Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Ikut Kelas Barre Fitness

Kesehatan

Inilah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Ikut Kelas Barre Fitness

Pernah mendengar tentang barre fitness? Olahraga ini terinspirasi dari cara balet menerapkan gerakan yang mengutamakan postur dengan disiplin lain seperti yoga dan pilates. Dalam pengantar ini dari pendiri pusat kebugaran barre3 Sadie Lincoln yang dikutip dalam fitnessmagazine.com (2/4/2019), dijelaskan bahwa nama barre fitness diambil dari “pegangan” di sekeliling studio balet yang digunakan sebagai penyangga.

“Barre ini digunakan sebagai penyangga untuk menyeimbangkan saat melakukan latihan yang berfokus pada latihan kekuatan isometrik (mengontrol tubuh Anda tetap seimbang ketika melakukan gerakan tertentu) set otot, red.) dikombinasikan dengan gerakan berepetisi tinggi dengan rentang antargerak yang singkat," Sadie menjelaskan.

[Baca Juga: Melawan Alzheimer dengan Line Dance]

Selain barre, kelas olahraga ini juga akan menggunakan beban ringan untuk lebih meningkatkan pembakaran kalori dan matras untuk gerakan inti guna melatih otot-otot spesifik yang ditargetkan.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Ikut Kelas Barre Fitness

Barre fitness mulai populer di Amerika. Sadie membuka kelas pertamanya pada 2008. "Banyak dari kita merasa kesulitan dengan bentuk olahraga yang ada dan mendambakan kelas fitness yang lebih kecil dan lebih terhubung. Kami membutuhkan tempat yang dapat menyeimbangkan tubuh dan mempersiapkannya untuk hari-hari sibuk penuh tekanan," jelas Sadie.

[Baca Juga: Pound Fit, Dengan Stick Drum Bisa Bakar Kalori]

Sementera itu, Pendiri Physique 57 Tanya Becker berpendapat bahwa barre finess menjadi populer karena pengikutnya puas, “Para perempuan yang mengikuti kelas barre melihat hasil dengan cepat. Kelas ini seperti toko serba ada yang mencakup semua hal penting dari program latihan olahraga yang menyeluruh, plus durasinya pas untuk kita yang sibuk. Inilah latihan yang selalu dibutuhkan perempuan!"

Manfaat Barre

Membayangkan definisi barre fitness yang cocok untuk perempuan sibuk, mungkin Anda membayangkan kelas olehraga berintensitas tinggi. Ternyata barre juga bisa dilakukan oleh ibu hamil, karena tidak berintensitas tinggi. Barre bahkan juga dapat membantu ketidakseimbangan, masalah umum selama kehamilan karena perut semakin membesar, dan stabilitas.

[Baca Juga: Tubuh Terlihat Seksi dan Sehat dengan Piloxing]

Waktu singkat, tidak berintensitas tinggi, seperti sebuah kelas yang ideal bukan? Selain itu, Sadie mengatakan, manfaat utama barre adalah postur tubuh yang lebih baik, mampu membentuk otot, penurunan berat badan, peningkatan fleksibilitas, dan mengurangi stres.

Apa saja yang akan Anda lakukan dalam kelas barre? Untuk latihan bagi pemula, biasanya yang akan Anda lakukan dalam sesi latihan 60 menit yang dinamis dan menyegarkan adalah sebagai berikut:

  • Pemanasan merupakan pembuka latihan yang berfungsi menyiapkan otot agar tidak cedera dan meningkatkan detak jantung
  • Latihan otot tubuh bagian atas tanpa menggunakan beban, seperti push-up dan gerakan untuk melatih otot bisep, trisep, dada, dan punggung
  • Latihan menggunakan barre balet dengan berat tubuh Anda sendiri sebagai beban untuk resistensi untuk fokus pada otot paha dan pinggul
  • Otot core Anda kan dilatih dalam setiap sesi dan latihan pada bagian akhir akan lebih dipusakan di sana
  • Pendinginan dengan serangkaian peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas dan membuat otot Anda pulih

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Ikut Kelas Barre Fitness

Jika Anda tertarik mengikuti kelas barre fitness, pilih busana yang tidak jauh berbeda dengan yang biasa digunaka kala Yoga. Legging, bra dan tank top olahraga dari bahan spandex akan jadi pilihan yang tepat. Sedangkan untuk alas kaki, Anda tidak akan membutuhkannya. Anda bisa bertelanjang kaki atau menggunakan kaus kaki yang tidak licin seperti model grippy.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.