Pengurus RW Jakarta Utara Gelar Pembatasan Mobilitas Masyarakat

Berita Kawasan

Inisiatif Karantina Wilayah, Pengurus RT/RW se-Jakarta Utara Diapresiasi

Baru-baru ini Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara menyampaikan apresiasinya terhadap para pengurus Rukun Warga (RW) serta elemen Rukun Tetangga (RT) di dalamnya. Pasalnya, sudah banyak banyak RW di kawasan utara Ibu Kota ini yang melakukan inisiatif untuk melakukan pembatasan mobilitas para warganya. Keputusan ini disebut diambil untuk menekan penyebaran Virus Corona penyebab penyakit COVID-19 yang saat ini terus membayangi Indonesia, khususnya Jakarta.

Pengurus RW Jakarta Utara Gelar Pembatasan Mobilitas Masyarakat

Inisiatif ini disebut merupakan hasil mufakat para warga dan pihak Pemkot Jakarta Utara sangat mendukung hal tersebut. Menurut Wakil Wali Kota Jakarta Utara sekaligus Ketua Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, hal ini merupakan bentuk dukungan terhadap pihaknya dalam usaha mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pengurus RT/RW se-Jakarta Utara, karena sudah berinisiatif dan berdedikasi mengajak warga bersama-sama mewaspadai penularan COVID-19. Penutupan sebagian akses mobilitas di gang dan jalan tentunya bagus untuk mencegah penyebaran virus dari tingkat terkecil, RT/RW,” ujar orang nomor dua di Kota Jakarta Utara itu, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (1/4/2020).

[Baca Juga: Pemkot Bogor Terapkan Karantina Wilayah Parsial]

Langkah pembatasan mobilitas ini sangat penting mengingat sudah banyak wilayah di Jakarta Utara yang memang terdapat titik-titik penyebaran COVID-19. Berdasarkan penjelasan Ali, dari 429 RW di Jakarta Utara, ada sekitar 29 RW yang dipandang sebagai zona merah dengan pihaknya yang terus menjaga ratusan RW lainnya tetap tak terinfeksi Virus Corona.

Salah satu RW yang menerapkan kebijakan ini adalah RW 10 di Kelurahan Sunter Jaya. Bahkan di lingkungan ini berdasarkan keterangan Ketua RW 10 Alexender Frans juga dicanangkan pembentukan Satuan Tugas COVID-19 dengan tugas utamanya adalah guna menjaga terhadap kemungkinan terjadinya penyebaran Virus Corona.

[Baca Juga: Cegah COVID-19, Sejumlah Kelurahan Jakarta Timur Terapkan Karantina Wilayah]

“Banyak hal yang menjadi tugas kami di sini. Mulai dari melakukan sosialisasi, pembinaan, pengawasan, dan evaluasi atas setiap aktivitas yang dilaksanakan warga,” ujar Ketua RW 10 itu.

Namun ia menegaskan, pihaknya tidak bekerja sendiri dengan mereka menggandeng banyak pihak di dalam lingkup Pemkot Jakarta Utara. “Kita mengkoordinir semua perangkat kerja mula di tingkat RT, RW, dan bersinergi dengan instansi Pemerintah khususnya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, Kepolisian, dan TNI terkait guna mendapat dukungan dalam pelaksanaan melindungi masyarakat Sunter Jaya,” imbuhnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.