Inilah yang Sebenarnya Terjadi Saat Anda Berhenti Mengenakan Bra

Kesehatan

Inilah yang Sebenarnya Terjadi Saat Anda Berhenti Mengenakan Bra

Bagi penduduk Jabodetabek, dengan berlakunya kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta, bekerja di tempat tidur dan jadwal Zoom yang berderet pun kembali mengisi hari. Piyama, daster, celana pendek pun jadi busana kerja favorit. Bra juga tidak lagi wajib dikenakan.

Namun, meskipun melepaskan bra mungkin menawarkan kenyamanan sementara, Anda mungkin belum memikirkan tentang efek jangka panjang dari tidak memakai bra. Jadi, apa masalahnya? Apa yang sebenarnya terjadi pada payudara Anda ketika Anda berhenti memakai bra?

Inilah yang Sebenarnya Terjadi Saat Anda Berhenti Mengenakan Bra

Ternyata, ini sedikit rumit, menurut beberapa pakar. Pada akhirnya, apakah ingin memakai bra atau tidak sepenuhnya terserah Anda. Namun, mengetahui semua potensi risiko dan konsekuensi dapat membantu Anda membuat keputusan terbaik.

Apa yang Perlu Diketahui Sebelum Menanggalkan Bra?

Sejak 1889, bra telah dianggap sebagai cara terbaik untuk menopang aset Anda. Menurut Waqas Ahmad, MD, seorang dokter pengobatan keluarga dan ketua dewan penasehat medis di Insurecast, AS, melepaskan bra bisa mengakibatkan berkurangnya dukungan.

“Ada ligamen yang disebut ligamen Cooper yang berlabuh di sekitar jaringan payudara. Ini menyebabkan lebih banyak gerakan dan memantul. Menurut saya, payudara akan kendor jika bra tidak dipakai dalam waktu lama,” kata Dr. Ahmad seperti diberitakan realsipmle.com (15/9/2020).

[Baca Juga: Cara Memilih Bra yang Pas Semudah Memilih Kekasih]

Sementara Dr. Ahmad melihat manfaat memakai bra, dia mengatakan Anda tidak boleh mengenakan bra sepanjang hari, setiap hari. “Memakai bra sepanjang waktu juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Ini akan menyebabkan peningkatan keringat, yang akan menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan iritasi dan gatal,” ujarnya.

Apakah itu berarti saat ini juga Anda harus lari ke lemari dan mengenakan bra? Tidak secepat itu. Sebuah studi selama 15 tahun pada 2013 menyimpulkan, melepaskan bra sebenarnya malah dapat mengurangi kendur. Menurut penelitian, dukungan dari bra dapat melemahkan jaringan di sekitar payudara, menyebabkannya terkulai.

Cara Memilih Bra yang Pas Semudah Memilih Kekasih

“Apa yang terjadi saat Anda melepaskan bra adalah payudara Anda secara visual terlihat kendur karena tanpa penyangga yang mereka gunakan sebelumnya,” kata Lina Velikova, MD, PhD, penasihat medis di Supplements101, masih dari sumber yang sama.

“Namun, begitu Anda mulai menggunakan otot-otot itu, dada akan membaik dan mengambil alih dukungan jaringan lembut Anda yang membentuk payudara Anda. Jika Anda ingin membantu prosesnya, Anda dapat melakukan latihan payudara yang ditargetkan untuk mengembangkan otot dan memperkuat ligamen lebih cepat," Velikova menjelaskan.

Payudara akan melorot karena gravitasi dan usia — dua faktor di luar kendali Anda. Namun, jika Anda ingin payudara Anda tetap bulat dan kencang untuk saat ini, sebaiknya Anda menyimpan bra di dalam laci.

Meningkatkan Sirkulasi

Keuntungan lain dari melepas bra? Kebiasan ini dapat meningkatkan sirkulasi tubuh Anda. Menurut studi selama 15 tahun, ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa memakai bra dalam waktu lama dapat memutus sirkulasi di bagian tengah dan tulang rusuk Anda.

Ini sangat masuk akal: Siapa pun yang telah mengenakan bra mengetahui sensasi menenangkan yang tak dapat dijelaskan yang datang setiap kali Anda melepasnya, yang terjadi karena mengenakan bra ketat untuk waktu yang lama dapat membatasi sirkulasi Anda.

[Baca Juga: Kenali 5 Ciri Bra Anda Harus Diganti]

Tentu saja, bra bisa berdampak lebih dari pada payudara Anda. Menurut Well + Good, tidak memiliki penyangga bra dapat membuat punggung Anda tegang dan merusak postur, bahkan saat Anda melakukan olahraga ringan. Baik saat Anda pergi jalan-jalan atau berolahraga, Anda mungkin perlu mengenakan bra.

Jika tidak mungkin mengenakan bra formal dengan kawat, Anda masih bisa menemukan kenyamanan dengan bra atau bralette olahraga.

Jadi, apa yang terjadi jika Anda tidak mengenakan bra? Ternyata, konsekuensinya tidak seburuk yang Anda duga. Anda tidak perlu takut bahwa payudara Anda akan kendur dan menua 30 tahun dalam semalam. Jika Anda tidak ingin memakai bra, Anda dan payudara Anda akan baik-baik saja. Apa pun preferensi Anda dalam memakai bra, penting untuk tetap nyaman.

Read More

Artikel Lainnya

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.


Comments


Please Login to leave a comment.