Isi Libur Idulfitri, KPK Kemendikbud Suguhkan Film Pendek Antikorupsi

Pendidikan

Isi Libur Idulfitri, KPK & Kemendikbud Suguhkan Film Pendek Antikorupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengupayakan anak-anak dan remaja terhibur dan teredukasi selama libur Idulfitri tahun 2020.

Upaya itu direalisasikan dengan menyuguhkan flm-film pendek finalis Anti-Corruption Film Festival selama 18-22 Mei 2020 di saluran Televisi Republik Indonesia (TVRI).

“KPK dan Kemendikbud menginginkan selama masa liburan, apalagi masa pandemi, anak-anak tetap mendapat tayangan yang menghibur dan sekaligus mendidik. Belajar antikorupsi bisa dilakukan dengan senang dan gembira, sambil nonton film dan bermain,” ujar Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono dikutip dari kemdikbud.go.id (18/5/2020).

[Baca Juga: Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home]

Giri mengungkapkan, di tengah pandemi seperti saat ini, keluarga dapat mengajarkan anak nilai kepedulian, disiplin, tangung jawab, dan sederhana. Nilai-nilai inilah yang akan membantu anak melawan virus “korupsi”.

Kemendikbud pun menyambut baik kerja sama dengan KPK untuk meningkatkan karakter peserta didik. “Tayangan edukatif ini diharapkan dapat mendukung program pendidikan karakter serta memperkuat nilai-nilai karakter peserta didik. Terutama pada nilai integritas, tanggung jawab, kemandirian, gotong royong, nasionalisme, dan religiositas,” kata Inspektur Jenderal Kemendikbud Muchlis Rantoni Luddin

Kerja sama dalam penayangan konten untuk anak-anak ini bukan yang menjadi pertama antara KPK dan Kemendikbud.

Isi Libur Idulfitri, KPK Kemendikbud Suguhkan Film Pendek Antikorupsi

Selama menjalankan pembelajaran jarak jauh karena pandemi COVID-19, KPK dan Kemendikbud telah menayangkan film Si Kumbi lebih dulu. Film animasi yang menampilkan tokoh kumbang sebagai pemeran utamanya ini bisa disaksikan di TVRI setiap Senin-Jumat pukul 08.30-09.00 WIB.

“Kita berharap peserta didik kita memiliki karakter yang kuat dan berakhlak mulia,” lanjut Muchlis.

Selain tayangan liburan anak, KPK dan Kemendikbud juga akan melakukan pertukaran materi yang akan disajikan lewat media sosial kedua kementerian/lembaga.

[Baca Juga: Disdik DKI Siapkan Skema Pembelajaran Jelang Tahun Ajaran Baru]

Untuk diketahui, KPK dengan Kemendikbud dan Kemeristekdikti telah menandatangani pejanjian kerja sama pada 11 Desember 2018 terkait pendidikan antikorupsi pada jenjang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Implementasi kerja sama ini salah satunya adalah program belajar dari rumah.

Usai mengetahui info mengenai penayangan film anti korupsi, Pointers dapat melihat judul film dan jadwal lengkapnya melalui link di sini.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video .jpg

Berita Kawasan

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video

06 June 2020, 13:00

Di ulang tahun ke 538, Hari Jadi Bogor dirayakan dengan sederhana tak seperti biasanya karena terselenggara di tengah pandemi.

berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo2.jpg

Berita Kawasan

Berjalan Tertib, Begini Prosedur Rapid Test di Sukolilo

06 June 2020, 12:00

Sepekan sudah uji cepat dan uji swab dilakukan di penjuru Surabaya. Pelaksanaan relatif berlangsung tertib, seperti yang terjadi di kawasan Terminal Keputih Sukolilo.

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli .jpg

Berita Kawasan

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli

06 June 2020, 11:00

Sembari menjalankan masa new normal, Kota Bekasi kembali memperpanjang masa PSBB selama 28 hari

Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami Lidah Buaya

Berita Kawasan

Baru! Kota Malang Ciptakan Kampung Aloe vera di Masa Pandemi COVID-19

06 June 2020, 10:46

Kampung Aloe vera diinisiasi Pertamina Fuel Terminal Malang melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Comments


Please Login to leave a comment.