Efektif Hilangkan Jerawat dengan Cara Ini

Kecantikan dan Fashion

Inilah Proses Bagiamana Stres Merusak Kulit Anda

Seseorang mungkin pernah menebak jika Anda sedang stres melalui jerawat yang muncul di wajah. Stres memang punya dampak yang bermacam-macam, salah satunya membuat masalah pada kulit. Bukan hanya jerawat, tetapi juga psoriasis, eksim, bahkan penipisan rambut. Hal ini diungkap Anil Budh-Raja, seorang dermatolog asal London, Inggris.

“Stres menyebabkan sebuah perubahan di otak dan zat kimia tubuh, serta berdampak signifikan pada kulit kita,” kata Budh-Raja seperti dilansir dari Independent (27/4/2020).

Budh-Raja kemudian menjelaskan bagaimana stres dapat berdampak pada kulit. Ia berkata, hal ini berkaitan erat dengan sistem endokrin.

Kenali 5 Dampak Buruk Membersihkan Wajah Pakai Tisu Basah

Manusia memiliki sistem endokrin, yaitu sejumlah kelenjar yang menghasilkan hormon pada tubuh. Dengan sistem endokrin, tubuh manusia bekerja seperti mesin yang dilumasi dengan baik. Akan tetapi, ketika manusia mengalami stres, sistem endokrin tentu tidak bekerja dengan normal.

Awalnya, saat tubuh tegang karena stres, hormon stres akan diproduksi secara berlebih. “Stres akan meningkatkan produksi kortisol (hormon stres) dari kelenjar adrenal, yang pada gilirannya meningkatkan aktivitas kelenjar sebasea atau kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak dan sebum,” jelas Budh-Raja.

[Baca Juga: Dari Mentimun dan Bawang Merah: Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat]

Pada akhirnya, kata Budh-Raja, muncullah jerawat dan kulit akan lebih sensitif. Kortisol atau hormon stres juga akan melemahkan sistem kekebalan kulit hingga menyebabkan stres oksidatif yang mengarah pada keriput dan kulit yang tak cerah. Inilah mengapa ada ungkapan “Jangan stres, nanti cepat tua!”

Budh-Raja menambahkan, pada beberapa kasus, kondisi ini juga meningkatkan peradangan pada tubuh hingga muncul eksim, penyakit rosacea dan psoriasis.

4 Sunscreen Stick untuk Si Mager yang Tak Mau Repot

Namun, sebetulnya kerusakan kulit yang disebabkan stres dapat dikurangi dengan perawatan diri sehari-hari. Dermatolog Adam Friedmann merekomendasikan untuk makan makanan yang seimbang dan sehat, melindungi kulit dari sinar UV dengan menggunakan produk yang mengandung SPF, serta memakai pelembap yang mengandung bahan anti inflamasi. Penggunaan produk itu akan membantu Anda mengatasi kulit yang kemerahan, mengelupas, dan gatal.

Budh-Raja pun menyarankan menggunakan produk yang mengandung bahan seperti lidah buaya, oatmeal, chamomile untuk kembali melembapkan kulit yang mengalami dehidrasi.

[Baca Juga: Benarkah Pelihara Kucing dapat Jauhkan Stres Berlebih?]

Di samping perawatan secara fisik, Psikolog Klinis Sarah Coles mengimbau untuk mencari akar masalah yang menyebabkan stres dengan melakukan yoga dan meditasi.

“Ada banyak cara untuk mengelola stres, contohnya punya rutinitas tidur yang baik seperti berada dalam ruangan gelap satu jam sebelum tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari,” kata Coles.

Coles berkata, ketika Anda mengetahui bahwa Anda akan memasuki masa stres, cobalah melakukan aktivitas yang dapat membuat tenang, karena itu dapat membantu Anda terhindar dari masalah kulit.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video .jpg

Berita Kawasan

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video

06 June 2020, 13:00

Di ulang tahun ke 538, Hari Jadi Bogor dirayakan dengan sederhana tak seperti biasanya karena terselenggara di tengah pandemi.

berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo2.jpg

Berita Kawasan

Berjalan Tertib, Begini Prosedur Rapid Test di Sukolilo

06 June 2020, 12:00

Sepekan sudah uji cepat dan uji swab dilakukan di penjuru Surabaya. Pelaksanaan relatif berlangsung tertib, seperti yang terjadi di kawasan Terminal Keputih Sukolilo.

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli .jpg

Berita Kawasan

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli

06 June 2020, 11:00

Sembari menjalankan masa new normal, Kota Bekasi kembali memperpanjang masa PSBB selama 28 hari

Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami Lidah Buaya

Berita Kawasan

Baru! Kota Malang Ciptakan Kampung Aloe vera di Masa Pandemi COVID-19

06 June 2020, 10:46

Kampung Aloe vera diinisiasi Pertamina Fuel Terminal Malang melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Comments


Please Login to leave a comment.