Inspiratif! Melirik Perjalanan Bisnis Kopi Legendaris di Pasar Jatinegara

Bisnis

Inspiratif! Melirik Perjalanan Bisnis Kopi Legendaris di Pasar Jatinegara

Menjadi seorang pengusaha membutuhkan jiwa serta tekad yang kuat untuk menjalankan sebuah usaha. Rintangan apapun yang ada di depan mata, seorang wirausahawan harus siap menghadapinya. Mungkin gambaran wirausaha ini dapat tercermin dari sebuah toko yang menjajakan kopi legendaris di kawasan Pasar Jatinegara.

Kopi legendaris tersebut memiliki merek “Bis Kota” yang dijual dan diproduksi oleh Toko Sedap Jaya. Sebelum mendekat ke toko yang beralamat di Pintu Pasar Timur No 40 Jatinegara itu, Anda langsung dapat menghirup aroma kopi yang harum dan menggugah selera. Tidak kira-kira, bisnis kopi legendaris ini sudah berdiri semenjak 1939. Uniknya, hingga kini Toko Sedap Jaya masih tetap menggunakan penggilingan kopi yang sudah berusia puluhan tahun untuk produk kopi Bis Kota. “Mesin ini sudah dipakai sejak masa (penjajahan-red) Jepang,” ucap generasi ketiga dari pemilik toko Sedap Jaya, Wong Fiefie Widjaja, sebagaimana dilansir dari suara.com.

Perjalanan bisnis Kopi Bis Kota pun saat ini masih terus dijalankan oleh generasi kedua pemilik Toko Sedap Jaya yaitu ayah Fiefie, Martono Widjaya, yang bersama istri dan anaknya berhasil membuat kopi ini tetap eksis hingga kini. Martono Widjaya mengatakan bahwa menjadi wirausaha sudah menjadi passion-nya. “Terus terang nilai sekolah saya jelek, senangnya dagang. Jadi tiap minggu anter kopi ke pasar-pasar kecil, Pasar Cisalak, Pasar Cibubur, Pondok Gede,” ucapnya dalam video Jurnal DAAI TV yang diakses dari Youtube.com.

Pada video tersebut, Martono pun mengenang ketika orangtuanya masih baru merintis usaha dan sudah harus menghadapi rintangan dari tentara Jepang. “Orangtua tuh tahun 1939 itu waktu dagang kopi masih sembunyi-sembunyi, masalahnya sering diganggu sama orang Jepang,” jelas Martono.

Berkat usaha yang gigih dari ayah Martono Widjaya, usaha kopi legendaris di Pasar Jatinegara ini dapat bertahan hingga lebih dari tujuh dekade. Sekadar informasi, ketika bisnis kopi ini pertama kali dirintis, nama ‘Kopi Terompet’ dipilih sebagai mereknya. Namun semenjak 1943, tulisan “Toko Sedap Djaja d/h Wong Hin. Kopi Wahid No 1 Bis Kota. Kopi pilihan dari Djawa jang paling baik, Terdjual di mana-mana warung. Tergiling dan terbungkus di Djl. Pintu Pasar Timur 40” pun melekat di bungkus kopi tersebut.

“Pertama kali tuh (kopi yang dijual-red) gambarnya bis atasnya terompet. Tahun 1943, diubah namanya jadi Bis Kota,” kenang Martono Widjaya mengenai merek kopi yang dijualnya. Ia mengatakan bahwa usaha Kopi Bis Kota pun semakin maju setelah tahun 1969, khususnya sampai tahun 1970-an di mana dalam sehari bisa terjual hingga dua ton kopi.

Martono Widjaya memastikan bahwa rintangan serta persaingan yang dimunculkan oleh berbagai merek kopi di era modern tidak membuatnya gentar. “Jaga mutu! Kalau misalnya minuman mutunya jelek, minum wah gak enak, gak mungkin kedua kali diminum. Kedua, pelayanannya bagus. Kita mesti melayaninya dengan sopan santun sama si pembeli. Kalau ada yang belanja, ditanya apa-apa kita menjawabnya ogah-ogahan, tentu rasanya kurang enak. Orang gak hormati dia (si penjual-red),” ucapnya.

Para pelanggan Kopi Bis Kota tetap setia datang ke Toko Sedap Jaya karena mereka merasa mendapatkan produk yang fresh. Pasalnya, berbeda dengan kopi sachet modern, Anda bisa langsung melihat proses penggilingan hingga pembungkusan kopi di toko tersebut.

Terdapat dua jenis kopi yang digemari para pelanggan Toko Sedap Jaya hingga mereka rela datang ke Pasar Jatinegara untuk membelinya. Kopi yang pertama adalah jenis Robusta yang dijual dengan harga Rp9.500 untuk 250 gram. Kedua adalah kopi jenis Arabika yang dibanderol dengan harga Rp72.000 per kilogramnya.

Read More

Artikel Lainnya

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Pendidikan

Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Masyarakat Betawi Melalui Museum di Setu Babakan

21 February 2020, 19:00

Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi ketika menyambangi PBB Setu Babakan adalah Museum Betawi. Apa saja yang ada di dalamnya?

Robologee Buka Kelas Robotik Maret 2020, Warga Bekasi Bisa Daftar

Pendidikan

Robologee Buka Kelas Robotik Maret 2020, Warga Bekasi Bisa Daftar

21 February 2020, 17:00

Anda warga Bekasi yang berniat mendorong anak untuk melek teknologi? Belajar robotik bisa jadi alternatif solusi.

RUU Omnibus Law Cipta Kerja Turut Menyasar Pers, Apa Saja Dampaknya

Berita Kawasan

RUU Omnibus Law Cipta Kerja Turut Menyasar Pers, Apa Saja Dampaknya?

21 February 2020, 17:00

Beberapa pasal dalam rancangan legislasi tersebut turut bersinggungan dengan UU Pers

Berbelanja Hemat di Informa dengan Promo Ini

Properti dan Solusi

Butuh Furnitur Baru? Berbelanja Hemat di Informa dengan Promo Ini

21 February 2020, 16:00

Informa baru-baru ini mengumumkan sedang mengadakan promo yang ditujukan agar konsumen dapat berbelanja hemat serta mudah.


Comments


Please Login to leave a comment.