Inspirasi Menu Idul Fitri, Ini Resep Nasi Biryani

Kuliner

Inspirasi Menu Idulfitri, Ini Resep Nasi Biryani

Kupat, rendang, dan opor bisa dikatakan menjadi elemen penting dalam tradisi hidangan saat merayakan Idulfitri. Namun dalam kondisi #DiRumahAja seperti ini, mungkin Anda merasa ingin merasakan sajian baru di hari raya kali ini dan masakan satu ini tampaknya cocok untuk Anda. Menu satu ini kaya akan rempah-rempah dengan aroma yang nikmat serta memiliki rasa yang gurih dan percaya atau tidak, sajian ini ternyata terkenal di kalangan Muslim di Inggris saat merayakan Idulfitri. Menu yang dibahas di sini adalah nasi biryani.

Sesuai namanya, nasi biryani berasal masyarakat Muslim yang tinggal di wilayah anak benua India. Di mana menu ini pun dibawa masyarakat keturunan dari wilayah tersebut ke berbagai negara, termasuk Indonesia dan Malaysia. Oleh karena itulah nama nasi biryani pun melekat ke menu ini di wilayah Melayu.

Inspirasi Menu Idul Fitri, Ini Resep Nasi Biryani

Walau sudah terkenal di berbagai negara Melayu, tapi yang paling menarik adalah justru di Inggris menu ini dijadikan santapan wajib kala hari raya Idulfitri. Di mana rasa dari menu ini cocok untuk dinikmati masyarakat Muslim di sana sembari menikmati kebersamaan. Ingin mencoba menu ini untuk lebaran kali ini? Berikut ini resep nasi biryani yang kerap dibuat di Inggris, sebagaimana dilansir dari bbcgoodfood.com (20/5/2020).

[Baca Juga: Resep Mengolah Ayam Tanpa Digoreng]

Bahan yang dibutuhkan:

  • 300 gram beras basmati
  • 25 gram mentega (bukan margarin)
  • Satu bawang bombay besar diiris halus
  • Satu daun salam
  • Tiga buah kapulaga
  • Satu kayu manis batang berukuran kecil
  • Satu sendok teh kunyit bubuk
  • Empat dada ayam tanpa kulit dan potong-potong (tetap berukuran potongan besar-besar)
  • Empat sendok makan pasta kari (bila tidak ada bisa diganti kari bubuk dengan cita rasa India)
  • 85 gram kismis
  • 850ml kaldu ayam
  • Untuk taburan: 30 gram daun ketumbar dan membaginya menjadi setengah dicincang, setengah lagi cukup dipetik. Lalu siapkan dua sendok makan almond sliced panggang.

[Baca Juga: Inilah Resep Camilan Serba Keju Mudah Dibuat]

Cara memasak:

  1. Rendam semua beras basmati di air hangat, lalu kuras dan cuci dengan air dingin sampai air beras berwarna bening. Kemudian buang air berasnya dan persiapkan beras basmati untuk nanti dimasak.
  2. Mulai panaskan 25 gram mentega di dalam saucepan dan masukan bawang bombay yang sudah diiris, satu daun salam, tiga buah kapulaga, dan satu batang kayu manis. Masak semua bahan selama 10 menit.
  3. Taburkan satu sendok teh kunyit bubuk dan tambahkan potongan dada ayam serta empat sendok makan pasta kari (atau kari bubuk). Masak semua bahan di dalam saucepan sampai harum.
  4. Lanjutkan dengan memasukkan beras basmati beserta 85 gram kismis lalu aduk hingga merata dengan bumbu-bumbu lainnya dan tuangkan semua kaldu ayam. Tutup saucepan-nya dan besarkan api agar kaldu ayam mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api seminimal mungkin dan biarkan selama lima menit.
  5. Matikan api dan biarkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu buka tutup saucepan dan taburkan ketumbar cincang, kemudian aduk hingga merata.

Setelah proses di atas semuanya selesai maka nasi basmati siap disajikan di atas piring besar untuk dinikmati bersama kala Idulfitri. Tapi sebelum disantap, jangan lupa menaburkan petikan daun ketumbar serta dua sendok makan almond panggang untuk menambah kenikmatan dari nasi basmati, selamat mencoba.


Read More

Artikel Lainnya

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

18 August 2022, 13:39

Para mahasiswa Unpad belum lama ini memutuskan untuk memasangkan kalung reflektif untuk kucing-kucing liar yang tinggal di sekitaran area kampus Unpad Jatinangor.

Momen HUT RI ke-77, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Wargany a.jpg

Berita Kawasan

Momen HUT ke-77 RI, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Warganya

18 August 2022, 11:38

Dengan tema kebangkitan di HUT ke-77 RI, Anies mengungkapkan bahwa pihaknya telah meringankan beban warganya dengan memberikan keringanan pajak bahkan membebaskannya.

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.


Comments


Please Login to leave a comment.