Inilah Cara Memilih Karpet yang Tepat untuk Ruangan Anda

Properti dan Solusi

Inilah Cara Memilih Karpet yang Tepat untuk Ruangan Anda

Ada begitu banyak jenis karpet, sehingga terkadang sulit untuk menentukan karpet mana yang terbaik untuk dibeli. Jika Anda berada di pasar atau toko untuk mencari dan berniat membeli karpet baru, baik karpet dinding atau karpet untuk di lantai, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Mengutip realsimple.com (22/5/2019), faktor yang paling penting sebagai pertimbangan memilih karpet yang tepat yaitu berdasarkan serat atau bahan dari pembuatan karpetnya. Sebenarnya, tidak ada satu serat pun yang menjadi acuan dalam penentuan karpet terbaik. Namun, memilih karpet yang sesuai untuk ruangan Anda, tentu sangat bergantung pada kebutuhan, gaya hidup, anggaran, serta siapa yang tinggal di rumah.

Selain itu, karpet yang terlihat bagus di mata juga tidak bisa menentukan apakah karpet itu cukup tahan lama atau tidak. Jika tidak cukup tahan lama untuk ruangan Anda, meskipun karpetnya terlihat bagus, maka sebenarnya itu bukan karpet yang tepat untuk Anda.

[Baca Juga: Inilah Lima Tips Menyusun Foto Agar Lebih Menarik]

Nah, karena faktor terpenting dalam memilih karpet yang tepat tergantung pada serat, berikut jenis-jenis serat karpet yang perlu diketahui. Sehingga, Anda bisa memiliki acuan supaya tepat untuk dipasang di ruangan yang Anda inginkan yang dirangkum PingPoint.co.id dari realsimple.com (22/5/2019).

1. Karpet Nilon

Nilon adalah jenis karpet yang paling populer karena tahan lama, tahan terhadap jamur, dan tidak menimbulkan alergi. Sehingga, karpet berserat nilon menjadi pilihan ideal untuk penderita alergi. Namun, ada beberapa kelemahan pada serat nilon, yakni serat ini rentan terhadap pilling dan menarik listrik statis.

2. Karpet Wol

Wol adalah serat alami yang biasa digunakan dalam karpet dan permadani. Karpet berserat wol biasanya dijual dengan harga yang mahal, karena serat ini pun memiliki banyak keunggulan, seperti mampu menyerap kelembaban sehingga sangat cocok untuk iklim tropis atau lokasi dengan curah hujan tinggi. Selain itu, serat wol juga mudah dibersihkan, serta terasa lembut dan nyaman. Karpet dengan jenis serat wol juga hypoallergenic, sehingga menjadikannya pilihan terbaik untuk rumah dengan orang-orang yang alergi terhadap sintetis atau sensitif terhadap bahan kimia.

[Baca Juga: Kenali Manfaat Sehat dari Aroma dan Bunga Sedap Malam]

3. Karpet Olefin

Karpet berserat olefin sangat ideal untuk ruang bawah tanah dan ruang terbuka. Tekstur karpet Olefin umumnya lebih keras dari nilon, jadi jenis karpet dari serat ini bukan karpet paling lembut untuk diinjak dengan kaki telanjang.

4. Karpet Poliester

Tidak semua orang menyukai karpet dengan serat. Meski tahan noda, tidak alergi, dan tahan jamur, serat poliester rentan terhadap sesuatu yang tumpah di atas karpet, seperti air.

5. Karpet Triexta

Karpet dengan serat dengan jenis triexta jika ada noda dapat dibersihkan dengan sedikit air. Bahkan, jenis serat ini tahan bau, sehingga bisa tepat untuk dipilih bagi Anda yang memiliki anak kecil atau memelihara hewan.

Bagi Anda yang ingin mengganti karpet, jangan sampai salah pilih karpet lagi ya!

Read More

Artikel Lainnya

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

Kesehatan

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

19 August 2019, 23:00  |  2 Views

Tubuh manusia memiliki komponen ajaib yang dirancang untuk menghadapi tantangan dalam beraktivitas. Serotonin ialah hormon yang dapat diandalkan untuk mencegah depresi.

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

Pendidikan

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

19 August 2019, 22:00  |  1 Views

Kementerian Perindustrian terus mendorong pelaku industri untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan vokasi.

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

Kecantikan dan Fashion

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

19 August 2019, 21:00  |  5 Views

Toner memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan kulit Anda, namun sebelum menggunakannya coba perhatikan kiat memilih toner sesuai jenis kulit.

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

Berita Kawasan

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

19 August 2019, 20:00  |  4 Views

Pemprov DKI memutuskan untuk menanam bougenville di sejumlah titik Jakarta Pusat demi mengendalikan polusi udara Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.