Radio Konata Inovasi Pemkot Surakarta di Dunia Pendidikan Disaat Pandemi Corona

Pendidikan

Inovasi Pemkot Surakarta di Dunia Pendidikan Kala Pandemi Lewat Radio

Pandemi COVID-19 membuat berbagai aktivitas menjadi terbatas. Termasuk aktivitas belajar-mengajar di sekolah. Seiring dengan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di berbagai wilayah, aktivitas di lembaga-lembaga pendidikan masih belum dilonggarkan. Secara terpusat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun masih memberlakukan pembelajaran jarak jauh atau PJJ untuk daerah-daerah yang dilanda pandemi ini.

Radio Konata Inovasi Pemkot Surakarta di Dunia Pendidikan Disaat Pandemi Corona

Hal yang sama dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta dalam menerapkan kebijakan di bidang pendidikan. Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo menempatkan keamanan murid-murid saat menempuh pendidikan sebagai sorotan utama. Meskipun Pemkot Surakarta secara berhati-hati mulai menciptakan dan melaksanakan kebijakan dengan menyesuaikan tatanan norma baru ditengah pandemi COVID-19, sistem PJJ masih diterapkan.

[Baca Juga: BI Surakarta Prediksi Terjadi Perlambatan Ekonomi di Soloraya]

Demi meningkatkan kualitas PJJ, Wali Kota Surakarta pada 23 Juni lalu memimpin langsung pengarahan program belajar daring lewat Radio Konanta 100.6 FM di SMP Negeri 8 Surakarta. Program yang dirancang khusus ini, mempunyai tujuan selain agar pemenuhan pendidikan anak didik terpenuhi, juga bermaksud untuk memastikan implementasi satuan pendidikan aman dari terpaparnya Virus Corona. Intinya, faktor keselamatan siswa menjadi pertimbangan utama.

Menurut Wali Kota, pembelajaran melalui radio ini adalah jurus jitu mendidik anak menjadi sukses. Salah satunya mendidik anak agar mau dan mampu menjadi pendengar yang baik. “Ngopo kok radio sik, kita mau mendidik anak untuk menjadi pendengar yang baik dulu, baru belajar melihat lalu berbuat,” ujar Hadi seperti dilansir dari surakarta.go.id (25/6/2020).

[Baca Juga: Rencana Penerapan PSBB Di Surakarta Terkendala Anggaran]

Hadi menambahkan, kunci sukses menjadi pemimpin ada tiga yaitu mau mendengar, melihat baru berbuat. Dia juga mengajak seluruh pengajar untuk memanfaatkan kehidupan dengan norma yang baru agar terus berinovasi terutama didalam pendidikan.

Sebagai radio pendidikan dan radionya Anak Surakarta, Radio Konata akan disiarkan via FM di 100.6 atau juga bisa diunduh dari aplikasi Solo Destination, kemudian memilih menu Radio Anak di aplikasi tersebut. Telepon interaktif bebas pulsa juga disediakan di 0800-1-503696.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.