.