Inilah Tips Memilih Softlens yang Tepat

Kesehatan

Inilah Tips Memilih Softlens yang Tepat

Menggunakan softlens bisa menjadi salah satu solusi yang efektif digunakan untuk orang yang memiliki masalah penglihatan rabun jauh. Penderita rabuh jauh seringkali menggunakan softlens dari pada menggunakan kacamata untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih baik. Padahal, menggunakan kacamata risiko terjadinya kerusakan pada mata sangat minim sekali.

Inilah Tips Memilih Softlens yang Tepat

Menggunakan softlens tentu tidak boleh asal-asalan saat menggunakannya pada kornea mata, tangan harus steril lebih dulu. Kesehatan mata Anda akan terganggu apabila memilih dan memakai softlens tidak tepat. Oleh karena itu, Anda perlu tahu tips penggunaannya, seperti dilansir webmd.com (11/11/2019) berikut ulasannya.

  • Gunakan Softlens yang Lunak

Softlens yang lunak atau lembut terbuat dari jenis plastik khusus yang dicampur dengan air. Kadar air pada softlens membuat oksigen melewati lensa ke kornea mata. Softlens seperti Itu membuat lensa dipakai dengan lebih nyaman, mengurangi mata kering, dan menjaga kornea mata tetap sehat. Jika tidak mendapatkan cukup oksigen, area mata bisa membengkak, dan menyebabkan penglihatan kabur atau masalah lain yang lebih serius.

[Baca Juga: Panduan Bentuk Kacamata yang Sesuai dengan Wajah Anda]

  • Waktu Pemakaian Softlens

Banyak softlens dengan waktu penggunaannya yang berbeda-beda. Ada yang bisa dipakai dalam jangka waktu satu tahun, enam bulan. Softlens jenis ini tentu memmerlukan perawatan yang lebih intens ketika menyimpannya dalam waktu lama.

Ada juga softlens yang hanya sekali pakai sehingga Anda dapat membuangnya setelah menggunakannya. Menggunakan softlens sekali pakai lebih sedikit kemungkinan terkena infeksi, dan lebih nyaman. Itu berarti Anda tidak perlu membersihkannya secara teratur atau berisiko memiliki mata kering dan terkena iritasinya. Jika Anda memiiki sensitifitas tinggi pada mata, softlens sekali pakai akan menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

[Baca Juga: Trik Atasi Sindrom Gangguan Mata Pada Anak Kecanduan Gadget]

Banyak softlens yang memberikan perlindungan UV. Bahan softlens yang lunak atau lembut dapat menyerap partikel, bahan kimia, dan bakteri. Menyerap segala macam hal yang dapat membuat iritasi mata Anda.

Banyak dokter mata yang mengatakan untuk melepas semua jenis sofltens pada waktu tidur. Karena kornea mata akan mendapatkan lebih sedikit oksigen ketika Anda tidur sehingga risikonya lebih tinggi. Sebaiknya, sebelum menggunakan softlens yang aman untuk Anda gunakan, konsultasikanlah dengan dokter mata Anda. Dan, periksakanlah mata Anda secara rutin untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Berita Kawasan

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

10 December 2019, 16:00

Dalam rangka menata trotoar di Jalan Raya Senen, Pemkot Jakarta Pusat relokasi para pedagang pakaian bekas.

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

Berita Kawasan

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

10 December 2019, 15:00

Warga Kelurahan Kebagusan baru-baru ini dikejutkan dengan kemunculan ular yang panjangnya lebih dari satu meter. Petugas pun sigap menangkapnya.


Comments


Please Login to leave a comment.