Inilah Tahapan Penyeleksian yang Harus Dilalui Abnon Jakarta Pusat

Berita Kawasan

Inilah Tahapan Penyeleksian yang Harus Dilalui Abnon Jakarta Pusat

Pemilihan Abang dan None (Abnon) Jakarta tidak sekadar dipilih sebagai duta wisata, juga memotivasi anak-anak muda untuk melestarikan kebudayaan Jakarta. Hal ini seperti yang disampaikan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Bayu Meghantara, saat membuka acara tahap penyeleksian Abnon Jakarta Pusat Tahun 2020 yang berlangsung di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Mengutip pusat.jakarta.go.id (24/02/2020), Bayu mengatakan, Abnon Jakarta memiliki tugas sebagai Duta Budaya untuk memotivasi kalangan muda dalam melestarikan budaya lokal Jakarta yaitu budaya Betawi sebagai identitas jati diri bangsa.

Inilah Tahapan Penyeleksian yang Harus Dilalui Abnon Jakarta Pusat

Bayu mengharapkan dengan adanya pemilihan Abnon Jakarta, generasi muda dapat mengenal dan mencintai kebudayaan Betawi. Dengan begitu, mereka dapat membentengi diri dalam menghadapi pengaruh globalisasi yang tidak sesuai dengan nilai budaya bangsa.

"Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan unggulan Pemkot Jakpus yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat khususnya generasi muda agar berpastisipasi aktif menjadi mitra pemerintah dalam menyukseskan program pemerintah DKI Jakarta khususnya mempromosikan potensi pariwisata Jakarta," jelasnya.

[Baca Juga: Abnon Jakpus 2019 Siap Menuju Pemilihan Abnon Tingkat Provinsi]

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septiadi berharap Abang None yang terpilih bisa menjadi duta pariwisata dengan wawasan yang luas agar dapat berkomunikasi untuk mempromosikan pariwisata Jakarta khususnya Jakarta Pusat.

Sebanyak 231 peserta Abnon antusias mengikuti tahapan penyeleksian Abnon Jakarta Pusat yang terdiri dari dua tahap. Seleksi awal pemilihan Abnon ini berlangsung selama dua hari yang dimulai hari ini dengan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dan penilaian penampilan yang dilanjutkan dengan tahapan interview atau wawancara dari delapan orang dewan juri yang pakar di bidangnya.

[Baca Juga: Abnon Jaktim Pentaskan Sendratari Pangeran Astawana di Condet]

Selanjutnya pada tahap kedua di keesokan harinya yang menghasilkan 30 orang finalis atau 15 pasang Abang None yang akan mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari outbond, psikotest, latihan menari, blocking fashion show, cara menggunakan kostum kebesaran Abang None, teknik membawa acara/MC, serta keprotokolan, dan bakti sosial.

Kegiatan akan diakhiri dengan penentuan predikat Abang None Jakarta Pusat pada malam final yang akan berlangsung pada tanggal 3 April 2020 di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM) mendatang.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.