Perbanyak Minum Air Putih

Kesehatan

Inilah Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih

Fungsi cairan yang ada dalam tubuh yaitu sebagai pencernaan, penyerapan, sirkulasi, penciptaan air liur, transportasi nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh. Melansir laman webmd.com (07/08/2019), Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board menyatakan, tubuh perempuan memerlukan 2,6 liter air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter setiap harinya. Dengan kebutuhan tersebut, Anda perlu minum air putih di waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

[Baca Juga: 6 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan]

Berikut ulasan waktu yang tepat untuk minum air putih.

1. Saat Bangun Tidur

Setelah semalam Anda tidur, saat bangun pada pagi hari tubuh akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh sebab itu, Anda harus minum air putih untuk mengisi cairan tubuh. Mulailah minum saat bangun tidur, hal ini akan membantu membuang racun di dalam tubuh. Sebaiknya Anda minum air putih dengan suhu normal.

2. Sebelum Makan

Sebaiknya Anda mulai minum air putih 30 menit sebelum makan karena dapat membantu pencernaan bekerja dengan baik. Cukup dengan minum segelas air putih. Jangan terlalu banyak minum air ketika akan makan, hal ini justru dapat merusak pencernaan karena dapat mengganggu kadar alami asam dan empedu yang diperlukan dalam perut untuk mencerna makanan.

3. Saat Lelah

Saat kondisi tubuh terasa lelah, penyebabnya adalah karena sedang kekurangan cairan atau tubuh sedang membutuhkan cairan. Cairan dalam tubuh manuia berperan penting untuk organ-organ dalam tubuh. Anda harus mencukupinya di saat lelah. Apabila kekurangan cairan, bukan hanya lelah, namun dapat menyebabkan hilang ingatan, tidak fokus, sakit kepala, dan masih banyak lagi.

4. Saat Sakit

Saat sedang sakit, tentunya fisik Anda sudah tidak kuat dan butuh asupan cairan lebih banyak. Dengan banyak minum air putih saat sakit, akan menghilangkan racun dari tubuh dan mempercepat kesembuhan Anda.

5. Setelah Olahraga

Saat berolahraga, keringat yang keluar dari tubuh Anda akan lebih banyak dikeluarkan dari biasanya. Terlebih lagi olahraga dengan jenis kardio, sebaiknya minumlah satu botol air putih. Dengan minum banyak air putih setelah berolahraga dapat meningkatkan daya otot tubuh, dan tubuhmu akan kembali bugar.

[Baca Juga: Minuman Kesehatan dari Algaseries Disarankan Bagi Atlet Muda]

Itulah lima waktu yang tepat minum air putih untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh agar kembali segar.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.