cats.jpg

Properti dan Solusi

Inovasi Piring Pelepah Pinang yang Ramah Lingkungan

Berbagai ide inovatif pun muncul untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dari warga Desa Sinar Wajo dan Desa Sungai Beras di Jambi yang memberikan inovasi piring dari pelepah pinang. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengapresiasi inovasi tersebut. Menurutnya, inovasi tersebut telah menciptakan lapangan kerja baru yang mengedepankan aspek lingkungan.

Sandiaga Uno pun berharap agar piring pelepah pinang ini dapat semakin dikenal publik sehingga meningkatkan permintaan dan produksinya bisa terindustrialisasi serta harga jual yang lebih rendah.

Masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Usaha Perhutanan Indonesia (KUPS) Lojo’ Kleppaa dan Kodopi Mitra Madani menopang kehidupan sehari-hari dengan menjual pinang. Berdasarkan rilis 5 Fakta Piring Penyelamat Lingkungan yang Memukau Para Pesohor, disebutkan bahwa sejak masa pandemi, penghasilan terus menurun hingga pada akhir 2020, masyarakat mulai mengembangkan piring pelepah pinang, ide tersebut pun dibawa dari luar desa. Berikut lima fakta terkait piring pelepah pinang:

  • Solusi Limbah Pelepah

Menjadikan pinang sebagai sumber pendapatan membuat sampah dari pelepah pinang menjadi banyak. Saat musim kering, sampah tersebut jadi mudah terbakar.

Untuk membuatnya, pelepah pinang yang sudah jatuh sekitar 1-2 hari diambil kemudian dicuci dan dijemur selama 2-4 jam. Setelah itu, pelepah yang kering dicetak dengan menggunakan mesin, tidak butuh waktu lama, hanya sekitar 1 menit piring sudah dapat digunakan.

Dalam proses pembuatan piring tersebut tidak menggunakan bahan kimia. Piring yang dihasilkan lebih kokoh dari piring kertas karena pelepah pinang tebal dan berlapis lilin. Piring ini dapat terurai di alam tanpa merusak lingkungan.

  • Bisa Dipakai Ulang

Piring ini dapat digunakan berulang hingga delapan kali. Proses pencucian piring dapat dengan dibasuh menggunakan air tanpa direndam dan tidak perlu digosok terlalu keras dengan sabun. Piring pelepah pinang juga dapat digunakan untuk menyajikan makanan berkuah yang panas dan piring ini juga tidak mudah sobek.

  • Harga Terjangkau

Harga satu buah piring pelepah pinang berkisar antara 5 ribu rupiah sampai 6 ribu rupiah. Sejak November 2020 - April 2021 piring pelepah pinang sudan terjual sekitar 400 buah.

  • Corak Cantik

Piring ini tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk dan untuk warna terbagi menjadi tiga grade yaitu A, B, C. Grade A adalah piring polos, grade B merupakan piring setengah bermotif. Grade C yaitu piring dengan banyak motif. Corak yang disukai konsumen adalah piring dengan motif serat kayu alami.

  • Solusi Ekonomi dan Lingkungan

Inovasi ini telah meningkatkan pendapatan masyarakat, terlebih lagi di masa pandemi saat ini. Piring ini pun sudah diberi merek sesuai dengan KUPS mereka masing-masing. Piring pelepah pinang ini telah membantu mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan menyelamatkan ekosistem lahan gambut.


Read More

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.