Radio Konata Inovasi Pemkot Surakarta di Dunia Pendidikan Disaat Pandemi Corona

Pendidikan

Inovasi Pemkot Surakarta di Dunia Pendidikan Kala Pandemi Lewat Radio

Pandemi COVID-19 membuat berbagai aktivitas menjadi terbatas. Termasuk aktivitas belajar-mengajar di sekolah. Seiring dengan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di berbagai wilayah, aktivitas di lembaga-lembaga pendidikan masih belum dilonggarkan. Secara terpusat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun masih memberlakukan pembelajaran jarak jauh atau PJJ untuk daerah-daerah yang dilanda pandemi ini.

Radio Konata Inovasi Pemkot Surakarta di Dunia Pendidikan Disaat Pandemi Corona

Hal yang sama dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta dalam menerapkan kebijakan di bidang pendidikan. Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo menempatkan keamanan murid-murid saat menempuh pendidikan sebagai sorotan utama. Meskipun Pemkot Surakarta secara berhati-hati mulai menciptakan dan melaksanakan kebijakan dengan menyesuaikan tatanan norma baru ditengah pandemi COVID-19, sistem PJJ masih diterapkan.

[Baca Juga: BI Surakarta Prediksi Terjadi Perlambatan Ekonomi di Soloraya]

Demi meningkatkan kualitas PJJ, Wali Kota Surakarta pada 23 Juni lalu memimpin langsung pengarahan program belajar daring lewat Radio Konanta 100.6 FM di SMP Negeri 8 Surakarta. Program yang dirancang khusus ini, mempunyai tujuan selain agar pemenuhan pendidikan anak didik terpenuhi, juga bermaksud untuk memastikan implementasi satuan pendidikan aman dari terpaparnya Virus Corona. Intinya, faktor keselamatan siswa menjadi pertimbangan utama.

Menurut Wali Kota, pembelajaran melalui radio ini adalah jurus jitu mendidik anak menjadi sukses. Salah satunya mendidik anak agar mau dan mampu menjadi pendengar yang baik. “Ngopo kok radio sik, kita mau mendidik anak untuk menjadi pendengar yang baik dulu, baru belajar melihat lalu berbuat,” ujar Hadi seperti dilansir dari surakarta.go.id (25/6/2020).

[Baca Juga: Rencana Penerapan PSBB Di Surakarta Terkendala Anggaran]

Hadi menambahkan, kunci sukses menjadi pemimpin ada tiga yaitu mau mendengar, melihat baru berbuat. Dia juga mengajak seluruh pengajar untuk memanfaatkan kehidupan dengan norma yang baru agar terus berinovasi terutama didalam pendidikan.

Sebagai radio pendidikan dan radionya Anak Surakarta, Radio Konata akan disiarkan via FM di 100.6 atau juga bisa diunduh dari aplikasi Solo Destination, kemudian memilih menu Radio Anak di aplikasi tersebut. Telepon interaktif bebas pulsa juga disediakan di 0800-1-503696.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.