Inilah Tahapan Penyeleksian yang Harus Dilalui Abnon Jakarta Pusat

Berita Kawasan

Inilah Tahapan Penyeleksian yang Harus Dilalui Abnon Jakarta Pusat

Pemilihan Abang dan None (Abnon) Jakarta tidak sekadar dipilih sebagai duta wisata, juga memotivasi anak-anak muda untuk melestarikan kebudayaan Jakarta. Hal ini seperti yang disampaikan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Bayu Meghantara, saat membuka acara tahap penyeleksian Abnon Jakarta Pusat Tahun 2020 yang berlangsung di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Mengutip pusat.jakarta.go.id (24/02/2020), Bayu mengatakan, Abnon Jakarta memiliki tugas sebagai Duta Budaya untuk memotivasi kalangan muda dalam melestarikan budaya lokal Jakarta yaitu budaya Betawi sebagai identitas jati diri bangsa.

Inilah Tahapan Penyeleksian yang Harus Dilalui Abnon Jakarta Pusat

Bayu mengharapkan dengan adanya pemilihan Abnon Jakarta, generasi muda dapat mengenal dan mencintai kebudayaan Betawi. Dengan begitu, mereka dapat membentengi diri dalam menghadapi pengaruh globalisasi yang tidak sesuai dengan nilai budaya bangsa.

"Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan unggulan Pemkot Jakpus yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat khususnya generasi muda agar berpastisipasi aktif menjadi mitra pemerintah dalam menyukseskan program pemerintah DKI Jakarta khususnya mempromosikan potensi pariwisata Jakarta," jelasnya.

[Baca Juga: Abnon Jakpus 2019 Siap Menuju Pemilihan Abnon Tingkat Provinsi]

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septiadi berharap Abang None yang terpilih bisa menjadi duta pariwisata dengan wawasan yang luas agar dapat berkomunikasi untuk mempromosikan pariwisata Jakarta khususnya Jakarta Pusat.

Sebanyak 231 peserta Abnon antusias mengikuti tahapan penyeleksian Abnon Jakarta Pusat yang terdiri dari dua tahap. Seleksi awal pemilihan Abnon ini berlangsung selama dua hari yang dimulai hari ini dengan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dan penilaian penampilan yang dilanjutkan dengan tahapan interview atau wawancara dari delapan orang dewan juri yang pakar di bidangnya.

[Baca Juga: Abnon Jaktim Pentaskan Sendratari Pangeran Astawana di Condet]

Selanjutnya pada tahap kedua di keesokan harinya yang menghasilkan 30 orang finalis atau 15 pasang Abang None yang akan mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari outbond, psikotest, latihan menari, blocking fashion show, cara menggunakan kostum kebesaran Abang None, teknik membawa acara/MC, serta keprotokolan, dan bakti sosial.

Kegiatan akan diakhiri dengan penentuan predikat Abang None Jakarta Pusat pada malam final yang akan berlangsung pada tanggal 3 April 2020 di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM) mendatang.


Read More

Artikel Lainnya

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.


Comments


Please Login to leave a comment.