Inilah Makanan Khas Berbuka Puasa di Pulau Panggang

Kuliner

Inilah Makanan Khas Berbuka Puasa di Pulau Panggang

Warga Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara punya menu favorit untuk sajian berbuka puasa, yaitu Pucuwe. Banyak warga yang berburu takjil khas tersebut untuk disantap setelah waktu berbuka puasa tiba.

Pucuwe yang ternyata kuliner khas Pulau Panggang ini identik dengan ikan. Berdasarkan lansiran beritajakarta.id (8/5/2019), Pucuwe terbuat dari terbuat dari tepung terigu yang dicampur ikan laut segar yang sudah dikukus dan dibersihkan tulangnya, kemudian diuleni hingga licin sebagaimana dikatakan salah satu warga Pulau Panggang Lukman. Selain itu, citarasanya gurih dan lezat juga karena kuliner khas ini ditambah lada dan garam.

[Baca Juga: Kuliner Khas Bulan Ramadan yang Selalu Dirindukan]

Setelah Pucuwe digoreng, secara tampilan makanan ini terlihat seperti empek-empek dari Palembang. Namun, perbedaannya adalah Pucuwe disantap dengan menggunakan kuah sambal dari kacang tanah dan cabai yang sudah dihaluskan.

"Rasanya yang gurih dan lezat membuat Pucuwe menjadi takjil wajib warga Pulau Panggang dan Pulau Pramuka saat berbuka puasa," ujar Lukman.

Salah satu warga Pulau Panggang lainnya Aditiya juga mengatakan hal serupa. “ Selama bulan Ramadan, pucuwe selalu tersaji setiap harinya karena memiliki rasa yang enak dan gurih”, katanya.

[Baca Juga: Menikmati Lemang Khas Minang di Kramat Raya]

Kegemaran warga Pulau Panggang mengonsumsi Pucuwe selama bulan Ramadan juga diakui salah satu pembuat Pucuwe Maliya (40). Dia mengatakan, selama bulan Ramadan biasanya banyak tetangga dan teman-teamannya yang memesan Pucuwe. “Biasanya mereka pesan gelondongan atau ada juga yang sudah jadi. Minimal mereka pesan 50 pucuwe atau lebih”, ujarnya sebagaimana dilansir pulauseribu.jakarta.go.id (8/5/2019).

Takjil khas Pulau Panggang ini ternyata dijual dengan harga satuan yang murah meriah, yakni hanya sebesar Rp2.000. Dengan menjual Pucuwe saat bulan puasa, Maliya mengaku pendapatannya meningkat jika dibandingkan di hari-hari biasa. Hal tersebut dikarenakan Pucuwe memang sangat diminati warga untuk takjil saat bulan puasa.

Inilah Makanan Khas Berbuka Puasa di Pulau Panggang

Selain Pucuwe, Pulau Panggang juga memiliki makanan khas lain yang terbuat dari ikan, yaitu Sate Gepuk. Berbagai sumber menuliskan makanan ini menjadi favorit pengunjung yang datang ke Pulau Panggang. Sate Gepuk ini diolah dari bahan dasar ikan dengan parutan kelapa yang sudah di oseng, serta diberi bumbu khas Pulau Panggang. Sehingga, menghasilkan citarasa yang gurih dan nikmat.

[Baca Juga: 5 Makanan yang Sehat Dikonsumsi Saat Puasa Ramadan]

Penasaran dengan rasa dari makanan-makanan khas Pulau Panggang tersebut? Jika Anda berkunjung di bulan Ramadan ini ke Pulau Panggang, mungkin Anda akan bisa melihat atau bahkan mencicipi kuliner khas pulau ini di waktu berbuka puasa.

Read More

Artikel Lainnya

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

Berita Kawasan

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

24 October 2020, 18:03

Peresmian dilakukan Wali Kota Bogor Bima Arya usai mengikuti peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 Tingkat Kota Bogor di Pondok Pesantren Al Falak, Pagentongan, Bogor Barat, Kota Bogor.

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

Kecantikan dan Fashion

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

24 October 2020, 15:08

Masih sama dengan edisi sebelumnya, Maybelline Superstay Matte Ink Coffee Edition diklaim memiliki formula lip cream yang intens, tahan lama hingga 16 jam, dan transferproof.

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

Berita Kawasan

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

24 October 2020, 12:21

Lahan seluas sekitar 500 meter persegi tersebut dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Daun RW 09, Kelurahan Warakas, Tajung Priok, Jakarta Utara.

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia.jpg

Kuliner

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia

23 October 2020, 17:21

Dengan berbagai menu yang tak ditemukan di gerai lainnya, Naughty by Nature hadir sebagai KFC tematik pertama yang ada di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.