Inilah Cara Mengatasi Kecemasan yang Berlebih

Kesehatan

Inilah Cara Mengatasi Kecemasan yang Berlebihan

Saat menghadapi hidup yang terlalu berat muncullah rasa cemas. Hal ini wajar saja terjadi dalam diri setiap orang. Namun, bila kecemasan ini menjadi berlebihan akan mengganggu kesehatan psikis seseorang. Maka dari itu perlu cara mengatasi kecemasan yang berlebih seperti dilansir dari laman webmd.com (09/08/2018)

1. Kembali ke Lingkungan Anda

Jangan biarkan diri Anda tenggelam bersama masalah, terlebih lagi cenderung ingin menyendiri. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kecemasan berlebih Anda adalah dengan mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat. Sebaiknya, ketika Anda mengalami kecemasan, ungkapkanlah apa yang Anda rasakan. Banyak berinteraksi dengan orang-orang terdekat akan membuat diri Anda merasakan ketenangan dan kedamaian.

[Baca Juga: Jangan Takut Konsumsi Obat Demi Kesehatan Jiwa]

2. Lakukan yang Anda Sukai

Lakukan apa saja yang Anda sukai. Mulailah melakukan hobi yang sempat tertunda. Kecemasan akan bertambah bila Anda tidak mulai bergerak dan cenderung berdiam diri. Melakukan apa saja yang Anda sukai membuat perasaanmu menjadi lebih baik lagi. Misalnya Anda dapat memanfaatkan waktu dengan jalan-jalan, menonton film, dan lain-lain.

3. Lakukan hal baru

Selain melakukan hal yang Anda senangi, Anda juga perlu untuk melakukan hal baru untuk menghilangkan rasa cemas berlebihan. Ketika Anda menantang diri sendiri dengan melakukan hal baru, tanpa Anda sadari tubuh Anda akan memproduksi hormon dopamin yang berhubungan dengan rasa senang dan bahagia.

4. Keluar rumah agar Anda bermandikan sinar matahari

Mendapatkan sinar matahari dalam sehari setidaknya 15 menit akan meningkatkan kadar hormon bahagia serotonin sehingga memperbaiki mengurangi rasa cemas yang berlebih. Kurangnya sinar matahari pada tubuh Anda akan memperburuk rasa cemas berlebih.

[Baca Juga: Tanpa Obat Penenang, Ini 5 Cara Mudah Menghilangkan Stres]

5. Rajin Berolahraga

Menggerakkan tubuh seperti berolahraga dapat meningkatkan produksi endorfin yang memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, ataupun bahagia. Olahraga ringan seperti jalan kaki sekitar 10 menit atau melompat-lompat cukup membuat berkurangnya rasa cemas yang berlebih.

6. Makan makanan yang sehat

Makanan yang Anda konsumsi dapat memengaruhi perasaan. Jangan heran bila Anda seringkali merasa kesal ataupun lelah saat Anda telat makan. Untuk mengatasi rasa cemas yang berlebih, Anda dapat mengonsumsi asupan vitamin B dan beberapa makanan yang kaya akan omega-3 seperti salmon, tuna, dll.

Itulah enam cara mengatasi kecemasan yang berlebih. Jangan biarkan kecemasan berlebih menyerang Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.