Intip Kekompakan Arek Surabaya Menjaga Tetangga Saat Pandemi

Berita Kawasan

Intip Kekompakan Arek Surabaya Menjaga Tetangga Saat Pandemi

Data terbaru yang dilaporkan situs lawancovid-19.surabaya.go.id, pada Senin (4/5/2020) kemarin, total kasus positif COVID-19 di Kota Surabaya mencapai 558 orang. Sebanyak 86 pasien dilaporkan sembuh, sementara pasien meninggal dunia sebanyak 71 orang.

Di skala nasional, berdasarkan data yang di himpun hingga pukul 12:00 WIB, Senin lalu, terungkap 395 penambahan kasus dengan demikian total ada 11.587 kasus positif COVID-19 di tanah air. Pemerintah juga mencatat ada penambahan 78 pasien sembuh, sehingga keselurahannya kini sebanyak 1.954 pasien telah berstatus penyintas COVID-19. Sedangkan angka pasien meninggal dunia sebanyak 864 orang.

[Baca Juga: Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM]

Bukan saja kesehatan, pandemi COVID-19 juga berdampak pada berbagai sektor sehingga memukul perekonomian banyak warga Surabaya. Dalam situasi seperti nilai-nilai gotong royong dan rasa memiliki sesama perlu dikedepankan. Seperti yang dilakukan warga Kampung Medokan Ayu Utara, Surabaya, lewat aksi sosial menggantungkan makanan di dinding dan pagar rumah.

Awal mulanya, aksi ini berangkat dari kegiatan pembagian paket sembako biasa. Namun, menyusul adanya imbauan physical distancing dan kebijakan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB, maka cara pembagian sembako pun menyesuaikan situasi dan kondisi terkini.

Intip Kekompakan Arek Surabaya Menjaga Tetangga Saat Pandemi

“Terus kepikiran kenapa tidak dipajang di depan rumah biar warga yang membutuhkan tahu dan dapat ambil sendiri,” tutur warga RT 4/RW 13 yang juga penggagas aksi, Deasy Prasetyo, seperti dikutip kompas.com, Selasa (5/5/2020) pagi.

Lebih lanjut dia menuturkan, aksi ini murni dilatarbelakangi rasa solidaritas lantaran maraknya PHK serta kesulitan mencari penghasilan di masa pandemi. Selaras itu, dia mengungkapkan, aksi ini mendapat sambutan positif dari warga, sehingga kian hari jumlah donatur aksi pun bertambah.

Soal jenis bahan makanan yang disumbangkan, tidak diitentukan olehnya. Dibebaskan saja kepada para warga yang ingin berdonasi. "Tergantung dari donatur, biasanya mereka memberikannya dalam satu paket makanan seperti sayur sop, tumis kangkung yang dilengkapi dengan bumbu sekaligus,” jelasnya.

Aksi sosial ini pun telah ditiru oleh warga dari RW lainnya. Aksi yang diadopsi oleh warga RW 12 tersebut, direalisasikan dalam bentuk program "Aksi Jogo Tonggo". Kegiatan ini dilakukan setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga sore hari. Kala itu, puluhan bahan makanan seperti sayuran, lauk pauk, bumbu dapur, minyak goreng, dan beras telah digantung rapi di dinding dan pagar rumah warga.

“Awalnya tengok kanan, kiri tetangga, jangan sampai mereka tidak makan dan tidak terpenuhi kebutuhannya. Karena pandemi ini banyak yang mengalami PHK dan dalam kondisi tidak baik,” aku Ketua RW 12, Suryanto.

Sulastri (55), salah satu warga yang merasakan dampak dari aksi gantungan makanan ini mengaku sangat merasa terbantu. Baginya, kegiatan seperti ini betul-betul terasa meringankan beban warga sekitar yang kurang beruntung seperti dirinya. “Ini pertama kali ambil dan senang rasanya dapat terbantu dengan aksi gotong royong warga sendiri,” kata Sulastri bahagia.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.