Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan

Kesehatan

Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan

Banyak orang yang mengawali harinya dengan mengonsumsi kopi atau teh. Secangkir kopi atau teh panas dapat membantu menghangatkan badan di pagi hari. Sajian minuman ini pun juga dapat dinikmati dengan dingin. Apa pun kondisinya kopi dan teh menemani hari-hari Anda. Namun, siapa sangka kedua minuman ini pun sangat baik untuk kesehatan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut ulasan mengenai manfaat mengomsumsi kopi dan teh untuk kesehatan yang dikutip dari webmd.com (07/08/2019).

Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan

1. Melawan Radikal Bebas

Zat kimia yang ada dalam tubuh dapat merusak sel dan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Zat kimia tersebut bisa didapat dari makanan dan minuman yang Anda makan. Teh dan kopi membantu tubuh Anda melawan radikal bebas dengan bahan kimia antioksidan mereka sendiri.

2. Mencegah Diabetes

Tanpa gula, Anda bisa mengonsumsi teh dan kopi yang sangat baik untuk mencegah datangnya penyakit diabetes. Kopi dan teh akan memengaruhi tubuh Anda bekerja menggunakan gula darah (glukosa) untuk bahan bakar. Kopi memiliki banyak antioksidan tertentu yang membantu menjaga gula darah Anda lebih rendah dan lebih stabil. Dan antioksidan dari teh dapat membantu tubuh Anda memproses gula dalam darah Anda.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

3. Mencegah Penyakit Parkinson

Kopi dan teh dapat membantu melawan penyakit serius ini, yang menyerang sel-sel saraf di otak Anda dan membuat Anda sulit untuk bergerak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meringankan gejala awal Parkinson, sementara yang lain menunjukkan bahwa minum kopi dan teh mungkin membantu melindungi otak Anda dari penyakit itu.

4. Mencegah Penyakit Hati

Dalam sebuah penelitian, orang yang minum 3-5 cangkir kopi sehari cenderung memiliki penumpukan kalsium dalam pembuluh darah yang membawa darah ke otot jantung Anda yang menyebabkan jantung Anda lebih rendah.

5. Mencegah Penyakit Stroke

Dengan meminum secangkir kopi atau teh sehari dapat menurunkan peluang timbulnya penyakit stroke. Karena kopi dapat meredakan peradangan dan membantu mengontrol kadar gula darah. Sedangkan minum teh hitam dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah.

[Baca Juga: Manfaat Ampas Kantung Teh untuk Perawatan Mata]

Ingat sesuatu yang dikonsumsi secara berlebih juga tidak bagus. Mengonsumsi kopi dan teh secukupnya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.