Inilah Langkah Mudah untuk Mulai Hidup Sehat

Kesehatan

Inilah Langkah Mudah untuk Mulai Hidup Sehat

Menerapkan hidup sehat sudah menjadi bagian gaya hidup yang dirasakan banyak manfaatnya. Sudah banyak yang membuktikannya. Tidak susah dilakukan bagi Anda yang berniat menjalankan hidup sehat dalam sehari-hari. Berikut cara mudah untuk memulai hidup sehat yang dirangkum dari beberapa sumber.

[Baca Juga: Melawan DBD dengan Pola Hidup Sehat]

  1. Cukup Minum Air Putih

Di dalam tubuh, 50 persen lebih terdiri dari air untuk menjaga suhu tubuh tetap normal, melunasi sendi serta membuang zat yang tidak terpakai dalam tubuh melalui keringat, urin, dan air besar. Air atau cairan sangat penting bagi tubuh dalam memproses pencernaan, penyerapan zat berupa kandungan makanan untuk energi, sirkulasi darah dan lainnya. Maka dari itu, Anda perlu banyak minum air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan minum air yang cukup, Anda bisa mulai hidup sehat dengan cara mudah. Menurut Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board, wanita cukup minum air sebanyak 2,6 liter setiap hari, sedangkan pria 3,7 liter air setiap hari.

2. Cukup Istirahat

Tubuh perlu beristirahat dengan cukup. Setelah aktivitas yang Anda lakukan setiap harinya, Anda perlu cukup tidur. Tidur yang cukup menurut beberapa penelitian 5 hingga 6 jam dalam sehari. Selain kuantitas tidur, kualitas tidur juga sangat penting diperhatikan agar tubuh dapat kembali segar setelah bangun tidur. Matikan lampu sebelum tidur, agar otak Anda berhenti menstimulasi cahaya yang membuat tidur Anda lebih nyenyak. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, maka Anda bisa merasakan manfaat hidup sehat. Kurang tidur pun membuat kadar gula darah meningkat dan berisiko terkena diabetes.

3. Pola Makan yang Sehat

Bila Anda ingin hidup sehat, yang Anda harus lakukan adalah dengan memerhatikan pola makan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan makan banyak atau pun sedikit. Sebaiknya Anda atur dengan pola makan yang lebih sehat dan bergizi. Tambahlan asupan protein yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Konsumsilah karbohidrat kompleks sebagai sumber energi bagi tubuh. Dan, jangan lupakan serat yang dapat memelihara pencernaan tubuh.

4. Olahraga Teratur

Cara mudah yang membuat hidup sehat adalah dengan berolahraga secara teratur. Lakukan olahraga sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Lakukan jenis olahraga yang Anda sukai. Sederhananya, Anda bisa saja jalan kaki di tempat Anda tinggal saat pagi hari. Atau bisa dilakukan di dalam rumah dengan berbagai video olahraga yang bisa Anda ikuti. Olahraga bagus untuk mendetoks tubuh dan sejumlah manfaat lainnya.

[Baca Juga: Ade Rai Ajak Jalankan Gaya Hidup Sehat]

Empat langkah mudah tersebut bisa Anda ikuti secara perlahan, kuncinya adalah konsisten dalam menerapkan keempat langkah mudah itu. Selamat menerapkan hidup sehat!


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.