Puri-Kembangan-Kawasan-Inspiratif-Warga-Meruya-Utara-Olah-Sampah-Jadi-Energi-Emil.jpg

Berita Kawasan

Inspiratif! Warga Meruya Utara Olah Sampah Jadi Energi

Setiap wilayah di Jakarta memiliki solusinya untuk menanggulangi sampah. Ada yang menggunakan metode bank sampah dan warung daur ulang seperti yang diterapkan di Cipete Jakarta Selatan. Ada juga yang memiliki metode unik dengan cara memanfaatkan sampah-sampah organik menjadi energi gas dan listrik sehingga dapat digunakan warga lain. Metode inilah yang digunakan oleh para warga di Meruya Utara Jakarta Barat.

Nama pengolahan sampah tersebut adalah Green Residence yang berlokasi di Perumahan taman Aries, RW 06, Kelurahan Meruya Utara Jakarta Barat. Di sini sampah-sampah organik dikumpulkan dan diolah menjadi bio gas, kompos cair hingga dapat menyalurkan arus listrik.

[Baca Juga: Kelurahan Cipete Utara Kini Punya Warung Daur Ulang]

Menariknya, selain menjadi tempat pengolahan sampah, lahan Green Residence yang memiliki luas 500 meter persegi itu juga digunakan oleh para warga untuk menanam tanaman sayuran serta obat-obatan. Ada juga warga yang memanfaakannya untuk berternak ikan lele dan nila secara organik di tempat pengolahan sampah yang sudah berdiri semenjak 2015 silam.

Green Recidence di Perumahan Taman Aries Meruya Utara

Berdirinya tempat pengolahan sampah ini tidak bisa terlepas dari peran warga Perumahan Taman Aries yang bernama Rusli. Ia menggagas untuk mengumpulkan sampah organik dari para warga di RT 04 dan 05. Kemudian sampah-sampah tersebut ditumpuk ke tempat penampungan khusus yang di dalamnya telah berisi bakteri pengurai serta kotoran sapi. Lambat-laun bio gas pun terbentuk yang kemudian disalurkan ke rumah warga melalui pipa paralon.

Selain bio gas, sisa pengolahan dari sampah-sampah organik tersebut kemudian dijadikan pupuk kompos cair untuk tanaman dan listrik. “Tempat pengolahan sampah organik terbarukan ini bisa menghasilkan arus listrik dengan memasang satu alat khusus,” jelas Lurah Meruya Utara, Pangestu Aji, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (13/11/2018).

[Baca Juga: Mengubah Sampah Rumah Menjadi Pundi-pundi Rupiah]

Keberadaan Green Residence ini sangatlah membantu warga untuk menjaga kebersihannya. Selain itu para warga di Perumahan Taman Aries RW 06, Meruya Utara juga mendapatkan manfaat ketika masa panen. Mereka bisa memetik sayuran yang ada di sana dan dijual ke warga lain dengan harga murah. Selain itu, mereka juga menjual hasil panen ikan lele serta nila yang ada di sana dan keuntungannya pun disumbangkan kepada anak yatim. Karena itulah tidak heran bila pengolahan sampah ini pernah meraih penghargaan dalam lomba posyantek 2016 di tingkat nasional dan Kalpataru DKI Jakarta pada tahun 2017.

Read More

Artikel Lainnya

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

Pendidikan

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

15 December 2019, 16:00

Workshop Inovasi Pendidikan bertujuan ingin menyamakan persepsi tentang perbedaan karakteristik pembelajaran terhadap peserta didik.

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

Berita Kawasan

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

15 December 2019, 15:00

Banyak fasilitas umum gratis disediakan di Taman Utan Jati. Warga setempat bisa menikmatinya kapan pun secara gratis.

Review Knives Out Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

Berita Kawasan

Review Knives Out: Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

15 December 2019, 14:00

Bukan hanya jual nama artis-artis besar, film Knives Out juga menghibur dengan plot yang sudah jarang ditemui. Inilah pilihan terbaik film akhir tahun untuk Anda.

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

Properti dan Solusi

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

15 December 2019, 13:00

Synthesis Development secara resmi mengadakan acara topping off untuk hunian kelas atas di wilayah Kemang, Jakarta Selatan.


Comments


Please Login to leave a comment.