Inilah Rahasia Manfaat Berpelukan dengan Orang yang Anda Cintai

Kesehatan

Inilah Rahasia Manfaat Berpelukan dengan Orang yang Anda Cintai

Pelukan merupakan kegiatan yang dapat membuat diri senang dan tenang yang membuat perasaan menjadi lebih baik. Dan, tahukah Anda ternyata pelukan terbukti membuat diri lebih sehat dan lebih bahagia. Ingin tahu apa saja manfaat dari berpelukan untuk kesehatan jiwa dan raga Anda? Berikut ulasannya yang dikutip dari Wellandgood.com (08/08/2019).

Mengurangi Stres

Memeluk seseorang di saat sedang sedih atau saat hatinya sedang terluka dapat mengurangi beban mereka bahkan dapat mengurangi stres. Sebuah penelitian yang diterbitkan Carnegie Mellon menemukan, ada hubungan antara menerima pelukan dengan sistem kekebalan tubuh Anda. Secara khusus, penelitian ini mengamati jenis penyakit dan infeksi yang membuat Anda lebih rentan terhadap stres dan peningkatan kadar kortisol. Para peneliti juga menemukan bahwa orang-orang yang mengalami pelukan lebih sering memiliki kemungkinan lebih kecil untuk sakit dan bahkan jika mereka sakit gejala mereka tidak terlalu intens.

[Baca Juga: Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Depresi]

Membuat Lebih Bahagia

Oksitosin adalah zat kimia dalam tubuh yang bisa muncul karena hormon berpelukan. Karena kadarnya meningkat ketika Anda berpelukan, menyentuh, atau duduk berdekatan dengan orang lain. Oksitosin dikaitkan dengan kebahagiaan dan lebih sedikit mengalami stres. Para ilmuwan telah menemukan bahwa hormon ini memiliki efek kuat pada wanita. Oksitosin menyebabkan penurunan tekanan darah dan hormon stres norepinefrin.

Membantu Mengurangi dari Rasa Kesepian

Di era digital, kebanyakan orang lebih dekat terhubung dengan media sosial. Media sosial membuat orang dekat semakin menjauh. Anda dapat melakukan komunikasi dengan seseorang tanpa bertemu secara fisik. Ini adalah bentuk pengisolasian diri yang tidak sehat karena dapat memicu atau memperdalam perasaan depresi. Melepaskan oksitosin dengan berpelukan, dapat membantu memerangi perasaan terisolasi Anda.

[Baca Juga: Stres Berkepanjangan Ditempat Kerja? Hati-Hati Burnout]

Mengurangi Rasa Sakit

Beberapa bentuk sentuhan mungkin mampu mengurangi rasa sakit. Dalam sebuah penelitian, orang-orang dengan kondisi fibromyalgia memiliki enam perawatan sentuhan terapi. Setiap perawatan melibatkan sentuhan ringan pada kulit. Para peserta melaporkan peningkatan kualitas hidup dan mengurangi rasa sakit. Memeluk adalah bentuk sentuhan lain yang dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Berkomunikasi dengan Nyaman

Sebagian besar komunikasi manusia terjadi secara verbal atau melalui ekspresi wajah. Tetapi sentuhan adalah cara penting lain agar orang dapat saling mengirim pesan. Dengan memeluk seseorang dapat membuat Anda nyaman dan komunikatif.

Itulah tujuh rahasia manfaat berpelukan dengan orang yang Anda cintai. Berpelukan dengan waktu yang lama juga memungkinkan lebih banyak memiliki manfaat.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.