KELAPA-GADING_BISNIS_INSPIRASI-BISNIS,-MENGUBAH-HOBI-MENIKMATI-KOPI-JADI-USAHA_EMIL-1100-X-600-px -revisi.jpg

Bisnis

Inspirasi Bisnis, Mengubah Hobi Menikmati Kopi Jadi Usaha

Menikmati secangkir kopi di kafe saat ini selain menjadi bagian dari gaya hidup kaum milienial, juga menjadi hobi generasi muda saat ini. Karena kopi selain untuk menambah semangat menjalani hari, minuman ini juga dinikmati untuk bersantai bersama teman atau orang yang dikasihi. Karena itu tidak heran di area seperti Kelapa Gading Jakarta, khususnya di sekitaran Mall Kelapa Gading atau MKG tersebar banyak coffee shop.

Namun di era yang semakin berkembang seperti saat ini, Anda dapat mengubah hobi menjadi usaha demi mendulang pundi-pundi rupiah. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki hobi untuk menikmati kopi. Karena itulah di artikel ini akan memberikan langkah-langkah inspirasi untuk membangun usaha coffee shop.

  • Pemilihan Lokasi

Bila Anda ingin memulai bisnis coffee shop, hal utama yang Anda perlu tentukan adalah pemilihan lokasi. Usahakan untuk mendirikannya di kawasan komersial seperti di Kelapa Gading Jakarta mengingat coffee shop kerap dipilih untuk mengadakan pertemuan bisnis secara informal sampai menjadi tempat untuk para pekerja lepas atau freelancer bekerja.

Area sekitar Mall Kelapa Gading atau MKG dapat menjadi pilihan utama karena di sana terdapat sejumlah ruko yang bisa Anda sewa. Jangan lupa untuk membandingkan harga sewa setiap ruko untuk mencari harga yang terbaik untuk Anda. Selain itu Anda juga harus mempertimbangkan lahan parkir agar para konsumen atau calon konsumen Anda tidak kesulitan untuk menempatkan kendaraan mereka saat ingin menikmati sajian di coffee shop Anda.

  • Pemilihan Biji Kopi

Hal ini juga terbilang penting karena pemilihan biji kopi terbaik dapat menjadi faktor daya tarik konsumen untuk datang ke coffee shop Anda. Berikut ini beberapa biji kopi terbaik yang diklaim terbaik di dunia dan dapat disajikan di coffee shop Anda, sebagaimana dilansir dari espressocoffeeguide.com: kopi Guatemalan Antigua, kopi Ethiopian Yirgacheffe, kopi Moka Java, kopi Toraja, kopi Mandailing Sumatera, kopi Tanzania Peaberry.

  • Mesin Kopi dan Barista

Dua hal ini merupakan komponen penting di dalam coffee shop Anda. Untuk mesin, Anda bisa memilih tipe komersial yang memiliki ukuran besar dan biasanya terlihat kokoh yang dilengkapi dengan grinder atau penggiling biji kopi, boiler, pengukur tekanan serta suhu, portafilter dan lain-lain. Karena penggunaannya cukup rumit, maka Anda perlu mempekerjakan barista profesional yang sudah berpengalaman dalam mengoperasikan mesin tersebut.

  • Desain dan Atmosfer

Bila Anda penikmat kopi maka Anda pasti sadar mengenai desain serta atmosfer dari coffee shop yakni harus bersifat ‘trendi’ dan memiliki atmosfer yang membuat nyaman. Mengingat konsumen cenderung akan menghabiskan waktu lama di coffee shop Anda maka buat mereka senyaman mungkin, bisa dengan mengusahakan memanfaatkan cahaya alami serta posisi tempat duduk yang nyaman.

Anda bisa juga menempatkan permainan-permainan board games agar membuat konsumen Anda bisa berlama-lama sembari mereka menikmati waktu bersama teman atau orang yang dikasihi. Apalagi dengan kondisi seperti di Kelapa Gading Jakarta atau sekitar MKG yang memiliki suhu cenderung panas, usahakan pendingin udara di coffee shop Anda diatur di suhu 21-22 derajat celsius agar membuat para konsumen Anda nyaman.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Rorotan

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Rorotan

28 September 2020, 11:09

Sekarang baru mencapai empat persen. Lagi proses fill atau pengurukkan dan pembuatan akses jalan masuk menuju lahan pemakaman.

Longsor di Hulu Sungai Gunung Salak Timbulkan Kabar Gunung Salak Terbelah

Berita Kawasan

Longsor di Hulu Sungai Timbulkan Kabar Gunung Salak Terbelah

28 September 2020, 10:07

Longsor terjadi akibat sejak Senin, 21 September 2020 terjadi hujan sangat lebat diikuti dengan angin kencang. Sehingga, dapat dipastikan hal itu disebabkan oleh faktor cuaca yang cukup ekstrem.

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.


Comments


Please Login to leave a comment.