Instagram Rilis Banyak Fitur untuk Atasi Perundungan

Hobi dan Hiburan

Instagram Rilis Banyak Fitur untuk Atasi Perundungan

Di tengah pandemi COVID-19 yang masih belum kunjung usai, ancaman kesehatan mental bisa mengenai banyaknya orang yang melakukan karantina mandiri. Padahal, tetap berada di rumah merupakan tindakan yang paling berpengaruh untuk mengurangi penyebaran virus Corona saat ini.

Tek heran, semenjak kurang lebih dua bulan berada di rumah, intensitas seseorang menggunakan ponsel dan berselancar di internet semakin meningkat. Bahkan isu perundungan daring atau cyber bullying semakin mengkhawatirkan. Maka dari itu hal ini diperhatikan oleh Instagram, sebagai platform media sosial yang kini sedang digandrungi banyak masyarakat.

Instagram Rilis Banyak Fitur untuk Atasi Perundungan

Baru-baru ini, Instagram merilis beberapa fitur baru serta kampanye untuk meminimalisir perundungan di platform miliknya. Dilansir dari Liputan6 (19/5/2020) berikut fitur dan kampanye yang dimaksud:

1) Pin Komentar Favorit

Pengguna Instagram dapat menggunakan fitur ini untuk menyematkan komentar positif atau penjelasan mendetil dibagian paling atas dalam unggahan sehingga semua pengguna yang melihat dan ingin berkomentar terlebih dahulu membaca sematan tersebut. Hal ini juga mendorong terciptanya interaksi positif di sebuah unggahan.

2) Mengontrol Tag dan Mention

Instagram juga menghadirkan fitur ini agar pengguna dapat mengatur siapa saja orang yang bisa tag dan mention mereka di Instagram. Fitur ini dapat menyeleksi konten apa saja yang ditandai ke akun kita, sehingga kita bisa dengan mudah memfilter apa yang kita ingin lihat atau tahu dari sesama pengguna.

[Baca Juga: Lemahnya Pengawasan Sekolah Sebabkan Kasus Perundungan]

3) Mengatur Komentar

Fitur ini juga dinilai sangat bermanfaat untuk menghindari komentar yang berisi atau bermaksud untuk perundungan. Fitur ini dapat menghapus komentar negatif, memblokir, atau membatasi akun hingga 25 akun sekaligus. Anda bisa menggunakan fitur ini dengan cara, menekan ikon tiga titik yang ada di sebelah kanan atas.

4) Tab Guides

Tab Guides nantinya akan muncul di bagian eksplorasi agar pengguna lain dapat dengan mudah menemukan konten tersebut. Fitur ini merupakan kurasi konten positif mengenai kesehatan mental, anti-bullying, dan konten baik lainnya. Instagram bahkan bekerja sama dengan beberapa organisasi seperti Sudah Dong dan Riliv.

[Baca Juga: Saling Berintegrasi Tuntaskan Kasus Bullying]

5) Kampanye Real Talk

Instagram menghadirkan kampanye bertajuk #RealTalk untuk membantu mengatasi isu perundungan daring dan kesehatan mental. Dalam kampanye ini, Instagram ingin mengajak anak muda Indonesia terhubung dengan sumber dan informasi terpercaya yang mampu menyemangati mereka di masa pandemi. Kampanye #Realtalk diharapkan membantu memperluas pemahaman anak muda tentang bullying dan kesehatan mental.

Itulah beberapa fitur baru dan kampanye yang dijalankan Instagram untuk mengakhiri perundungan daring. Silahkan dicoba dan buat pengalaman Anda bersosial media lebih menyenangkan, tapi bayang-bayang perundungan dan depresi!

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video .jpg

Berita Kawasan

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video

06 June 2020, 13:00

Di ulang tahun ke 538, Hari Jadi Bogor dirayakan dengan sederhana tak seperti biasanya karena terselenggara di tengah pandemi.

berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo2.jpg

Berita Kawasan

Berjalan Tertib, Begini Prosedur Rapid Test di Sukolilo

06 June 2020, 12:00

Sepekan sudah uji cepat dan uji swab dilakukan di penjuru Surabaya. Pelaksanaan relatif berlangsung tertib, seperti yang terjadi di kawasan Terminal Keputih Sukolilo.

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli .jpg

Berita Kawasan

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli

06 June 2020, 11:00

Sembari menjalankan masa new normal, Kota Bekasi kembali memperpanjang masa PSBB selama 28 hari

Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami Lidah Buaya

Berita Kawasan

Baru! Kota Malang Ciptakan Kampung Aloe vera di Masa Pandemi COVID-19

06 June 2020, 10:46

Kampung Aloe vera diinisiasi Pertamina Fuel Terminal Malang melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Comments


Please Login to leave a comment.