Inspirasi Makan Siang, Ini Resep Salad Mentimun Sehat Nan Nikmat

Kuliner

Inspirasi Makan Siang, Ini Resep Salad Mentimun Sehat Nan Nikmat

Dengan semakin besarnya kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat, banyak pekerja kantoran yang memilih untuk membawa bekal sendiri di rumah atau memesan dari restoran yang mengkhususkan menu-menu menyehatkan.

Namun tak bisa dipungkiri bahwa restoran yang menjual menu sehat terkadang membanderol makanannya dengan harga yang cukup berat di kantung jika dikonsumsi secara rutin. Oleh karena itulah di artikel ini, Anda akan diberikan inspirasi resep yang bisa dicoba dibuat untuk dijadikan bekal makan sehat.

[Baca Juga: Ini Resep Salad Buah Naga yang Wajib Dicoba di Rumah]

Untuk inspirasi menu sehat kali ini, resep salad yang dipilih menggunakan mentimun. Pasalnya, buah ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan Anda. Dari mulai kandungan nutrisinya yang tinggi tapi dengan kalori rendah, mengandung antioksidan, hingga membantu menurunkan kadar gula darah.

Resep salad mentimun ini disebut terbilang populer di Amerika Serikat dan Jerman yang menyebut menu ini dengan sebutan Gurkensalat. Kepopuleran dari salad mentimun ini dipicu dengan pembuatannya yang sederhana tapi memiliki rasa yang segar. Mau mencobanya? Sebagaimana dilansir dari thestayathomechef.com (7/2/2020), berikut ini salad mentimun sehat yang bisa dinikmati untuk bekal makan siang.

Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami Mentimun

Bahan yang Dibutuhkan

  • Dua mentimun besar yang diiris tipis (agar hasilnya memuaskan, direkomendasikan menggunakan alat pemotong sayur atau mandoline slicer)
  • Satu sendok the garam
  • Satu bawang merah besar yang diiris tipis (agar hasilnya memuaskan, direkomendasikan menggunakan alat pemotong sayur atau mandoline slicer)
  • Satu cangkir cuka putih/distilled white vinegar
  • Setengah cangkir air
  • Setengah gelas gula pasir
  • Dua sendok makan adas sowa/dill segar yang dicincang. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan adas sowa kering yang dijual di supermarket sebanyak tiga sendok teh.

Inspirasi Makan Siang, Ini Resep Salad Mentimun Sehat Nan Nikmat

Cara Membuatnya

  • Masukkan timun yang yang sudah diiris ke mangkok besar dan bumbui dengan garam. Kemudian diamkan selama satu jam hingga cairannya keluar. Keringkan mangkuk tersebut dan masukkan bawang merah yang sudah diiris.
  • Panaskan panci atau saucepan kecil di api besar, kemudian tuangkan cuka putih serta air dan gula besar ke dalamnya. Biarkan selama tiga hingga empat menit sampai semuanya bercampur dan cairannya menjadi jernih.
  • Tuangkan cairan tersebut ke atas mangkuk berisi mentimun dan bawang merah. Masukkan adas sowa dan aduk hingga merata.

[Baca Juga: Resep Smoothie Sehat untuk Anda yang Terburu-buru]

Setelah dicampurkan semuanya, Anda tutup bagian atas mangkuk berisi salad tersebut dan masukkannya ke kulkas. Direkomendasikan untuk menyimpannya minimal satu jam di dalam kulkas. Setelah sudah dingin, Anda bisa langsung mengonsumsinya atau membungkusnya dan menjadi bekal makan siang di kantor.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.