Nur Project Suarakan Kepedulian Satwa Langka

Kecantikan dan Fashion

Instalasi NUR Project Tampilkan Satwa Langka di Fashion Habitat

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan, salah satunya melalui fashion dan karya seni. Hal itu seperti yang dilakukan Fashionlink x #BLCKVNUE dengan meluncurkan program Fashion Habitat.

Instalasi interaktif dari pop up store yang digagas Jakarta Fashion Week (JFW) ini terdiri dari tiga sosok satwa hasil kreasi desainer muda Hendro Hadinata. Ketiga satwa itu adalah Badak Jawa, Harimau Sumatera, dan Hiu Paus. “Proyek ini saya namakan NUR Project, sebuah art installation project dengan tujuan mengikis ketidakpedualian atau kurangnya rasa ingin tahu masyarakat tehadap fauna yang terancam punah,” katanya saat jumpa media di Senayan City, Jakarta Pusat (9/7/2019).

Instalasi Nur Project Tampilkan Satwa Langka di Fashion Habitat

Hendro juga menerangkan, projeknya dinamakan NUR karena berharap akan menjadi seperti cahaya. Selain itu, diharapkan instalasi ini dapat meningkatkan kepedualian masyarakat untuk kemudian menjadi tindakan nyata dalam rangka perlindungan satwa.

[Baca Juga: Konsep Baru FASHIONLINK X #BLCKVNUE di Senayan City]

Bentuk instalasi yang diwujudkan Savana Furniture ini menempati beberapa area Fashionlink x #BLCKVNUE sepanjang bulan Juli-Agustus 2019. Ketiga bentuk satwa itu dibuat sederhana dan menarik perhatian pengunjung karena unik. “Bagi kami proyek ini sangat menarik, misalnya badak yang strukturnya terinspirasi baju zirah, harimau dan hiu paus menggunakan plywood. Untuk paus saya meminta cat yang ramah lingkungan yaitu cat air,” jelasnya.

Instalasi Nur Project Tampilkan Satwa Langka di Fashion Habitat

Namun, Hendro mengakui, material instalasi badak perlu menggunakan kulit sintetik untuk membuat tekstur badak yang sederhana. Untuk instalasi selanjutnya, dirinya ingin menggunakan bahan kulit yang terbuat dari jamur, karena jauh lebih ramah lingkungan.

[Baca Juga: Fashion Habitat Ajak Masyarakat Peduli Satwa Langka]

Instalasi ini bertujuan untuk menarik perhatian pengunjung dan memberikan informasi mengenai satwa yang terancam punah. Melalui instalasi ini pula, JFW donasikan Rp20.000 kepada WWF Indonesia dari setiap transaksi pembelian yang dilakukan di Fashionlink x #BLCKVNUE.

Direktur Kemitraan WWF Indonesia Ade Swargo Mulyo mengatakan, akan menggunakan hasil donasi untuk konservasi Harimau Sumatera, Badak Jawa, dan Hiu Pus yang keberadaannya terancam punah. “Kolaborasi fashion, interior design serta seni instalasi dan konservasi diharapakan dapat meningakatkan kesadaran pelaku industri kreatif dan peminat produk industri kreatif akan pentingnya penerapan praktik bisnis yang berkelanjutan,” katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.