Inilah Olahraga yang Cocok Berdasarkan Usia

Kesehatan

Inilah Olahraga yang Cocok Berdasarkan Usia

Memilih olahraga yang tepat, penting dilakukan untuk Anda, alih-alih ingin mendapatkan badan yang sehat, olahraga yang tidak tepat dapat membuat badan Anda sakit, cedera, bahkan dengan mudah merasa lelah. Untuk itu, penting buat Anda memilih olaharaga yang sekiranya dapat membantu Anda mendapatkan badan yang sehat dan bugar. Melansir laman medicaldaily.com (19/09/2019), berikut pilihan olahraga yang tepat sesuai usia.

PLUIT-KESEHATAN-JENIS OLAHRAGA INI BAKAL TREN DI 2019 SUDAH DICOBA-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

1) Usia 20 Tahun

Ciri usia 20 tahun adalah dengan memiliki tubuh fisik yang masih kuat. Maka dari itu, membiasakan olahraga di usia 20an sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan kuat. Jenis olahraga yang cocok untuk Anda yang berusia 20an adalah dengan melakukan aerobik dan latihan yang mengunggulkan kekuatan, seperti latihan beban, tenis, hiking, dll. Setidaknya dua hari per minggu Anda lakukan.

KELAPA-GADING_KESEHATAN_TERAPI-PENYEMBUHAN-CEDERA-DI-TUBUH-ANDA-MELALUI-YOGA_EMIL_1100-X-600-px---2.jpg

2) Usia 30 dan 40 Tahun

Seorang fisioterapis di Australia bernama Lisa Westlake mengatakan, pria dan wanita pada usia 30an dan 40an berada di puncak karirnya yang menyebabkan mereka terlalu sibuk di tempat kerja serta bisa menghabiskan waktu berjam-jam di meja. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan kondisi postur badan yang buruk dan mengalami masalah sakit tulang belakang.

[Baca Juga: Terapi Penyembuhan Cedera di Tubuh Anda Melalui Yoga]

Olahraga yang melenturkan badan sangat cocok bagi Anda yang menghabiskan waktunya dengan duduk. Olahraga seperti pilates dan yoga juga dapat meningkatkan pembakaran lemak, membangun ketahanan fisik, menurunkan gula darah, dan sejumlah manfaat lainnya yang cocok dilakukan untuk Anda yang saat ini sedang berada di usia 30 dan 40 tahun.

Inilah Olahraga yang Cocok Berdasarkan Usia

3) Usia 50 dan 60 Tahun

Pada usia 50-an sampai 60an adalah usia yang berisiko lebih tinggi mudah terserang berbagai penyakit, dengan kondisi kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Usia lansia juga rentan jatuh karena hilangnya keseimbangan. Untuk meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh Anda, Anda bisa mencoba olahraga tai chi dan aerobik air.

Inilah Olahraga yang Cocok Berdasarkan Usia

4) Usia 70 Tahun

Pada usia 70 tahun ke atas, usia ini tentu sudah tidak produktif lagi dan mudah lelah. Walau pada usia 70 tahun masih ada yang kuat berlari, tapi pada usia ini, Anda perlu mengetahui keterbatasan tubuh Anda sendiri. Olahraga yang tepat untuk Anda usia 70 tahun adalah dengan berjalan santai sambil menghirup udara segar.

[Baca Juga: Apa Olahraga Kardio yang Aman untuk Lansia?]

Itulah olahraga yang tepat sesuai usia. Dengan melakukan olahraga yang cocok dengan usia, manfaatnya pun akan terasa lebih maksimal dan risiko cedera pun berkurang.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.