Inilah Makanan Khas Berbuka Puasa di Pulau Panggang

Kuliner

Inilah Makanan Khas Berbuka Puasa di Pulau Panggang

Warga Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara punya menu favorit untuk sajian berbuka puasa, yaitu Pucuwe. Banyak warga yang berburu takjil khas tersebut untuk disantap setelah waktu berbuka puasa tiba.

Pucuwe yang ternyata kuliner khas Pulau Panggang ini identik dengan ikan. Berdasarkan lansiran beritajakarta.id (8/5/2019), Pucuwe terbuat dari terbuat dari tepung terigu yang dicampur ikan laut segar yang sudah dikukus dan dibersihkan tulangnya, kemudian diuleni hingga licin sebagaimana dikatakan salah satu warga Pulau Panggang Lukman. Selain itu, citarasanya gurih dan lezat juga karena kuliner khas ini ditambah lada dan garam.

[Baca Juga: Kuliner Khas Bulan Ramadan yang Selalu Dirindukan]

Setelah Pucuwe digoreng, secara tampilan makanan ini terlihat seperti empek-empek dari Palembang. Namun, perbedaannya adalah Pucuwe disantap dengan menggunakan kuah sambal dari kacang tanah dan cabai yang sudah dihaluskan.

"Rasanya yang gurih dan lezat membuat Pucuwe menjadi takjil wajib warga Pulau Panggang dan Pulau Pramuka saat berbuka puasa," ujar Lukman.

Salah satu warga Pulau Panggang lainnya Aditiya juga mengatakan hal serupa. “ Selama bulan Ramadan, pucuwe selalu tersaji setiap harinya karena memiliki rasa yang enak dan gurih”, katanya.

[Baca Juga: Menikmati Lemang Khas Minang di Kramat Raya]

Kegemaran warga Pulau Panggang mengonsumsi Pucuwe selama bulan Ramadan juga diakui salah satu pembuat Pucuwe Maliya (40). Dia mengatakan, selama bulan Ramadan biasanya banyak tetangga dan teman-teamannya yang memesan Pucuwe. “Biasanya mereka pesan gelondongan atau ada juga yang sudah jadi. Minimal mereka pesan 50 pucuwe atau lebih”, ujarnya sebagaimana dilansir pulauseribu.jakarta.go.id (8/5/2019).

Takjil khas Pulau Panggang ini ternyata dijual dengan harga satuan yang murah meriah, yakni hanya sebesar Rp2.000. Dengan menjual Pucuwe saat bulan puasa, Maliya mengaku pendapatannya meningkat jika dibandingkan di hari-hari biasa. Hal tersebut dikarenakan Pucuwe memang sangat diminati warga untuk takjil saat bulan puasa.

Inilah Makanan Khas Berbuka Puasa di Pulau Panggang

Selain Pucuwe, Pulau Panggang juga memiliki makanan khas lain yang terbuat dari ikan, yaitu Sate Gepuk. Berbagai sumber menuliskan makanan ini menjadi favorit pengunjung yang datang ke Pulau Panggang. Sate Gepuk ini diolah dari bahan dasar ikan dengan parutan kelapa yang sudah di oseng, serta diberi bumbu khas Pulau Panggang. Sehingga, menghasilkan citarasa yang gurih dan nikmat.

[Baca Juga: 5 Makanan yang Sehat Dikonsumsi Saat Puasa Ramadan]

Penasaran dengan rasa dari makanan-makanan khas Pulau Panggang tersebut? Jika Anda berkunjung di bulan Ramadan ini ke Pulau Panggang, mungkin Anda akan bisa melihat atau bahkan mencicipi kuliner khas pulau ini di waktu berbuka puasa.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.