Inspirasi Makan Siang, Ini Resep Salad Mentimun Sehat Nan Nikmat

Kuliner

Inspirasi Makan Siang, Ini Resep Salad Mentimun Sehat Nan Nikmat

Dengan semakin besarnya kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat, banyak pekerja kantoran yang memilih untuk membawa bekal sendiri di rumah atau memesan dari restoran yang mengkhususkan menu-menu menyehatkan.

Namun tak bisa dipungkiri bahwa restoran yang menjual menu sehat terkadang membanderol makanannya dengan harga yang cukup berat di kantung jika dikonsumsi secara rutin. Oleh karena itulah di artikel ini, Anda akan diberikan inspirasi resep yang bisa dicoba dibuat untuk dijadikan bekal makan sehat.

[Baca Juga: Ini Resep Salad Buah Naga yang Wajib Dicoba di Rumah]

Untuk inspirasi menu sehat kali ini, resep salad yang dipilih menggunakan mentimun. Pasalnya, buah ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan Anda. Dari mulai kandungan nutrisinya yang tinggi tapi dengan kalori rendah, mengandung antioksidan, hingga membantu menurunkan kadar gula darah.

Resep salad mentimun ini disebut terbilang populer di Amerika Serikat dan Jerman yang menyebut menu ini dengan sebutan Gurkensalat. Kepopuleran dari salad mentimun ini dipicu dengan pembuatannya yang sederhana tapi memiliki rasa yang segar. Mau mencobanya? Sebagaimana dilansir dari thestayathomechef.com (7/2/2020), berikut ini salad mentimun sehat yang bisa dinikmati untuk bekal makan siang.

Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami Mentimun

Bahan yang Dibutuhkan

  • Dua mentimun besar yang diiris tipis (agar hasilnya memuaskan, direkomendasikan menggunakan alat pemotong sayur atau mandoline slicer)
  • Satu sendok the garam
  • Satu bawang merah besar yang diiris tipis (agar hasilnya memuaskan, direkomendasikan menggunakan alat pemotong sayur atau mandoline slicer)
  • Satu cangkir cuka putih/distilled white vinegar
  • Setengah cangkir air
  • Setengah gelas gula pasir
  • Dua sendok makan adas sowa/dill segar yang dicincang. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan adas sowa kering yang dijual di supermarket sebanyak tiga sendok teh.

Inspirasi Makan Siang, Ini Resep Salad Mentimun Sehat Nan Nikmat

Cara Membuatnya

  • Masukkan timun yang yang sudah diiris ke mangkok besar dan bumbui dengan garam. Kemudian diamkan selama satu jam hingga cairannya keluar. Keringkan mangkuk tersebut dan masukkan bawang merah yang sudah diiris.
  • Panaskan panci atau saucepan kecil di api besar, kemudian tuangkan cuka putih serta air dan gula besar ke dalamnya. Biarkan selama tiga hingga empat menit sampai semuanya bercampur dan cairannya menjadi jernih.
  • Tuangkan cairan tersebut ke atas mangkuk berisi mentimun dan bawang merah. Masukkan adas sowa dan aduk hingga merata.

[Baca Juga: Resep Smoothie Sehat untuk Anda yang Terburu-buru]

Setelah dicampurkan semuanya, Anda tutup bagian atas mangkuk berisi salad tersebut dan masukkannya ke kulkas. Direkomendasikan untuk menyimpannya minimal satu jam di dalam kulkas. Setelah sudah dingin, Anda bisa langsung mengonsumsinya atau membungkusnya dan menjadi bekal makan siang di kantor.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.