Istri Wakil Bupati Bogor Ajak Orang Tua Mendongeng

Pendidikan

Istri Wakil Bupati Bogor Ajak Orangtua Mendongeng

Kampung Dongeng Indonesia belum lama ini mengadakan kegiatan pelatihan teknik mendongeng dan pendampingan anak dalam kemah dongeng. Pada penutupannya, Bunda Literasi Kabupaten Bogor Halimatu Sadiah turut hadir menemani dan mendampingi kegiatan anak-anak. Kegiatan ini bertempat di Puri Avia, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor pada 2 September 2019.

Halimatu yang juga Istri Wakil Bupati Bogor ini mengharapkan, kegiatan dongeng di Bogor tak berhenti sampai acara ini. Tetapi kegiatan dongeng juga harus dilanjutkan dengan membina kerja sama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor agar dapat mewujudkan Kabupaten Bogor Cerdas yang merupakan salah satu program pancakarsa Kabupaten Bogor.

Istri Wakil Bupati Bogor Ajak Orang Tua Mendongeng

Halimatu melanjutkan, budaya mendongeng di Kabupaten Bogor sudah mulai memudar. Hal tersebut diakibatkan, kemunculan gawai. Menurut Halimatu, dongeng kalah saing dengan kehadiran games yang ada di teknologi digital. "Oleh karena itu, mari kita bangkitkan kembali mendongeng melalui Kampung Dongeng. Karena melalui dongeng, kita bisa menyalurkan sugesti dan pesan moral kepada yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang menyenangkan," ujar Halimatu.

Sebagaimana dilansir dari bogorkab.go.id (3/9/2019) Halimatu menceritakan, saat kecil orangtuanya setiap malam selalu mendongengkan cerita. Ia juga menyebutkan dulu istilah dongeng suka dipelesetkan ke dalam Bahasa Sunda. Dongeng disebutkan merupakan singkatan dari Ngabobodo Bunda Cengeng.

[Baca Juga: Lomba Dongeng Tingkat Kota Dorong Minat Baca]

Namun sebutan dalam Bahasa Sunda itu bukanlah arti sesungguhnya, orangtua dulu sering memanfaatkan dongeng untuk kegiatan yang positif seperti menghibur, memberikan motivasi, memberikan contoh dan mendidik dengan teladan dari tokoh tokoh yang ada dalam dongeng. Dongeng juga memiliki manfaat lain, kegiatan ini mampu mempererat hubungan orangtua dan anak, sehingga anak-anak memiliki kepribadian yang baik. "Pesan-pesan dalam dongeng akan terekam dan terbawa sampai dewasa," ungkap Halimatu.

Ke depannya, istri Wakil Bupati Bogor ini mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Bogor akan memberikan pelatihan dongeng untuk guru-guru sekolah dasar, guru PAUD, ibu-ibu penggerak PKK, kader Posyandu, dan relawan Kampung Dongeng juga dapat berkeliling ke sekolah-sekolah, desa, posyandu dan tempat tempat kegiatan masyarakat lain untuk mendongeng.

[Baca Juga: Ayo Dongeng Indonesia Ajak Anak Nikmati Indahnya Dunia Cerita]

"Sebagai Bunda Literasi Kabupaten Bogor, saya akan terus mendukung program-progran yang berkaitan dengan literasi di Kabupaten Bogor dengan kerja sama Dinas Arsip dan Perpusatakaan Daerah dan Dinas Pendidikan," harap Halimatu.

Sementara itu, Ketua Dongeng Nasional Awam Prakoso menyebutkan, salah satu tujuan dilaksanakannya Kemah Dongeng ini adalah untuk belajar teknik mendongeng. Oleh karena itu, ia menegaskan, orangtua dan guru harus berperan aktif dalam menyajikan cerita yang seru, menarik, dan bisa mengajak anak-anak terlibat penuh dengan melibatkan kelima indera mereka.

Read More

Artikel Lainnya

Ada Bioskop Gratis Untuk Rakyat di Jakarta Timur

Berita Kawasan

Bioskop Rakyat di Jakarta Timur Ini Gratis untuk Hiburan Warga

25 February 2020, 21:00

Bioskop rakyat ini berkomitmen memutarkan film-film Indonesia berkualitas untuk memberikan hiburan gratis untuk warga sekitar.

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

Berita Kawasan

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

25 February 2020, 20:00

Masyarakat diimbau selalu tetap waspada dan hati-hati akan dampak dari cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda beberapa wilayah di Indonesia

Banjir di Bekasi,  Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

Berita Kawasan

Banjir di Bekasi, Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

25 February 2020, 19:30

Sejak pukul 7.30 WIB Selasa pagi, pepadaman listrik terjadi di beberapa tempat di Perumnas III Bekasi Timur.

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

Kesehatan

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

25 February 2020, 19:00

Mandi pada dasarnya menyehatkan. Namun ketika mandi dalam keadaan berkeringat ternyata malah menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.