Istri Wali Kota Jakarta Barat Prihatin dengan Pembuangan Popok Bekas

Berita Kawasan

Istri Wali Kota Jakarta Barat Prihatin dengan Pembuangan Popok Bekas

Istri Wali Kota Jakarta Barat sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta Barat Inad Luciawaty merasa prihatin dengan sampah yang dipicu popok bayi bekas pakai. Pasalnya, dari sekitar 10 ton sampah yang setiap harinya terkumpul di Jakarta Barat, salah satu penyumbangnya adalah limbah dari popok bayi bekas. Selain itu, banyak juga popok bayi bekas itu yang dibuang secara sembarangan. Sehingga ia merasa antusias ketika perusahaan Kao Indonesia melalui brand Merries mengajak program pengolahan popok bekas tersebut.

[Baca Juga: Merries & Posyandu Jakarta Barat Luncurkan Program Olah Popok Bekas]

Selain menjadi limbah penyumbang sampah di Jakarta Barat setiap harinya, istri Wali Kota Jakarta Barat itu juga memandang lokasi yang acap kali menjadi tempat pembuangan popok bayi bekas adalah aliran sungai atau kali. Selain ini merusak lingkungan, tentu saja popok bayi bekas ini juga dapat berdampak negatif terhadap kesehatan masyarakat sekitar kali.

Istri Wali Kota Jakarta Barat Prihatin dengan Pembuangan Popok Bekas

“Prihatin banget, pasti ada aja (membuang popok bayi bekas di kali). Seperti kita lihat di musim hujan, sampah itu banyak yang terjaring, salah satunya, yaitu sampah popok,” ungkap Inad Luciawaty kepada awak media di sela-sela peluncuran program Senyumkan Lingkungan melalui Gerakan Mengolah Popok Bayi Bekas Pakai untuk Masa Depan Lingkungan di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan Raya Kembangan No.2, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat (15/11/2019).

Atas dasar keprihatinan inilah yang membuat Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta Barat itu menyambut baik ajakan kerjasama pihak Merries dalam program pengolahan popok bayi bekas. “Dengan adanya kegiatan ini, paling tidak sampah itu bisa kita tampung, nanti dibantu diolah dari Merries. Apalagi diolah lagi bisa menjadi yang bermanfaat,” ujarnya.

[Baca Juga: Amankah Penggunaan Popok Kain pada Bayi?]

Pada program ini terdapat sekitar 28 posyandu yang terdiri dari 1.000 ibu-ibu dari kawasan Kebon Jeruk, Kembangan, dan Palmerah yang dilibatkan. Mereka bertugas untuk melakukan edukasi kepada setiap anggota posyandu mengenai bahaya pembuangan popok bekas pakai secara sembarangan sekaligus melakukan manajemen pembuangan yang tepat melalui depo khusus di posyandu.

Inad Luciawaty menambahkan, selain dirinya yang bersemangat dalam program ini, ia memandang peserta yang berasal dari puluhan posyandu di Jakarta Barat itu juga memiliki semangat yang serupa dengan dirinya. “Apalagi ini mengurangi sampah yang ada di Jakarta, saya rasa sangat luar biasa. Dengan pemilahan sampah saja mereka mau, apalagi ada kompensasinya. Saya dengar mereka akan diberikan hadiah,” imbuh istri Wali Kota Jakarta Barat itu.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.