Inilah Fakta Menarik Tentang Donor Darah

Kesehatan

Inilah Fakta Menarik Tentang Donor Darah

Betapa pentingnya darah bagi keberlangsungan hidup seseorang yang membutuhkannya. Berbagai macam penyakit akibat kekurangan darah memerlukan donor darah. Dan tahukah Anda, bahwa setiap kantong donasi darah dapat menyelamatkan tiga nyawa manusia? Sebelum Anda mendonorkan darah. mau tahu fakta-fakta menarik lainnya tentang donor darah? Berikut seperti dilansir Medicaldaily.com (12/09/2019).

Inilah Fakta Menarik Tentang Donor Darah

1) Baik untuk Jantung

Aliran darah dan volume darah merupakan bagian paling penting untuk menjaga jantung agar tetap berdetak. Mendonorkan darah secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung. Donor darah akan membantu Anda mengurangi ketebalan dan kelengketan darah sehingga darah dapat mengalir lebih mudah melalui pembuluh darah dan detak jantung berpacu lebih cepat.

2) Menurunkan Risiko Kanker

Donor darah dapat mengurangi risiko terkena kanker. Salah satu mineral utama yang ditemukan dalam darah yaitu zat besi. Mendonorkan darah dapat membantu mengurangi cadangan zat besi sehingga mengurangi risiko kanker.

3) Membuat Tubuh Sehat

Manfaat lainnya selain Anda dapat menyelamatkan nyawa orang lain, mendonorkan darah juga dapat meningkatkan kesehatan pribadi. Menurut LiveStrong, Anda dapat membakar sekitar 650 kalori per satu liter darah.

[Baca Juga: Sejarah Berdirinya Palang Merah Indonesia]

4) Darah Disumbangkan untuk Pasien Kanker

Saat Anda mendonorkan darah, kemungkinan akan mempertanyakan hasil donor darah Anda akan dipakai buat apa. Kenyataannya, pasien kanker yang paling banyak menerima darah dari pendonor darah.

5) Seseorang Membutuhkan Darah Setiap Dua Detik Di AS

Menurut Palang Merah Amerika, seseorang di Amerika Serikat membutuhkan darah setiap dua detik. Selain untuk pasien kanker donasi darah juga digunakan untuk operasi, kebidanan, dan pasien dengan kelainan darah tertentu.

6) Golongan Darah O Positif Paling Banyak Dibutuhkan

Meskipun semua jenis darah diperlukan dan diterima, golongan darah tipe O positif adalah yang paling dibutuhkan semua orang yang memerlukannya. Golongan darah O ini yang paling banyak dimiliki orang.

[Baca Juga: Ini Gebrakan Baru dari PMI Tangerang Selatan]

Itulah enam fakta menarik donor darah yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan ulasan di atas Anda tertarik untuk menjadi pendonor darah.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.