Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Ikut Kelas Barre Fitness

Kesehatan

Inilah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Ikut Kelas Barre Fitness

Pernah mendengar tentang barre fitness? Olahraga ini terinspirasi dari cara balet menerapkan gerakan yang mengutamakan postur dengan disiplin lain seperti yoga dan pilates. Dalam pengantar ini dari pendiri pusat kebugaran barre3 Sadie Lincoln yang dikutip dalam fitnessmagazine.com (2/4/2019), dijelaskan bahwa nama barre fitness diambil dari “pegangan” di sekeliling studio balet yang digunakan sebagai penyangga.

“Barre ini digunakan sebagai penyangga untuk menyeimbangkan saat melakukan latihan yang berfokus pada latihan kekuatan isometrik (mengontrol tubuh Anda tetap seimbang ketika melakukan gerakan tertentu) set otot, red.) dikombinasikan dengan gerakan berepetisi tinggi dengan rentang antargerak yang singkat," Sadie menjelaskan.

[Baca Juga: Melawan Alzheimer dengan Line Dance]

Selain barre, kelas olahraga ini juga akan menggunakan beban ringan untuk lebih meningkatkan pembakaran kalori dan matras untuk gerakan inti guna melatih otot-otot spesifik yang ditargetkan.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Ikut Kelas Barre Fitness

Barre fitness mulai populer di Amerika. Sadie membuka kelas pertamanya pada 2008. "Banyak dari kita merasa kesulitan dengan bentuk olahraga yang ada dan mendambakan kelas fitness yang lebih kecil dan lebih terhubung. Kami membutuhkan tempat yang dapat menyeimbangkan tubuh dan mempersiapkannya untuk hari-hari sibuk penuh tekanan," jelas Sadie.

[Baca Juga: Pound Fit, Dengan Stick Drum Bisa Bakar Kalori]

Sementera itu, Pendiri Physique 57 Tanya Becker berpendapat bahwa barre finess menjadi populer karena pengikutnya puas, “Para perempuan yang mengikuti kelas barre melihat hasil dengan cepat. Kelas ini seperti toko serba ada yang mencakup semua hal penting dari program latihan olahraga yang menyeluruh, plus durasinya pas untuk kita yang sibuk. Inilah latihan yang selalu dibutuhkan perempuan!"

Manfaat Barre

Membayangkan definisi barre fitness yang cocok untuk perempuan sibuk, mungkin Anda membayangkan kelas olehraga berintensitas tinggi. Ternyata barre juga bisa dilakukan oleh ibu hamil, karena tidak berintensitas tinggi. Barre bahkan juga dapat membantu ketidakseimbangan, masalah umum selama kehamilan karena perut semakin membesar, dan stabilitas.

[Baca Juga: Tubuh Terlihat Seksi dan Sehat dengan Piloxing]

Waktu singkat, tidak berintensitas tinggi, seperti sebuah kelas yang ideal bukan? Selain itu, Sadie mengatakan, manfaat utama barre adalah postur tubuh yang lebih baik, mampu membentuk otot, penurunan berat badan, peningkatan fleksibilitas, dan mengurangi stres.

Apa saja yang akan Anda lakukan dalam kelas barre? Untuk latihan bagi pemula, biasanya yang akan Anda lakukan dalam sesi latihan 60 menit yang dinamis dan menyegarkan adalah sebagai berikut:

  • Pemanasan merupakan pembuka latihan yang berfungsi menyiapkan otot agar tidak cedera dan meningkatkan detak jantung
  • Latihan otot tubuh bagian atas tanpa menggunakan beban, seperti push-up dan gerakan untuk melatih otot bisep, trisep, dada, dan punggung
  • Latihan menggunakan barre balet dengan berat tubuh Anda sendiri sebagai beban untuk resistensi untuk fokus pada otot paha dan pinggul
  • Otot core Anda kan dilatih dalam setiap sesi dan latihan pada bagian akhir akan lebih dipusakan di sana
  • Pendinginan dengan serangkaian peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas dan membuat otot Anda pulih

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Ikut Kelas Barre Fitness

Jika Anda tertarik mengikuti kelas barre fitness, pilih busana yang tidak jauh berbeda dengan yang biasa digunaka kala Yoga. Legging, bra dan tank top olahraga dari bahan spandex akan jadi pilihan yang tepat. Sedangkan untuk alas kaki, Anda tidak akan membutuhkannya. Anda bisa bertelanjang kaki atau menggunakan kaus kaki yang tidak licin seperti model grippy.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.