intip kesiapan surabaya menyongsong new normal1.jpg

Berita Kawasan

Intip Kesiapan Kota Surabaya Menyongsong New Normal

Akun Instagram resmi @jatimpemprov melaporkan wilayah Jawa Timur masih mengekori DKI Jakarta di peringkat kedua sebagai provinsi dengan kasus positif COVID-19 terbanyak, total kasus mencapai 7.416. sebanyak 2.117 pasien diantaranya dinyatakan sembuh dan 588 orang meninggal dunia. Sementara Kota Surabaya menyumbang sebanyak 3.832 kasus, dengan rincian 1.188 pasien penyintas dan 317 korban jiwa.

Di tengah masih merebaknya penyebaran virus SARS-CoV-2, Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya harus menghadapi kenyataan bahwa warganya perlu kembali beraktivitas untuk menyambung hidup. Dikhawatirkan jika terus dipaksakan melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bisa memicu gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal di Kota Pahlawan.

Akhirnya, dalam rapat koordinasi pada Minggu (7/6/2020) yang lalu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memutuskan mengakhiri PSBB dan memulai transisi menuju kenormalan baru atau new normal. Meski tak mudah namun transisi menuju kenormalan baru harus dilakukan.

[Baca Juga: Silaturahmi Via Medsos, Wali Kota Surabaya Jangkau Lebih Banyak Orang]

Kendati demikian, Risma berkomitmen untuk tetap menegakkan protokol kesehatan secara ketat agar bisa mencegah makin meluasnya penyebaran COVID-19 selama masa peralihan ini. Selain gencar menggelar uji cepat massal di penjuru Surabaya, berikut upaya lainnya yang dilakukan untuk memastikan kesiapan Surabaya menuju kenormalan baru, sebagaimana dikutip dari situs humas.surabaya.go.id (12/6/2020).

intip kesiapan surabaya menyongsong new normal2.jpg

Program Tangguh

Dua pondok pesantren (ponpes) menjadi percontohan ponpes tangguh untuk persiapan menuju tatanan normal baru. Ponpes itu adalah Ponpes Darul Ubudiyah Raudhatul Muttaallim yang berlokasi di Jalan Jatipurno Semampir dan Ponpes Tanfidzul Quran di Jalan Wonosari Tegal Wonokusomo, Semampir.

Menurut Risma, Tri Rismaharini, konsep ponpes tangguh serupa dengan pembentukan Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo di setiap rukun warga (RW) yakni, memiliki tim khusus atau satuan tugas. Diungkap Risma, sebanyak 1.330 dari 1.390 RW, sudah membuat Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo. Dia menambahkan, sampai saat ini sudah ada 34 Kampung Tangguh yang sudah diresmikan. “Kami harap semua ponpes nantinya bisa menjadi ponpes tangguh," ujarnya.

[Baca Juga: Di Tengah Lonjakan Kasus Positif, Wali Kota Surabaya Dapat 2 Kejutan]

Sehari sebelumnya, Kamis (11/6/2020), Risma juga membentuk mal tangguh, bersama para pelaku usaha di bidang pariwisata, hotel dan restoran. Skemanya, jelas Risma, misalkan di pusat perbelanjaan, akses jalan itu bisa dibuat one way (satu arah) serta konsumen juga diwajibkan saling jaga jarak. Selain itu, di kasir atau tempat pembayaran bisa pula dilengkapi dengan tirai plastik untuk pembatas antara penjual dan pembeli. Di samping itu, setiap pengunjung diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki area pusat perbelanjaan.

Selain mal tangguh, ponpes tangguh dan kampung tangguh, Pemkot Surabaya juga meresmikan pasar tangguh, dan tempat ibadah tangguh, industri tangguh, dan sekolah tangguh. “Jadi, mereka yang akan mengawasi, mereka yang akan mengontrol," ucap dia.

intip kesiapan surabaya menyongsong new normal3.jpg

Tempat Hiburan Malam Disidak

Petugas gabungan melakukan razia tempat hiburan malam di Surabaya yang buka di tengah masa transisi. Dalam razia tersebut ditemukan tiga tempat hiburan malam yang buka. Mendapati hal tersebut, petugas sambil membawa surat edaran Perwali nomor 28 tahun 2020 yang salah satunya mengatur protokol kesehatan di tempat Rekreasi Hiburan Umum (RHU) langsung melakukan sosialisasi. Petugas juga meminta pengelola menghentikan kegiatan.

Salah satu tempat hiburan yang terjaring razia, Big Ball, berada di kawasan Jalan Tidar. petugas juga mendapati dua pelanggan yang tengah asyik bernyanyi. Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Surabaya Pieter Frans Rumaseb mengatakan, meski ada tiga lokasi yang terjaring razia namun mayoritas tempat hiburan malam di Surabaya masih menaati aturan.

"Di beberapa tempat tadi kami jumpai untuk protokol kesehatan sudah mereka lakukan. Namun ada di tempat lain yang belum mengatur tentang physical distancing. Kami sarankan untuk tutup dulu dan membatasi jam operasional sambil menunggu tim khusus dari Pemkot. Baru nanti kita sampaikan secara menyeluruh terkait pelaksanaan Perwali kepada pengusaha," kata Pieter pada Jumat (12/6/2020).

intip kesiapan surabaya menyongsong new normal4.jpg

Alat Pemindai Suhu Anyar

Dua set perangkat pemindai suhu badan atau thermal scanner dilihat siaga berjaga di pintu utama sisi timur dan pintu masuk sisi utara lobi Balai Kota Surabaya. Set perangkat yang terdiri dari kamera CCTV berkemampuan thermal dan monitor ini mampu mendeteksi suhu tubuh pengunjung tanpa melibatkan tenaga keamanan berbekal thermogun. Bahkan, pengunjung juga dapat melihat langsung suhu tubuhnya di layar monitor yang tersedia di lokasi. Layar monitor itu menampilkan gambar siapapun yang terekam kamera thermal scanner berikut suhu tubuhnya.

Rencananya, lanjut dia, thermal scanner ini bakal dipasang di semua titik kantor Pemerintah Kota Surabaya. Bahkan, Risma juga berencana mengaplikasikan alat tersebut di kantor-kantor layanan publik yang ada di kota itu. "Kita akan buat seperti itu, di semua titik kita tambah. Nanti, mungkin juga dipasang di lokasi-lokasi layanan publik, seperti Mal Pelayanan Publik di Siola dan di beberapa tempat layanan lainnya. Jadi tidak hanya di balai kota saja. Ini supaya lebih mudah mendeteksi warga yang terpapar COVID-19," tuntasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years lalu
    anisa

    Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain slot online di situs QQHARIAN (bisa cari atau search di google) ya guys. Yang dimana menyediakan Berbagai Bonus baik new member maupun member setia kami. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di QQHARIAN serta ambil bonusnya sekarang juga.

  • Rine 2 years lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88