Inspirasi Cara Bakar Jagung di Malam Tahun Baru

Kuliner

Inspirasi Cara Bakar Jagung di Malam Tahun Baru

Malam pergantian tahun identik dengan berkumpul bersama keluarga, teman, dan orang yang dikasihi. Di mana Anda menikmati perhitungan tahun baru sembari melihat kembang api dan tentu saja membuat olahan makanan yang dibakar. Di antara semua menu masakan yang dibakar di atas arang, jagung bakar menjadi makanan favorit karena dipandang sederhana dan cocok dinikmati sembari mengobrol.

Nah jika Anda merencanakan untuk membuat jagung bakar di malam Tahun Baru 2020, maka terdapat beberapa bahan yang perlu disiapkan. Pertama adalah arang dan untuk memudahkan proses pembakarannya, ada baiknya dijemur terlebih dahulu sehingga arangnya kering. Kedua adalah bumbu untuk olesannya dengan yang termudah adalah madu, mentega, air, dan garam yang diaduk untuk membuat sensasi manis-gurih. Terakhir, tentu saja jagungnya itu sendiri.

[Baca Juga: Ini 7 Makanan Olahan Jagung yang Enak dan Nikmat]

Untuk proses membakarnya sendiri terdapat tiga cara yang bisa Anda gunakan, berikut ini metodenya yang dilansir dari berbagai sumber.

Inspirasi Cara Bakar Jagung di Malam Tahun Baru

1) Dibakar dengan Kulitnya

Membakar jagung dengan kulitnya dipandang sebagai metode yang paling mudah dan Anda tidak perlu report membersihkannya terlebih dahulu. Apalagi jagung dengan kulitnya, biasanya memiliki batang di bagian atasnya sehingga mempermudah untuk proses pembakarannya.

Cara mengolahnya pun, Anda tinggal meletakkan jagung dengan kulitnya itu di atas arang yang sudah menyala. Kemudian sesekali diputar untuk membuat kematangannya merata selama 15 menit. Hasil jagung bakar yang diinginkan adalah kulitnya yang berwarna hitam pekat, tapi ketika dikupas, bagian dalam jagungnya terlihat matang dan lembab. Saat masih panas, Anda oleskan bumbunya dan tunggu beberapa saat maka jagung Anda siap dinikmati.

2) Dibakar dengan Alumunium Foil

Nah untuk metode yang ini, pada dasarnya hampir serupa dengan membuat jagung bakar di atas yang di mana sangat cocok untuk Anda yang tak menyukai mengonsumsi jagung bakar yang terlihat gosong. Namun perbedaan utamanya adalah jagungnya dikupas terlebih dahulu dan dibersihkan dari serat-serat di dalamnya.

Lalu persiapkan alumunium foil dan mulai mengolesi jagung dengan bumbu yang telah dipersipakan sebelumnya. Jika sudah, langsung bungkus jagung berbumbu itu dengan alumunium foil dan bakar di atas bara arang yang menyala. Putar sesekali selama 15 menit dan angkat. Karena menggunakan alumunium foil, tingkat panas dari jagung bakar lebih terjaga jadi tetap nikmat untuk dimakan walau sempat didiamkan terlebih dahulu.

3) Dibakar Langsung

Ini merupakan cara yang paling lumrah dilakukan di kala membuat jagung bakar di malam tahun baru. Langkahnya pun serupa dengan dibakar menggunakan alumunium foil, Anda perlu membersihkan jagungnya terlebih dahulu dengan mengupas kulitnya dan membuang seratnya.

Setelah bersih, Anda bisa langsung mengolesi jagungnya dengan bumbu yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Lalu tinggal bakar di atas bara api yang menyala dan jangan lupa memutarnya sesekali dengan membakarnya selama 10 menit. Di antara metode yang lain, cara ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai jagung bakar dengan yang terbakar sepenuhnya. Tapi sayangnya cara ini biasanya membuat jagung bakarnya kurang juicy dibandingkan dua metode sebelumnya.

[Baca Juga: Kena Asam Urat? Segera Konsumsi Jagung]

Itulah tiga inspirasi cara mengolah jagung bakar di malam tahun baru yang biasa Anda coba terapkan nanti. Untuk bumbunya sendiri selain manis-gurih seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa mencoba yang rasa pedas-gurih bila Anda menyukai sensasi pedas. Bumbunya pun sederhana yaitu, saus sambal, margarin, dan kaldu ayam bubuk dengan takaran sesuai selera Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 4 months lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88,net guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatain dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88,net ajaaa bukan yang lain..