Inspirasi Menu Idul Fitri, Ini Resep Nasi Biryani

Kuliner

Inspirasi Menu Idulfitri, Ini Resep Nasi Biryani

Kupat, rendang, dan opor bisa dikatakan menjadi elemen penting dalam tradisi hidangan saat merayakan Idulfitri. Namun dalam kondisi #DiRumahAja seperti ini, mungkin Anda merasa ingin merasakan sajian baru di hari raya kali ini dan masakan satu ini tampaknya cocok untuk Anda. Menu satu ini kaya akan rempah-rempah dengan aroma yang nikmat serta memiliki rasa yang gurih dan percaya atau tidak, sajian ini ternyata terkenal di kalangan Muslim di Inggris saat merayakan Idulfitri. Menu yang dibahas di sini adalah nasi biryani.

Sesuai namanya, nasi biryani berasal masyarakat Muslim yang tinggal di wilayah anak benua India. Di mana menu ini pun dibawa masyarakat keturunan dari wilayah tersebut ke berbagai negara, termasuk Indonesia dan Malaysia. Oleh karena itulah nama nasi biryani pun melekat ke menu ini di wilayah Melayu.

Inspirasi Menu Idul Fitri, Ini Resep Nasi Biryani

Walau sudah terkenal di berbagai negara Melayu, tapi yang paling menarik adalah justru di Inggris menu ini dijadikan santapan wajib kala hari raya Idulfitri. Di mana rasa dari menu ini cocok untuk dinikmati masyarakat Muslim di sana sembari menikmati kebersamaan. Ingin mencoba menu ini untuk lebaran kali ini? Berikut ini resep nasi biryani yang kerap dibuat di Inggris, sebagaimana dilansir dari bbcgoodfood.com (20/5/2020).

[Baca Juga: Resep Mengolah Ayam Tanpa Digoreng]

Bahan yang dibutuhkan:

  • 300 gram beras basmati
  • 25 gram mentega (bukan margarin)
  • Satu bawang bombay besar diiris halus
  • Satu daun salam
  • Tiga buah kapulaga
  • Satu kayu manis batang berukuran kecil
  • Satu sendok teh kunyit bubuk
  • Empat dada ayam tanpa kulit dan potong-potong (tetap berukuran potongan besar-besar)
  • Empat sendok makan pasta kari (bila tidak ada bisa diganti kari bubuk dengan cita rasa India)
  • 85 gram kismis
  • 850ml kaldu ayam
  • Untuk taburan: 30 gram daun ketumbar dan membaginya menjadi setengah dicincang, setengah lagi cukup dipetik. Lalu siapkan dua sendok makan almond sliced panggang.

[Baca Juga: Inilah Resep Camilan Serba Keju Mudah Dibuat]

Cara memasak:

  1. Rendam semua beras basmati di air hangat, lalu kuras dan cuci dengan air dingin sampai air beras berwarna bening. Kemudian buang air berasnya dan persiapkan beras basmati untuk nanti dimasak.
  2. Mulai panaskan 25 gram mentega di dalam saucepan dan masukan bawang bombay yang sudah diiris, satu daun salam, tiga buah kapulaga, dan satu batang kayu manis. Masak semua bahan selama 10 menit.
  3. Taburkan satu sendok teh kunyit bubuk dan tambahkan potongan dada ayam serta empat sendok makan pasta kari (atau kari bubuk). Masak semua bahan di dalam saucepan sampai harum.
  4. Lanjutkan dengan memasukkan beras basmati beserta 85 gram kismis lalu aduk hingga merata dengan bumbu-bumbu lainnya dan tuangkan semua kaldu ayam. Tutup saucepan-nya dan besarkan api agar kaldu ayam mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api seminimal mungkin dan biarkan selama lima menit.
  5. Matikan api dan biarkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu buka tutup saucepan dan taburkan ketumbar cincang, kemudian aduk hingga merata.

Setelah proses di atas semuanya selesai maka nasi basmati siap disajikan di atas piring besar untuk dinikmati bersama kala Idulfitri. Tapi sebelum disantap, jangan lupa menaburkan petikan daun ketumbar serta dua sendok makan almond panggang untuk menambah kenikmatan dari nasi basmati, selamat mencoba.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video .jpg

Berita Kawasan

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video

06 June 2020, 13:00

Di ulang tahun ke 538, Hari Jadi Bogor dirayakan dengan sederhana tak seperti biasanya karena terselenggara di tengah pandemi.

berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo2.jpg

Berita Kawasan

Berjalan Tertib, Begini Prosedur Rapid Test di Sukolilo

06 June 2020, 12:00

Sepekan sudah uji cepat dan uji swab dilakukan di penjuru Surabaya. Pelaksanaan relatif berlangsung tertib, seperti yang terjadi di kawasan Terminal Keputih Sukolilo.

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli .jpg

Berita Kawasan

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli

06 June 2020, 11:00

Sembari menjalankan masa new normal, Kota Bekasi kembali memperpanjang masa PSBB selama 28 hari

Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami Lidah Buaya

Berita Kawasan

Baru! Kota Malang Ciptakan Kampung Aloe vera di Masa Pandemi COVID-19

06 June 2020, 10:46

Kampung Aloe vera diinisiasi Pertamina Fuel Terminal Malang melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Comments


Please Login to leave a comment.