Nur Project Suarakan Kepedulian Satwa Langka

Kecantikan dan Fashion

Instalasi NUR Project Tampilkan Satwa Langka di Fashion Habitat

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan, salah satunya melalui fashion dan karya seni. Hal itu seperti yang dilakukan Fashionlink x #BLCKVNUE dengan meluncurkan program Fashion Habitat.

Instalasi interaktif dari pop up store yang digagas Jakarta Fashion Week (JFW) ini terdiri dari tiga sosok satwa hasil kreasi desainer muda Hendro Hadinata. Ketiga satwa itu adalah Badak Jawa, Harimau Sumatera, dan Hiu Paus. “Proyek ini saya namakan NUR Project, sebuah art installation project dengan tujuan mengikis ketidakpedualian atau kurangnya rasa ingin tahu masyarakat tehadap fauna yang terancam punah,” katanya saat jumpa media di Senayan City, Jakarta Pusat (9/7/2019).

Instalasi Nur Project Tampilkan Satwa Langka di Fashion Habitat

Hendro juga menerangkan, projeknya dinamakan NUR karena berharap akan menjadi seperti cahaya. Selain itu, diharapkan instalasi ini dapat meningkatkan kepedualian masyarakat untuk kemudian menjadi tindakan nyata dalam rangka perlindungan satwa.

[Baca Juga: Konsep Baru FASHIONLINK X #BLCKVNUE di Senayan City]

Bentuk instalasi yang diwujudkan Savana Furniture ini menempati beberapa area Fashionlink x #BLCKVNUE sepanjang bulan Juli-Agustus 2019. Ketiga bentuk satwa itu dibuat sederhana dan menarik perhatian pengunjung karena unik. “Bagi kami proyek ini sangat menarik, misalnya badak yang strukturnya terinspirasi baju zirah, harimau dan hiu paus menggunakan plywood. Untuk paus saya meminta cat yang ramah lingkungan yaitu cat air,” jelasnya.

Instalasi Nur Project Tampilkan Satwa Langka di Fashion Habitat

Namun, Hendro mengakui, material instalasi badak perlu menggunakan kulit sintetik untuk membuat tekstur badak yang sederhana. Untuk instalasi selanjutnya, dirinya ingin menggunakan bahan kulit yang terbuat dari jamur, karena jauh lebih ramah lingkungan.

[Baca Juga: Fashion Habitat Ajak Masyarakat Peduli Satwa Langka]

Instalasi ini bertujuan untuk menarik perhatian pengunjung dan memberikan informasi mengenai satwa yang terancam punah. Melalui instalasi ini pula, JFW donasikan Rp20.000 kepada WWF Indonesia dari setiap transaksi pembelian yang dilakukan di Fashionlink x #BLCKVNUE.

Direktur Kemitraan WWF Indonesia Ade Swargo Mulyo mengatakan, akan menggunakan hasil donasi untuk konservasi Harimau Sumatera, Badak Jawa, dan Hiu Pus yang keberadaannya terancam punah. “Kolaborasi fashion, interior design serta seni instalasi dan konservasi diharapakan dapat meningakatkan kesadaran pelaku industri kreatif dan peminat produk industri kreatif akan pentingnya penerapan praktik bisnis yang berkelanjutan,” katanya.

Read More

Artikel Lainnya

Ini Cara Seimbangkan Kerja dan Keluarga ala Presiden IWFCI Indonesia

Bisnis

Ini Cara Seimbangkan Kerja dan Keluarga ala Presiden IWFCI Indonesia

12 December 2019, 13:00

Sebagai presiden organisasi IWFCI Indonesia serta entrepreneur dan seorang ibu, Heera Syahir Karim menerapkan metode work life integration.

Hari Ibu Selain di Rumah, Sosok Ibu Juga Harus Mampu Berkarya

Berita Kawasan

Hari Ibu: Kisah dan Dilema Dua Ibu Bekerja

12 December 2019, 09:00

Inilah pandangan hari ibu serta perannya di rumah dan dunia karier berdasarkan pengalaman Anna Leonita dan Heera Syahir Karim Vasandani.

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

Pendidikan

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

11 December 2019, 18:00

Ajak anak Anda menonton di bioskop saat usia dua tahun ke atas. Pada usia tersebut, sistem kekebalan tubuhnya sudah jauh lebih kuat.

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

Berita Kawasan

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

11 December 2019, 17:00

Kartu kartu multi trip ticket (MTT) dengan sebutan Jelajah diapresiasi warga. Tidak ada satu detik tap in atau tap out, pintu gerbang sudah terbuka.


Comments


Please Login to leave a comment.