Inilah Manfaat Merapikan Ruangan untuk Kesehatan Mental

Kesehatan

Inilah Manfaat Merapikan Ruangan untuk Kesehatan Mental

Decluttering telah menjadi salah satu tren terbesar dalam beberapa bulan terakhir ini. Menyingkirkan barang apa pun yang tidak membuat Anda senang, akan berdampak baik untuk rumah, jiwa, dan pikiran Anda.

Tanpa kelebihan barang di rumah maupun kantor, justru Anda memiliki lebih banyak ruang untuk berpikir jernih dan akibatnya dapat memiliki efek pada pikiran dan tubuh Anda.

Menurut Bed Threads dalam blognya, hasil decluttering dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas, bahkan peningkatan kesehatan fisik. Seperti dilansir dari laman dailymail.co.uk (08/01/2020), berikut ulasannya.

[Baca Juga: Merapikan Tempat Tidur Setelah Bermalam di Hotel Perlu Kah?]

Inilah Manfaat Merapikan Ruangan untuk Kesehatan Mental

1) Meningkatkan Produktivitas

Rumah yang tertata dengan rapi akan sama dengan pikiran baik. Dan, ini bisa terjadi karena Anda melakukan decluttering.

Anda bisa memulainya dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak perlu dari meja kerja Anda di rumah maupun kantor. Lalu, perhatikan seberapa jauh Anda merasa lebih baik ketika melakukan pekerjaan atau menyelesaikannya.

2) Kesehatan Mental akan Terbangun

Bukan hanya kesehatan mental Anda yang akan berubah menjadi lebih baik ketika Anda menyingkirkan barang-barang yang tidak Anda butuhkan dari rumah. Penelitian tentang perihal merapikan barang ini telah menunjukkan bahwa rumah yang berantakan akan mempengaruhi tidur dan dapat menyebabkan kebiasaan makan yang buruk juga.

3) Meningkatkan Kreatifitas

Barang-barang yang bertumpuk dan bahkan hampir lama tidak terpakai bisa mengacaukan pikiran Anda. Cara decluttering akan meningkatkan daya kreativitas Anda. Anda bisa memilih barang mana yang seharusnya dipakai maupun ditinggalkan. Atau mengubah barang yang sudah lama tidak dipakai dapat diperbaharui kembali. Ketika melakukan decluttering ini.

4) Fokus Melihat Masa Depan

Jika Anda pernah melakukan bersih-bersih secara total, Anda akan merasakan betapa puas rasanya membuang barang-barang lama yang sudah tidak terpakai. Dengan melakukan hal ini juga bisa membantu otak Anda untuk fokus dengan goals. Dengan membuang hal-hal yang tidak lagi Anda butuhkan atau gunakan Anda akan lebih cenderung fokus pada masa depan daripada melihat ke belakang.

[Baca Juga: Tips Membersihkan Rumah di Akhir Pekan]

Cobalah untuk melakukan decluttering ini secepatnya, jangan menunda waktu lagi untuk merasakan berbagai manfaat yang Anda rasakan saat merapikan barang-barang yang menumpuk di rumah Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 4 months lalu
    suki

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke dupa88,net bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya...