BEKASI-KAWASAN-IQBAL AKTIVIS BUDAYA MUDA YANG PEDULI BUDAYA BEKASI-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Iqbal, Aktivis Budaya Muda yang Peduli Budaya Bekasi

Sebagai generasi muda, memang sudah tugas kita untuk memegang estafet untuk melestarikan seni dan budaya Indonesia. Di setiap daerah di Indonesia memiliki budaya yang berbeda-berbeda, salah satu daerah yang memiliki budaya yang unik adalah Bekasi. Kota yang berada di pinggiran Ibukota ini terbilang cukup unik, walaupun secara umum budaya Bekasi terpengaruhi budaya Betawi dan Sunda, namun banyaknya pendatang dari daerah ke kota ini membuat budaya di Bekasi semakin kaya.

Kekayaan budaya ini lah yang membuat M. Iqbal Maulana, seorang pemuda kelahiran 1995 ini peduli dengan budaya kota tempat tinggalnya sendiri. Menurutnya saat diwawancarai PingPoint.co.id lewat pesan singkat pada Jumat (23/11/18), ketika banyak orang luar negeri yang tertarik bahkan lebih mencintai budaya Indonesia, ia merasakan keunikan budaya bangsa ini. Ia melanjutkan tak ada negara yang memiliki keaneka ragaman sekaya Indonesia.

[Baca Juga: Merawat Budaya Kuliner Betawi dengan Berjualan Bir Pletok]

“Ketika saya memutuskan untuk belajar dan memperdalam budaya, di sana saya merasa telah menjadi bagian dari Indonesia. Saya sangat merasa nyaman dalam bidang ini,” kata pemuda yang aktif di Konsorsium Bahasa dan Seni, Kabupaten Bekasi.

Ia sudah aktif di bidang budaya dan seni sejak duduk dibangku sekolah menengah pertama (SMP), namun puncaknya terjadi saat lulus SMA dan memasuki dunia perkuliahan. Menjadi mahasiswa di kampus UNISMA '45’ Bekasi membuat Iqbal semakin giat di bidang kebudayaan.

Acara Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia di Kabupaten Bekasi

Aktif di Seni & Budaya

Keaktifannya di dunia budaya dan seni tentu tak luput dari beberapa orang yang telah berhasil memberikannya inspirasi, menurutnya tokoh yang menginspirasi dirinya untuk turut aktif melestarikan budaya jumlahnya banyak. Ia memberikan dua nama, yaitu Andi Sopandi dan Deni.

Andi Sopandi adalah dekan dari kampus tempatnya bernaung. Menurut penuturannya, Andi merupajan akademisi yang fokus dan sangat peduli dengan budaya khususnya Bekasi. Sedangkan Deni atau biasa disebut dengan Bang Djiung merupakan jawara sesungguhnya. Bang Djiung merupakan pendekar dan budayawan muda yang sangat mengenal seluk beluk Bekasi dan tradisi pencak silat.

Untuk mengetahui budaya Bekasi lebih luas, ia memutuskan untuk mengikuti ajang Abang Mpok Kota Bekasi 2015. Saat itu ia berhasil memboyong predikat Abang Berbakat Kota Bekasi 2015. Tak berhenti sampai di situ, ia rutin melakukan hal-hal sederhana untuk melestarikan budaya. “Karana kapasitas saya belum bisa menjalankan kegiatan besar, saya hanya bisa melakukan hal-hal kecil. Saya mulai melestarikan budaya dimulai dari orang-orang terdekat, keluarga, dan pasangan. Biasanya kalau saya keliling Bekasi, saya ikut mengajak pasangan saya, supaya dia juga kenal dengan san sejarah Bekasi,” ujarnya.

[Baca Juga: MGMP Kabupaten Bekasi Adakan Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia 2018]

Selain itu, beberapa kali Iqbal tampil di beberapa acara untuk membacakan puisi dan musikalisasi puisi. Ke depannya, ia ingin memperdalam ilmu musik, tari dan teater. Karena menurutnya untuk menjadi aktor yang baik di atas panggung harus memiliki tubuh yang lentur.

Iqbal berharap generasi muda lebih peduli dan ingin belajar tentang budaya khususnya budaya tempat mereka tinggal. Karena biasanya ketika sudah belajar dan kenal akan timbul rasa cinta dan bangga. “Ketika pola ini sudah berjalan, roda pelestarian akan berjalan dengan mudah dengan sendirinya,” ujar pria yang tinggal di daerah Mustika Jaya, Bekasi.

Selain ingin mempelajari tari, teater, dan musik lebih dalam, ke depannya Iqbal akan turut mengisi beberapa pertunjukkan yang ada di Bekasi. Dalam waktu waktu dekat ini, tepatnya pada 25 November 2018, ia akan berpartisipasi dalam acara pembukaan turnamen olahraga.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.