ads
Inilah Ragam Jenis Mi Khas Daerah di Indonesia.jpg

Kuliner

Inilah Ragam Jenis Mi Khas Daerah di Indonesia

Asal usul mi di Indonesia tentu tidak lepas dari pengaruh Tionghoa yang merupakan asal mi di dunia. Namun, tidak semua jenis mi di Indonesia memiliki rasa dan racikan yang sama seperti yang dibuat orang-orang Tionghoa.

Setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki keunikan dari mi khas daerah satu dan lainnya. Merangkum dari nibble.id (13/3/2019), berikut ragam jenis mi yang banyak dijual di kedai atau pinggir jalan yang menjadi khas daerah-daerah di Indonesia.

[Baca Juga: Menikmati Kudapan Enak Khas Tionghoa di Tambora Jakarta]

  • Soto Mie Bogor

Soto mi merupakan hidangan mi khas Bogor dengan kuah kaldu khas soto dengan mi kuning, risol, kikil, babat, tomat, kol dan kentang.

  • Mie Aceh

Sesuai dengan namanya hidangan Mi ini berasal dari Aceh yang juga sudah banyak dijual di daerah lain termasuk Jakarta. Keistimewaan mi aceh terletak pada kuah kari pedas dan kental dengan rempah-rempah yang cukup kuat dan enak.

  • Mie Jawa

Mie Jawa juga dikenal dengan sebutan Mie Tek Tek yang berasal dari Yogyakarta. Mie Jawa diolah dengan cara digoreng dengan pelengkap suwiran daging ayam, telur dan bumbu-bumbu yang khas.

[Baca Juga: Berburu Kuliner Olahan Laut dekat Taman Impian Jaya Ancol]

  • Mie Celor

Mie Celor adalah jenis mi yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Mi ini disajikan dengan kuah santan yang kental dan dicampur kaldu ebi yang gurih serta menggunakan mi kuning yang tebal. Pelengkap Mie Celor ada irisan telur rebus, tauge, daun bawang, seledri, serta bawang goreng yang membuat rasanya semakin nikmat.

  • Mie Kocok

Mie Kocok dikenal dari Bandung yang dibuat dengan mi kuning bentuk gepeng yang dikocok sambil dicelupkan ke air panas. Mie Kocok disantap dengan buah kaldu, tauge dan potongan kikil di dalamnya.

  • Mie Tiaw

Namanya memang mirip seperti kwetiau, bentuknya juga memang tidak berbeda. Namun jenis mi ini asli dari Pontianak. Biasanya di dalam Mie Tiaw dilengkapi dengan campuran daging, babat, tauge dan sayuran.

[Baca Juga: Pengunjung Serbu Festival Mie di Mall Gandaria City]

  • Mie Ongklok

Mie Ongklok adalah mi khas Wonosobo yang diracik dengan kol, daun kucai dan siraman kua kental dengan tepung kanji.

  • Mie Kering

Mie Kering merupakan sajian mi Makassar yang tipis dan disajikan dengan disiram tumisan sayuran, daging dan kuah kental.

Kedelapan jenis mi khas daerah-daerah di Indonesia di atas tentu tergantung selera setiap orang karena citarasa setiap mi di atas berbeda-beda. Apakah Anda sudah mencicipi kedepalan jenis mi khas Indonesia di atas?

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads