Intervensi Kasus Stunting di Wilayahnya, Pemkot Jakarta Pusat Tambah 10 Urban Farming.jpg

Kesehatan

Intervensi Kasus Stunting di Wilayahnya, Pemkot Jakarta Pusat Tambah 10 Urban Farming

Bila mendengar istilah zona stunting mungkin wilayah yang terbersit di benak Anda adalah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang hingga pertengahan tahun 2020 saja angka prevalensi stuntingnya berada di 27,5 persen. Namun ternyata tak perlu jauh melihat ke NTT, momok stunting sebenarnya masih juga membayangi DKI Jakarta yang notabene merupakan Ibu Kota. Bahkan di Jakarta Pusat sendiri tercatat ada sekitar 14 wilayah yang masuk zona stunting! Dalam rangka mengintervensi hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menyampaikan rencananya untuk menambah lokasi urban farming-nya di zona tersebut.

Rencana pendirian 10 pertanian perkotaan baru di zona stunting di wilayah Jakarta Pusat ini disampaikan oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat. Menurut Sudin KPKP, langkah ini guna mengintervensi kasus stunting di 10 lokasi tersebut sekaligus untuk ketahanan pangannya dan ini sejalan dengan program dari pemerintah pusat.

Intervensi Kasus Stunting di Wilayahnya, Pemkot Jakarta Pusat Tambah 10 Urb an Farming.jpg

“Kita akan tambah 10 lokasi urban farming di lokasi stunting. Penambahan ini juga bagian dari program Kementerian Pertanian dan Perikanan,” jelas Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sudin KPKP Jakarta Pusat Mudjiati, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (22/2/2021).

Konsep dari pertanian perkotaan yang nantinya didirikan di 10 zona stunting itu akan memiliki area tanaman sayuran, tanaman toga, kolam gizi, dan rumah bibit. Berdasarkan keterangan Mudjiati, urban farming ini akan menjadi kawasan terpadu dengan pendanaannnya berasal dari APBN. Selain urban farming di 10 lokasi tersebut, Sudin KPKP Jakarta Pusat juga sudah berencana menambah lokasi pertanian perkotaan lainnya di 50 pemukiman warga dengan dana yang berasal dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

[Baca Juga: Menkes Terawan Resmikan Stunting Center of Excellence]

Walau Sudin KPKP Jakarta Pusat tak mendeskripsikan secara spesifik area mana saja yang dipilih untuk pendirian urban farming terbarunya tapi berdasarkan paparan Sudin Kesehatan Jakarta Pusat pada akhir Januari kemarin, terdapat 10 kelurahan di wilayahnya yang masuk zona stunting. Sebagaimana dilansir dari wartakota.tribunnews.com (29/1/2021) di antara 10 zona stunting tersebut paling banyak terdapat di Kecamatan Tanah Abang yang terdiri dari Kelurahan Bendungan Hilir, Kelurahan Karet Tengsin, Kelurahan Kebon Melati, Kelurahan Kampung Bali, Kelurahan Petamburan, dan Kelurahan Gelora. Sedangkan kelurahan sisanya berada di Kecamatan Sawah Besar, Johar Baru, dan Cempaka Putih.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.