The Interceptor, Bersihkan 50 Meter Kubik Sampah Kali Cengkareng Dalam Semalam

Berita Kawasan

The Interceptor, Bersihkan 50 Meter Kubik Sampah Kali Cengkareng Dalam Semalam

Boyan Slat merupakan salah seorang yang menggagas proyek The Ocean Cleanup asal Belanda yang memilih Indonesia sebagai negara untuk menguji coba proyek pembersihan ini. Melihat Indonesia sebagai salah satu negara pencetak sampah plastik terbesar di Dunia, Boyan akan menurunkan beberapa insinyur serta mesin temuannya untuk membersihkan kali Jakarta.

Kini nama Boyan Slat tidak lagi asing lagi di dunia teknologi. Meski sempat menjadi bahan tertawaan karena ide membersihkan sampah Samudra dengan gelombang laut, kini Boyan menjadi salah satu pionir usaha pembersihan Samudra dan sungai di Dunia. Pada kesempatan kali ini, Boyan membawa temuan terbarunya bernama Interceptor ke Kali Cengkareng Drain, Jakarta Timur.

The Interceptor, Bersihkan 50 Meter Kubik Sampah Kali Cengkareng Dalam Semalam

Interceptor adalah sebuah mesin atau robot yang mampu menyedot 100 kilogram sampah per harinya. Canggihnya, mesin ini menggunakan tenaga matahari sehingga dapat bekerja siang dan malam (24 jam) tanpa menghasilkan polusi udara. Interceptor sendiri tercatat memiliki kapasitas penampungan hingga 50 meter kubik plastik.

Ketika muatan sampah sudah mencapai batas penuh, sistem komputer akan langsung mengirimkan signal ke operator untuk menepi dan mengosongkan muatan. Melansir dari Jakarta Post (18/2/2020), Boyan menjamin bahwa proses mengosongkan muatan semudah mengosongkan penyedot debu.

[Baca Juga: Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi]

Sebagai salah satu pakar Instalasi The Ocean Cleanup, Sjoerd Drankelford mengatakan, Kali Cengkareng merupakan sungai kotor pertama yang mereka bersihkan. Sebelumnya, The Interceptor telah di uji coba di Belanda. Namun karena kondisi kali yang terlalu bersih, kinerja mesin pun tidak bisa dimaksimalkan.

Bersama temuanya, The Interceptor, Boyan Slat berencana ingin membersihkan 1000 sungai kotor di Bumi dalam kurun waktu lima tahun. Sungai kotor yang ditargetkan adalah sungai yang dianggap berkontribusi menumbangkan sampah plastik sedikitnya 80 persen polusi plastik.

[Baca Juga: Bekasi Akan Terima Kapal Pembersih Sungai Berteknologi Canggih]

Meski demikian, The Ocean Cleanup menuai banyak kritik. Beberapa peneliti menjelaskan bahwa proyek pembersihan dengan The Interceptor ini hanya menjual mimpi. Melansir dari dw.com, Co-founder Plastic Pollution Coalition Dianna Cohen mengatakan, selain memakan biaya yang seharusnya digunakan untuk proyek pembersihan teruji, produksi sampah akan terus ada jika tidak ada solusi pencegahan.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Asyifa 2 years, 4 months lalu
    asyifa

    QQHarian,info merupakan situs betting online yang aman dan terpercaya. Menyediakan Promo Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. Buruan bergabung dan Buktikan sekarang juga serta Menangkan JackPot 100%. Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Minimal DP/WD hanya 20k/50k saja. Proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE

  • Rine 2 years, 4 months lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game qqharian,club guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di qqharian,club ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>