Istri Gubernur Jawa Tengah Unjuk Gigi Olah Rendang Sapi.jpg

Kuliner

Istri Gubernur Jawa Tengah Unjuk Gigi Olah Rendang Sapi

Pada 28 Juli 2020, Istri Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah Siti Atikoh Supriyanti (Atikoh Ganjar Pranowo) menunjukkan kemampuannya dalam memasak. Namun masakan yang kali ini diolahnya dalam acara Happy Cooking di Javara Culture Café bukan masakan yang berasal dari area Jawa tapi satu kelunier yang sudah mendunia dan berasal dari pulau Sumatera. Tentu saja yang dimaksud adalah rendang. Ternyata pasangan orang nomor satu di Jawa Tengah itu mampu mengolah rendang sapi walau ia mengaku sudah jarang masak.

Kegiatan memasak yang digelar Pertiwi Indonesia Semarang dan Sasa di kafe yang berlokasi di Kawasan Kota Lama Semarang pada 28 Juli 2020 ini juga digelar dalam rangka menyambut Iduladha 1441 H. Di mana Atikoh memasak bersama dengan istri Wali Kota Semarang Tia Hendi yang dipandu oleh chef Desyanto Nugroho. Pada akun resmi Instagram Atikoh, ia menjelaskan kegiatan ini ditujukan untuk menambah ilmu dalam mengolah serta memasak makanan dengan bahan dasarnya daging.

Istri Gubernur Jawa Tengah Unjuk Gigi Olah Rendang Sapi .jpg

Pada acara Happy Cooking, Tia dan Atikoh tidak memasak menu yang sama dengan istri Wali Kota Semarang yang dipilih untuk memasak gulai kambing. Keduanya pun secara seksama memperhatikan secara seksama penjelasan dari chef Desyanto terkait memilih bahan-bahan untuk mengolah masakan, khususnya untuk daging kambing dan sapi.

Pemenang dari Top Chef Indonesia season 1 itu memberikan tips dalam memilih daging yang tepat untuk dimasak. Ia menyebut, warna daging yang segar terlihat dari warna merahnya serta aromanya. Lalu menurutnya, ketika sudah mendapatkan daging yang segar misalnya ketika Idul Adha 1441 H nanti maka Anda tak perlu mencucinya dulu jika memang ingin menyimpannya di kulkas terlebih dahulu.

[Baca Juga: 3 Olahan Daging Kambing Wajib Dicoba di Hari Raya Iduladha]

“Dicucinya kalau pas mau dimasak. Selain itu, kalau mau dimasak kurang dari tiga hari (dari masa penyembelihan) maka disimpannya di chiller. Kalau mau lebih dari itu baru di­-frozen (bekukan),” jelas chef Desyanto pada acara Happy Cooking yang juga ditayangkan melalui akun Instagram Tia Hendi, sebagaimana dikutip dari jatengprov.go.id (28/7/2020).

Kemudian chef Desyanto juga memberikan saran untuk mengolah daging yang beku agar tak langsung direndam ke air untuk mencairkannya. Menurutnya lebih baik disimpan di chiller terlebih dahulu dan baru dimasak demi mencegah kontaminasi dari air. Lalu untuk membuatnya cepat lunak, daging sapi atau kambing bisa dibungkus dengan daun pepaya ketika direbus dan waktunya cukup sekitar 15 menit hingga 30 menit saja.

[Baca Juga: Coba Cara Ini Untuk Hilangkan Bau Perengus Daging Kambing]

Setelah mendengar semua tips dari chef Desyantor, Atikoh pun mulai mengolah menu rendang sapi. Ia mengaku memang jarang memasak tapi ia memahami bagaimana pengolahan kuliner khas Padang tersebut agar memberikan hasil yang memuaskan, khususnya bagian pengadukannya yang ia sebut layaknya berolahraga di gym. Namun ia menjelaskan, tak perlu memikirkan prosesnya yang penting adalah niatnya terlebih dahulu untuk mendalami kuliner Nusantara.

“Semoga ini bisa dipraktikkan masyarakat. Memasak yang penting ada kemauan dan belajar terus. Indonesia, termasuk Jateng, kaya sekali karena bicara makanan ada historis, ada ilmunya. Ini membuktikan kebudayaan Indonesia banyak sekali, dari makannya sudah terlihat,” imbuh istri Ganjar Pranowo itu.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.