Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan

Kesehatan

Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan

Banyak orang yang mengawali harinya dengan mengonsumsi kopi atau teh. Secangkir kopi atau teh panas dapat membantu menghangatkan badan di pagi hari. Sajian minuman ini pun juga dapat dinikmati dengan dingin. Apa pun kondisinya kopi dan teh menemani hari-hari Anda. Namun, siapa sangka kedua minuman ini pun sangat baik untuk kesehatan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut ulasan mengenai manfaat mengomsumsi kopi dan teh untuk kesehatan yang dikutip dari webmd.com (07/08/2019).

Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan

1. Melawan Radikal Bebas

Zat kimia yang ada dalam tubuh dapat merusak sel dan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Zat kimia tersebut bisa didapat dari makanan dan minuman yang Anda makan. Teh dan kopi membantu tubuh Anda melawan radikal bebas dengan bahan kimia antioksidan mereka sendiri.

2. Mencegah Diabetes

Tanpa gula, Anda bisa mengonsumsi teh dan kopi yang sangat baik untuk mencegah datangnya penyakit diabetes. Kopi dan teh akan memengaruhi tubuh Anda bekerja menggunakan gula darah (glukosa) untuk bahan bakar. Kopi memiliki banyak antioksidan tertentu yang membantu menjaga gula darah Anda lebih rendah dan lebih stabil. Dan antioksidan dari teh dapat membantu tubuh Anda memproses gula dalam darah Anda.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

3. Mencegah Penyakit Parkinson

Kopi dan teh dapat membantu melawan penyakit serius ini, yang menyerang sel-sel saraf di otak Anda dan membuat Anda sulit untuk bergerak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meringankan gejala awal Parkinson, sementara yang lain menunjukkan bahwa minum kopi dan teh mungkin membantu melindungi otak Anda dari penyakit itu.

4. Mencegah Penyakit Hati

Dalam sebuah penelitian, orang yang minum 3-5 cangkir kopi sehari cenderung memiliki penumpukan kalsium dalam pembuluh darah yang membawa darah ke otot jantung Anda yang menyebabkan jantung Anda lebih rendah.

5. Mencegah Penyakit Stroke

Dengan meminum secangkir kopi atau teh sehari dapat menurunkan peluang timbulnya penyakit stroke. Karena kopi dapat meredakan peradangan dan membantu mengontrol kadar gula darah. Sedangkan minum teh hitam dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah.

[Baca Juga: Manfaat Ampas Kantung Teh untuk Perawatan Mata]

Ingat sesuatu yang dikonsumsi secara berlebih juga tidak bagus. Mengonsumsi kopi dan teh secukupnya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.