Inilah Ragam Jenis Mi Khas Daerah di Indonesia.jpg

Kuliner

Inilah Ragam Jenis Mi Khas Daerah di Indonesia

Asal usul mi di Indonesia tentu tidak lepas dari pengaruh Tionghoa yang merupakan asal mi di dunia. Namun, tidak semua jenis mi di Indonesia memiliki rasa dan racikan yang sama seperti yang dibuat orang-orang Tionghoa.

Setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki keunikan dari mi khas daerah satu dan lainnya. Merangkum dari nibble.id (13/3/2019), berikut ragam jenis mi yang banyak dijual di kedai atau pinggir jalan yang menjadi khas daerah-daerah di Indonesia.

[Baca Juga: Menikmati Kudapan Enak Khas Tionghoa di Tambora Jakarta]

  • Soto Mie Bogor

Soto mi merupakan hidangan mi khas Bogor dengan kuah kaldu khas soto dengan mi kuning, risol, kikil, babat, tomat, kol dan kentang.

  • Mie Aceh

Sesuai dengan namanya hidangan Mi ini berasal dari Aceh yang juga sudah banyak dijual di daerah lain termasuk Jakarta. Keistimewaan mi aceh terletak pada kuah kari pedas dan kental dengan rempah-rempah yang cukup kuat dan enak.

  • Mie Jawa

Mie Jawa juga dikenal dengan sebutan Mie Tek Tek yang berasal dari Yogyakarta. Mie Jawa diolah dengan cara digoreng dengan pelengkap suwiran daging ayam, telur dan bumbu-bumbu yang khas.

[Baca Juga: Berburu Kuliner Olahan Laut dekat Taman Impian Jaya Ancol]

  • Mie Celor

Mie Celor adalah jenis mi yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Mi ini disajikan dengan kuah santan yang kental dan dicampur kaldu ebi yang gurih serta menggunakan mi kuning yang tebal. Pelengkap Mie Celor ada irisan telur rebus, tauge, daun bawang, seledri, serta bawang goreng yang membuat rasanya semakin nikmat.

  • Mie Kocok

Mie Kocok dikenal dari Bandung yang dibuat dengan mi kuning bentuk gepeng yang dikocok sambil dicelupkan ke air panas. Mie Kocok disantap dengan buah kaldu, tauge dan potongan kikil di dalamnya.

  • Mie Tiaw

Namanya memang mirip seperti kwetiau, bentuknya juga memang tidak berbeda. Namun jenis mi ini asli dari Pontianak. Biasanya di dalam Mie Tiaw dilengkapi dengan campuran daging, babat, tauge dan sayuran.

[Baca Juga: Pengunjung Serbu Festival Mie di Mall Gandaria City]

  • Mie Ongklok

Mie Ongklok adalah mi khas Wonosobo yang diracik dengan kol, daun kucai dan siraman kua kental dengan tepung kanji.

  • Mie Kering

Mie Kering merupakan sajian mi Makassar yang tipis dan disajikan dengan disiram tumisan sayuran, daging dan kuah kental.

Kedelapan jenis mi khas daerah-daerah di Indonesia di atas tentu tergantung selera setiap orang karena citarasa setiap mi di atas berbeda-beda. Apakah Anda sudah mencicipi kedepalan jenis mi khas Indonesia di atas?

Read More

Artikel Lainnya

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.


Comments


Please Login to leave a comment.